Sosialisasi Penanaman Sadar Lingkungan melalui Cerita Bergambar Gejala Alam pada Kelompok B TK Nurul Wathon Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang
Abstract
Sekolah memiliki peran penting dalam membangun kesadaran lingkungan terhadap bencana alam terutama pada peserta didik di TK dengan melalui peniruan, penglihatan dan pendengaran dalam proses pembelajaran disekolah. Salah satu Upaya untuk menanamkan sadar lingkungan dengan melakukan metode cerita bergambar bencana banjir banca gempa bumi dan gunung Meletus dapat meningkatkan kreatifitas anak dalam mengimplementasikan melalui cerita bergambar gejala alam pada Kelompok B di TK Nurul Wathon. Tujuan pengabdian masyarakat adalah 1. Mampu menanamkan sadar lingkungan melalui cerita bergambar Gejala Alam pada kelompok B Di TK Nurul Wathon Kec Gajahmungkur Kota Semarang 2. Mengetahui cerita bergambar gelaja alam dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan kreativitas kelompok B di TK Nurul Wathon Kec Gajahmungkur Kota Semarang. Pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode demonstrasi yaitu melakukan praktik simulasi mitigasi bencana dengan menggunakan media cerita bergambar bersama kelombok B di TK Nurul Wathon Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang. Simpulan hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa: 1. Partisipasi dan tanggapan para peserta didik sangat baik. Peserta dapat mengetahui pentingnya menjaga lingkungan di sekitar pentingya Kesehatan dan kebersihan. 2. Melalui cerita bergambar gejala alam peserta didik mampu memahami gejala alam yang dapat terjadi maka dari sejak dini peserta didik menjaga pentingnya lingkungan alam.
Downloads
References
Nurjanah, Dkk. 2013. Manajemen Bencana. Bandung: Alfabeta
Nurudin, A. (2015). “Pengaruh pelatihan penanggulangan bencana gempa bumi terhadap kesiapsiagaan siswa kelas vii di smp negeri 1 imogiri bantul yogyakarta” (Skripsi). Yogyakarta: Sekolah tinggi ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta’
Permendikbud nomor 146 Tahun 2004 tentang Kurikulum 2013 PAUD
Puturuhu, F. (2015). Mitigasi bencana dan penginderaan jauh. Yogyakarta : Graha Ilmu
Rizaldy, D. (2018). Implementasi pendidikan mitigasi bencana di sekolah sekolah di indonesia sebagai upaya pembentukan karakter siswa siapsiaga. Prosiding pit ke-5 riset kebencanaan IABI universitas andalas. 2(4).
Soetjipto dan Raflis Kosasi. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta
Supriono, P. (2014). Seri pendidikan pengurangan resiko bencana gunung meletus. Penerbit ANDI : Yogyakarta.
Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007. Penganggulan Bencana Alam. (2007)
Usman, Uzer M. 2002. Menjadi guru professional. Remaja Rosdakarya: Bandung