Sosialisasi Penanaman Sadar Lingkungan melalui Cerita Bergambar Gejala Alam pada Kelompok B TK Nurul Wathon Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang

  • Siti Nurindah Sari Universitas Ivet
  • Atika Zahra Furi Universitas Ivet
  • Irna Anjarsari Universitas Ivet
  • Kasanah Kasanah Universitas Ivet

Abstract

Sekolah memiliki peran penting dalam membangun kesadaran lingkungan terhadap bencana alam terutama pada peserta didik  di TK  dengan melalui peniruan, penglihatan dan pendengaran dalam proses pembelajaran disekolah.  Salah satu Upaya untuk menanamkan sadar lingkungan dengan melakukan metode cerita bergambar bencana banjir banca gempa bumi dan gunung Meletus dapat meningkatkan kreatifitas anak dalam mengimplementasikan melalui cerita bergambar gejala alam pada Kelompok B di TK Nurul Wathon. Tujuan pengabdian masyarakat adalah 1. Mampu menanamkan sadar lingkungan melalui cerita bergambar Gejala Alam pada kelompok B Di TK Nurul Wathon Kec Gajahmungkur Kota Semarang 2. Mengetahui cerita bergambar gelaja alam dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan kreativitas kelompok B di TK Nurul Wathon Kec Gajahmungkur Kota Semarang. Pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode demonstrasi yaitu melakukan praktik simulasi mitigasi bencana dengan menggunakan media cerita bergambar bersama kelombok B di TK Nurul Wathon Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang. Simpulan hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa: 1. Partisipasi dan tanggapan para peserta didik sangat baik. Peserta dapat mengetahui pentingnya menjaga lingkungan di sekitar pentingya Kesehatan dan kebersihan. 2. Melalui cerita bergambar gejala alam peserta didik mampu memahami gejala alam yang dapat terjadi maka dari sejak dini peserta didik menjaga pentingnya lingkungan alam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti dan Sudaryono. (2010). Peran sekolah dalam pembelajaran mitigasi bencana. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana. 1(1).
Nurjanah, Dkk. 2013. Manajemen Bencana. Bandung: Alfabeta
Nurudin, A. (2015). “Pengaruh pelatihan penanggulangan bencana gempa bumi terhadap kesiapsiagaan siswa kelas vii di smp negeri 1 imogiri bantul yogyakarta” (Skripsi). Yogyakarta: Sekolah tinggi ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta’
Permendikbud nomor 146 Tahun 2004 tentang Kurikulum 2013 PAUD

Puturuhu, F. (2015). Mitigasi bencana dan penginderaan jauh. Yogyakarta : Graha Ilmu
Rizaldy, D. (2018). Implementasi pendidikan mitigasi bencana di sekolah sekolah di indonesia sebagai upaya pembentukan karakter siswa siapsiaga. Prosiding pit ke-5 riset kebencanaan IABI universitas andalas. 2(4).
Soetjipto dan Raflis Kosasi. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta

Supriono, P. (2014). Seri pendidikan pengurangan resiko bencana gunung meletus. Penerbit ANDI : Yogyakarta.
Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007. Penganggulan Bencana Alam. (2007)

Usman, Uzer M. 2002. Menjadi guru professional. Remaja Rosdakarya: Bandung
Published
2024-01-15
How to Cite
SARI, Siti Nurindah et al. Sosialisasi Penanaman Sadar Lingkungan melalui Cerita Bergambar Gejala Alam pada Kelompok B TK Nurul Wathon Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Manggali, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 35 - 41, jan. 2024. ISSN 2798-4435. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/3037>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v4i1.3037.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>