Pelatihan Desain Grafis Anggota HIMPAUDI Kota Semarang Menggunakan Aplikasi Canva

  • Atika Zahra Furi Universitas Ivet
  • Widya Novi Angga Dewi Universitas Ivet
  • Afis Pratama Universitas Ivet
  • Irlanto Sudomo Universitas Ivet

Abstract

Salah satu dampak dari pandemi Covid 19 dalam pendidikan saat ini yang muncul pada pendidikan dini adalah membiasakan anak untuk belajar menggunakan media, yang biasanya selalu tatap muka bersama dengan guru, berinteraksi secara langsung, saat ini dibiasakan dengan memanfaatkan teknologi. Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Ivet akan memberikan pelatihan kepada guru-guru anggota Himpaudi kecamatan Gajahmungkur kota Semarang agar nantinya biasa membuat atau mengembangkan aplikasi sendiri dengan mudah, murah dan sesuai keinginan sendiri sesuai kurikulum yang baru. Dengan menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi Canva ini bukan saja dapat mempermudah dan mengefektifkan proses pembelajaran, tetapi juga bisa membuat proses pembelajaran lebih menarik. Untuk melaksanakan kegiatan tersebut digunakan beberapa metode pelatihan, yaitu: 1. metode ceramah dan tanya jawab, digunakan pada waktu menyampaikan materi kegiatan; 2. metode demonstrasi dan latihan praktek, digunakan dengan mengaplikasikan Canva; 3. metode penugasan, semua peserta untuk membuat media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Canva siap diimplementasikan di era new normal ini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik dan memperoleh respon/tanggapan yang positif dari peserta pelatihan. Kegiatan ini dihadiri oleh 10 peserta yang merupakan anggota HIMPAUDI Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anik Pamilu. (2012). Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan. Yogyakarta: Citra Media.

Hurlock, E.B. (2012). Psikologi Perkembangan Anak Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E.B. (2010). Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Indrawati (2015). Pendidikan Anak Usia Dini pada Masa Golden Age. Jambi: STAI Ma’arif Jambi.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group. Hasil Seminar: Pengaruh GadgetGadget terhadap Perkembangan Anak pada tanggal 25 September 2016 oleh Suwarsi.

Sari, D. S., Rani, H. A. D., Trisetiyanto, A. N., & Sudomo, R. I. (2022). Pelatihan Strategi Pemasaran Produk secara Online pada Marketplace untuk Pelaku UMKM di Masyarakat Desa Gulang, Kec. Mejobo, Kab. Kudus. TEMATIK, 4(1).

Sudomo, R. I., & Pratama, A. Pengembangan Media Video Tutorial Pada Mata Kuliah Learning Manajemen System. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 4, 127-135.

Sudomo, R. I., & Setiawan, T. (2020). Implementasi Adaptive Hypermedia System Berbasis Moodle untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar Pada Pendidikan Vokasi. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 2(2), 71-78.

Uce L. (2015). Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar- Raniry.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Unite for Children. (2012). Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Unicef Indonesia.

Yulianti, Y. (2019). "Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi". Pinisi Business Administration Review, 1(2).
Published
2023-01-17
How to Cite
FURI, Atika Zahra et al. Pelatihan Desain Grafis Anggota HIMPAUDI Kota Semarang Menggunakan Aplikasi Canva. Manggali, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 172-180, jan. 2023. ISSN 2798-4435. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/2510>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v3i1.2510.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>