PENINGKATAN KEMAMPUAN ENTREPRENEURSHIP MELALUI BUSINESS DAY PADA ANAK KELOMPOK B DI SEKOLAH ALAM MATAHARI KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG
ENTREPRENEURSHIP MELALUI BUSINESS DAY
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan tehnik analisis pengumpulan data menggunakan observasi dan penilaian kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdapat (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebagai pelaksana tindakan, teman sejawat sebagai observer dan anak TK Alam Matahari yang beralamatkan di Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang dengan jumlah 10 anak, melalui kegiatan Business Day Pada Anak Kelompok B di Sekolah Alam Matahari Kecamatan Ambarawa Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi, hasil karya. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat, peneliti di sini bertindak sebagai guru dan teman sejawat bertindak sebagai observer/pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan kegiatan Business Day dapat meningkatkan kemampuan entrepreneurship anak dari presentase indikator capaian anak pada siklus 1 rata-rata anak Mulai Berkembang 50% sekitar 5 anak dan Berkembang Sesuai Harapan 50% sekitar 5 anak, dan terjadi peningkatan pada pelaksanaan tindakan pada siklus II dengan persentase capaian indikator rata-rata siswa Mulai Berkembang 20% sekitar 2 anak sedangkan anak Berkembang Sesuai Harapan 80% sekitar 8 anak.
References
Anwar, M. (2014). Pengantar Kewirausahaan. Jakarta: Kencana.
Alvin (2017) https://ilovelife.co.id/blog/10-karakter-entrepreneur-sukses-yang-patut-dicontoh/: Akses 12 Mei 2023
Ali Mudlofir dan Evi Fatimatur Rusydiyah. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Bakhti, W. (2015). Upaya Meningkatkan Entrepreneurship Anak. Christianti, M., Cholimah, N., & Suprayitno, B. (2015). Development of Entrepreneurship Learning Model for Early Childhood, 3(3).
Chotimah, C, dan Fathurrohman, M. (2018). Paradigma baru system pembelajaran: dari teori, metode, model, media, hingga evaluasi pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Dearlina, S. S. Y. (2013). Kewirausahaan. Medan: Perdana Publishing. Engel, Y. A., & Susanto, H. (2017). Pahlawan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Gramedia.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Khuluqo, I. E. L. (2016). Early childhood entrepreneurship education : a brief
description of an ideal entrepreneurship learning for middle childhood, 818–827.
Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD
Safitri, AE; Mukminin, A. (2017). Learning Entrepreneurs Early
Childhood to Increase the Attitude of Children’s Children In Khalifah History Sukonandi Yogyakarta.
Snelson, S., & Deyes, K. (2016). Understanding the Further Education Busines day in England, (296), 1–156.