Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Smk Negeri 1 Kempas Kelas XI pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui cara pembuatan atau perancangan video pembelajaran pada Kompetensi Dasar Mengkonfigurasi Jaringan Nirkabel pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN); (2) Mengetahui kelayakan video pembelajaran pada Kompetensi Dasar Mengkonfigurasi Jaringan Nirkabel pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN); (3) Mengetahui hasil pengujian produk video pembelajaran yang dihasilkan kepada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Kempas pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN).
Tahap-tahap pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri atas 6 tahapan yaitu (1) concept yang meliputi identifikasi masalah dan analisa kebutuhan; (2) design (merancang tampilan); (3) material collecting (pengumpulan bahan-bahan untuk membuat media); (4) assembly (penggabungan atau penyatuan bahan); (5)Â testing (uji kelayakan media); (6) distribution (distribusi ke peserta didik dengan upload di youtube). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari angket uji ahli dan uji lapangan. Data kuantitatif yang berupa angka-angka hasil perhitungan atau pengukuran diproses dengan cara dijumlah kemudian dibandingkan dengan jumlah yang diharapkan sehingga diperoleh persentase kelayakan.
Hasil penilaian kelayakan pengembangan video pembelajaran untuk Kompetensi Dasar Mengkonfigurasi Jaringan Nirkabel ini adalah: (1) persentase skor penilaian dari ahli materi sebesar 89%, (2) persentase skor penilaian dari ahli media sebesar 77%, (3) persentase skor tanggapan dari siswa sebesar 81%. Berdasarkan hasil penilaian dan tanggapan yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video tutorial untuk Kompetensi Dasar Mengkonfigurasi Jaringan Nirkabel ini sangat layak untuk digunakan dan dikembangkan.
References
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke cipta.
Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.
Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.
Dinata, Yogi Nurcahyo. 2013. Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Seyegan Pada Mata Pelajaran Menggambar Dengan Autocad. Jurnal Skripsi. Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan: Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/21667/. (diunduh 15 Agustus 2019).
Efendi, A., Sumarni, S., & Efendi, Agus. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Mekanika Tanah. Indonesian Journal of Civil Engineering Education, Vol. 2, No. 1. https://jurnal.uns.ac.id/ijcee/article/download/11198/10018. (diunduh 6 Agustus 2019).
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hujair, A.H, Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Iqra’ al- Firdaus. 2010. Buku Lengkap Tuntunan Menjadi Kameramen Profesional. Yogyakarta: BukuBiru.
Jihad, Asep & Haris, Abdul. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.
Miarso, Yusufhadi. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Muzakki, Ahsan. & Putu Asto Buditjahjanto, I Gusti. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Teknik Pemrograman Kelas X Bidang Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Madiun. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 04 Nomor 02. halaman 375 – 381. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/viewFile/11428/4437. (diunduh 13 Agustus 2019).
Nasution, S. 1990. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Nasution, S. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Pramudito, Aria. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut Di Smk Muhammadiyah 1 Playen. Jurnal Skripsi. Jurusan Pendidikan Teknik Mesin: Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id. (diunduh 16 Agustus 2019).
Riyana, C. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
Rudi, Susilana & Cepi, Riyana. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FPI UPI.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2011. Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Sumantri, Moh., Syarifi. 2015. Strategi Pembelajaran, Kota Depok: PT Rajagrafindo.
Tim Redaksi Pusat Bahasa Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Edisi ketiga). Jakarta : Balai Pustaka.
Winkel,W.S. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia.
Yana, Baiq Ade Irma Willi., Kholisho, Yosi Nur., & Fathoni, Ahmad. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Interaktif pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika. Volume 2, Nomor 2. halaman 52 – 58. e-journal.hamzanwadi.ac.id. (diunduh 14 Agustus 2019).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.