Pelatihan Desain Grafis Anggota HIMPAUDI Kota Semarang Menggunakan Aplikasi Canva
Abstract
Salah satu dampak dari pandemi Covid 19 dalam pendidikan saat ini yang muncul pada pendidikan dini adalah membiasakan anak untuk belajar menggunakan media, yang biasanya selalu tatap muka bersama dengan guru, berinteraksi secara langsung, saat ini dibiasakan dengan memanfaatkan teknologi. Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Ivet akan memberikan pelatihan kepada guru-guru anggota Himpaudi kecamatan Gajahmungkur kota Semarang agar nantinya biasa membuat atau mengembangkan aplikasi sendiri dengan mudah, murah dan sesuai keinginan sendiri sesuai kurikulum yang baru. Dengan menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi Canva ini bukan saja dapat mempermudah dan mengefektifkan proses pembelajaran, tetapi juga bisa membuat proses pembelajaran lebih menarik. Untuk melaksanakan kegiatan tersebut digunakan beberapa metode pelatihan, yaitu: 1. metode ceramah dan tanya jawab, digunakan pada waktu menyampaikan materi kegiatan; 2. metode demonstrasi dan latihan praktek, digunakan dengan mengaplikasikan Canva; 3. metode penugasan, semua peserta untuk membuat media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Canva siap diimplementasikan di era new normal ini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik dan memperoleh respon/tanggapan yang positif dari peserta pelatihan. Kegiatan ini dihadiri oleh 10 peserta yang merupakan anggota HIMPAUDI Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang.
Downloads
References
Hurlock, E.B. (2012). Psikologi Perkembangan Anak Jilid II. Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E.B. (2010). Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Indrawati (2015). Pendidikan Anak Usia Dini pada Masa Golden Age. Jambi: STAI Ma’arif Jambi.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group. Hasil Seminar: Pengaruh GadgetGadget terhadap Perkembangan Anak pada tanggal 25 September 2016 oleh Suwarsi.
Sari, D. S., Rani, H. A. D., Trisetiyanto, A. N., & Sudomo, R. I. (2022). Pelatihan Strategi Pemasaran Produk secara Online pada Marketplace untuk Pelaku UMKM di Masyarakat Desa Gulang, Kec. Mejobo, Kab. Kudus. TEMATIK, 4(1).
Sudomo, R. I., & Pratama, A. Pengembangan Media Video Tutorial Pada Mata Kuliah Learning Manajemen System. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 4, 127-135.
Sudomo, R. I., & Setiawan, T. (2020). Implementasi Adaptive Hypermedia System Berbasis Moodle untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar Pada Pendidikan Vokasi. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 2(2), 71-78.
Uce L. (2015). Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar- Raniry.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Unite for Children. (2012). Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Unicef Indonesia.
Yulianti, Y. (2019). "Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi". Pinisi Business Administration Review, 1(2).