Pengaruh Jumlah Tenaga Kerja, Modal Usaha dan Bauran Pemasaran Terhadap Keberhasilan Usaha UMKM Sentra Batik Kota Pekalongan
Abstract
Keberhasilan usaha merupakan tujuan utama dari sebuah perusahaan di mana segala aktivitas yang ada di dalamnya ditujukan untuk mencapai suatu keberhasilan. Populasi dalam penelitian ini-adalah adalah seluruh pengusaha batik di Kelurahan Kradenan Kota Pekalongan. Jumlah sampel sebanyak 45 responden dengan teknik penentuan sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jumlah tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, (2) modal usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, (3) bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, (4) jumlah tenaga kerja, modal usaha, dan bauran pemasaran secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian-dapat disimpulkan bahwa jumlah tenaga kerja, modal usaha, dan bauran pemasaran mampu meningkatkan-keberhasilan usaha pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sentra Batik Di Kelurahan Kradenan, Kota Pekalongan.
Kata Kunci: tenaga kerja, modal usaha, bauran pemasaran, keberhasilan usaha
Downloads
References
Agustina, M & Christiawan, YJ. (2015). “ Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Perusahaan pada Sektor Keuangan”, BUSINESS ACCOUNTING REVIEW, Vol. 3, No. 1, pp. 223-232.
Alfina Dewi Ratnasari. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Bisnis Online Shop di Kota Samarinda. Volume 5, Nomor 1. ISSN 2355-5408.
Apriana, Dina dan Suryanto, Rudy. 2010. “Analisis Hubungan Antara Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah, Kemandirian Daerah Dan Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi Pada Kabupaten Dan Kota Se Jawa-Bali)”. Jurnal Akuntansi dan Investasi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Vol. 11, No. 1, pp. 68-79
Kadju Daniel dan I KG Bendesa, Efektivitas Program Bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Bandung, E-Jurnal EP Unud, Vol. 6, No. 5, (2017)
Daulay, R Wahyuni dan Frida Ramadini., (2013), “Efikasi Diri dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha pada Usaha Foto Copy dan Alat Tulis Kantor di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal”, Jurnal Media Informasi Manajemen, Vol. 16.
Dharmmesta, B.S. dan Handoko, T.H. 1982. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Liberty: Yogyakarta
Ferdinand, Augusty. 2011. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2013. “Analisis Multivariate Dengan Program IBSM SPSS21.” Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartatik, Puji Indah. (2014). Buku Praktis Mengembangkan SDM. Jogjakarta: Suka Buku
Herawaty, Netty. 2019. "Pengaruh modal, penggunaan informasi akuntansi dan karakteristik wirausaha terhadap keberhasilan usaha kecil". Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia. Vol. 3(1).
Imron, Much dan Purwo Adi Wibowo. 2008. "Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Keberhasilan Usaha (Studi Pada Warung “Nasi Kucing” Di Kabupaten Jepara)". Jurnal dinamika Ekonomi dan Bisnis Vol.5 (2):111-132.
Joesron, Tati Suhartati. 2005. Manajemen Strategik Koperasi. Graha Ilmu. Yogyakarta
Kadek, Agus Suarmawan. 2015. "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro Dan Kecil (Studi Pada Usaha Kerajinan Ingka Di Desa Bulian, Kec. Kubutambahan)". Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan. Vol:1(2): 242-249.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Mankiw, N. Greogory. 2006. Makroekonomi Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga
Nizar, Muhammad. 2018. "Pengaruh Sumber Daya Manusia, Permodalan Dan Pemasaran Terhadap Kinerja Usaha Kecil Dan Menengah Sari Apel Di Kecamatan Tutur". Jurnal Ekonomi Islam.Vol. 7(7).
Octavia, Jayanti. 2015. Pengaruh Sikap Kewirausahaan Dan Kompetensi Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha (Survey pada Produsen Sepatu Cibaduyut Kota Bandung). Bandung: Jurnal Riset Akuntansi Volume VII No.1:41-59
Prasatya. 2017. "Faktor keberhasilan UMKM Jajanan Asing Kaki Lima di Kota Serang". Jurnal Manajemen IKM. Vol.12 (2): 187-193.
Priyanto, Sony Heru. 2009. Mengembangkan Pendidikan Kewirausahaan di Masyarakat. Andragogia- Jurnal PNFI, 1(1), pp. 57-82. Retrieved from http://andragogia.p2pnfisemarang.org/wpcontent/uploads/2010/11/andrago gia1_4.pdf 18.
Purwanti, Endang. 2012. Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga Vol. 5 No. 9, Juli 2012. STIE AMA Salatiga. 13-28 hal
Tambunan, Elys Sastika. 2020. "Pengaruh Modal Usaha, Kemampuan Wirausaha Dan Strategi Pemasaran Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Pasar Tiban Sunday Morning UGM". Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. Vol; 9 (3).
Siagian, P Sondang. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Bumi Aksara
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suranti, 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat