Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang

  • Siti Rodiah Rodiah Universitas Negeri Semarang
  • Inaya Sari Melati Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemanfaatan, persepsi risiko, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan e-wallet pada generasi milenial Kota Semarang. Berdasarkan TAM (Technology Acceptance Model) persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kebermanfaatan, dan variabel lain yang dalam penelitian ini yaitu persepsi risiko dan kepercayaan merupakan konstruk yang mempengaruhi minat dalam penerimaan individu terhadap teknologi baru. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial pengguna e-wallet di Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 160 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu incidental sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan e-wallet. Persepsi manfaat berpengaruh positif terhadap minat menggunakan e-wallet. Persepsi risiko berpengaruh negatif terhadap minat menggunakan e-wallet. Kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan e-wallet. Persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemanfaatan, persepsi risiko, dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan e-wallet.


Abstract


This study aims to determine the effect of perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk, and trust in the interest in using e-wallet in the millennial generation of Semarang City. Based on the TAM (Technology Acceptance Model) perceptions of ease of use, perceived usefulness, and other variables in this study namely risk perception and trust are constructing that influence interest in individual acceptance of new technologies. The population in this study is the millennial generation of e-wallet users in the city of Semarang. The sample in this study amounted to 160 people. The sampling technique was incidental sampling. This study uses a quantitative approach. Methods of data collection using questionnaires and interviews. The results showed that perceived ease of use had a positive effect on interest in using an e-wallet. Perceived usefulness has a positive effect on interest in using an e-wallet. Perceived risk negatively influences the interest in using an e-wallet. Trust has a positive effect on your interest in using an e-wallet. Perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk, and trust together have a significant effect on interest in using an e- wallet

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amarjia, K., & Rante, J. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik Sakuku PT. Bank Central Asia KCU Karawang, Jurnal Sistem Informasi Vol. 1 No, 2 1-8
Bank Indonesia. (2019). Statistik Sistem Pembayaran.
https://www.bi.go.id/id/statistik/sistem-pembayaran/uang-

elektronik/contents/transaksi.aspx (diakses tanggal 23 Desember 2019)
Chauhan, S. (2015) Acceptance of Mobile by Poor Citizens of India: Integrating Trust Into the Technology Acceptance Model. Info. 17. 58-68
Fajarratri, Dwi Astuti (2010). Studi Mengenai Persepsi Resiko (Perceived Risk) Terhadap Minat Beli Online Shopping (Kasus Pada Toko Online www.kaskus.com. Jurnal Sains Pemasaran Volume IX, No. 2, September 2010, halaman 111 – 12.
Hair, et al. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed). United States : Person IDN Research Institute. (2019). Indonesia Milenial Report.
Jayani, Dwi Hadya. (2019). Daftar Dompet Digital Terbesar di Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/08/23/inilah-daftar-dompet-digital- terbesar-di-indonesia (diakses pada tanggal 25 Desember 2019)
Jogiyanto. (2007) Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi OffsetKim, D. J., Ferrin, D. L., dan Rao, H. R., (2007). A trust-based consumer decision making model in electronic commerce: The role of trust, perceived risk, and their antecedents, Proceedings of Ninth Americas Conference on Information Systems, pp157-167
Kim, D. J., Ferrin, D. L., dan Rao, H. R., (2007). A trust-based consumer decision making model in electronic commerce: The role of trust, perceived risk, and their antecedents, Proceedings of Ninth Americas Conference on Information Systems, pp157-167
Listiani, Uly Yeni. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi manfaat Terhadap Minat Penggunaan E-Money pada Mahasiswa FEB UMS. Skripsi., Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMS
Oktabriantoro, A., Sulindawati, N., Dewi, P. (2017). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Keamanan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Penggunaan E-bangking pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 8 No, 2 Pavlou, P. A. (2003). Consumer Acceptance of Electronic Commerce: Integrating Trust and Risk with The Technology Acceptance Model. International Journal of
Electronic Commerce. Vol. 7, No. 3. Hlm. 69-103.
Pratama, B., & Suputra, D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.27. 927 - 953
Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016) Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik.
Priyono, Anjar. (2017). Analisis pengaruh trust dan risk dalam penerimaan teknologi dompet elektronik Go-Pay. Jurnal Siasat Bisnis Vol. 21 No. 1, 2017, 88-106
Qulub, A. (2019). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko terhadap Minat Menggunakan Layanan E-money. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bosnis Islam UIN Walisongo
Rahma, T. (2018). Persepsi Masyarakat Kota Medan terhadap Penggunaan Financial Technology (Fintech). Jurnal At-Tawassuth, Vol. III, No. 1, 642 – 661
Rahmatika, U., & Andryzal, F. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Electronic Money : Integrasi Model TAM-TPB dengan Perceived Risk. Jurnal Nominal Volume VIII Nomor 2 2019
Ramadhan, A., Prasetyo, A., & Irviana, L. (2016). Persepsi Mahasiswa dalam Menggunakan e-money. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis Vol 13 (2) Oktober 2016
Romadhloniyah, A., & Prayitno, D. (2018) Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan,

Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan, dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Nasabah dalam menggunakan E-money pada Bank BRI Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi Vol III No. 2
Safeena, Rahmath, Abdullah, & Hema Date. (2010). Customer Perspektif on E-Business Value : case Study on Internet Banking. Journal of Internet Banking and Commerce. Vol. 15, No. 1
Sari, M., Lisniawati, R., Novitasari, Vidyasari, R. (2018) Analisa Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-wallet.Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol. 18 No. 2 Hal: 126-134.
Seetharaman, et al. (2017). Factors Influencing Behavioural Intention to Use the Mobile Wallet in Singapore. Journal of Applied Economics and Business Research 7(2): 116-136
Setyowati, D. (2018), Tren baru pembayaran kode QR yang menyimpan masalah. https://katadata.co.id/berita/2018/09/11/tren-baru-pembayaran-kode-qr- yangmenyimpan-masalah (diakses pada tanggal 18 Maret 2020).
Shankar, A., & Datta, B. (2018). Factors affecting mobile payment adoption intention: An Indian perspective. Global Business Review, 19(3_suppl), S72–S89
Syahril, W., & Rikumahu, B. (2019). Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Analisis Minat Perilaku Penggunaan e-money Pada Mahasiswa Universitas Telkom. JMM Online Vol.3 No.2 Februari 2019 201-204
Utami, S., & Kusumawati. (2017).Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menggunakan E-money.Jurnal Balance Vol. XIV No.2 2017
Wibowo, S., & Rosmauli, D. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan e-money Card. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 6 No. 1 2018
Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet OVO di Depok. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume 7 No. 1
Wijaya C, & Kempa, &. S. (2018). Pengruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Produk Fashion di Lazada. AGORA Vol.6 No. 2,
Yogananda, A., & Dirgantara, I. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Uang elektronik. Diponegoro Journal Of Management Volume 6, Nomor 4, Tahun 2017, Halaman 1-7
Published
2020-12-26
How to Cite
RODIAH, Siti Rodiah; MELATI, Inaya Sari. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 66-80, dec. 2020. ISSN 2721-835X. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee/article/view/1293>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jeee.v1i2.1293.
Section
Articles