Penguatan Pendidikan Karakter untuk Mencegah Perundungan di SMK Ma’arif NU 01 Bantarkawung
Abstract
Risma Nur Padilah Pebriyanti (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Mencegah Perundungan di SMK Ma’arif NU 01 Bantarkawung. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet Semarang. 64 halaman.
Pemicu terjadinya bullying adalah lingkungan sekolah yang diskriminatif atau tidak harmonis, sekolah dapat diartikan sebagai suasana dan kualitas sekolah yang memberikan kontribusi pada setiap individu merasa dihargai dan berperan penting dalam menciptakan rasa memiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Penguatan pendidikan karakter untuk mencegah perundungan di SMK Ma’arif NU 01 Bantarkawung. (2) Upaya penguatan pendidikan karakter di SMK Ma’arif Nu 01 Bantarkawung. (3) Kendala dalam penguatan penerapan pendidikan karakter di SMK Ma’arif NU 01 Bantarkawung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik untuk pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah (1) Pendidikan karakter dan bulliying memiliki hubungan yang saling berkaitan erat. Pendidikan karakter yang kuat dapat membantu mencegah terjadinya bullying, dan sebaliknya, bullying dapat melemahkan nilai-nilai karakter yang telah ditanamkan. (2) Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya tenaga pendidik yang profesional, banyak siswa yang belum menyadarai pentingnya nilai-nilai karakter, siswa masih menganggap tindakan bullying yang sebagai canda gurauan, dan pengaruh dari luar lingkungan yang sulit untuk menerapkan pendidikan karakter. (3) Upaya pencegahan yaitu dengan pembiasaan melalui contoh, mengadakan kegiatan religius, mengadakan sosialiasi dan edukassi dampak dari perilaku bulliying, . menciptakan budaya pelaporan yang aman dan memberikan sanksi yang tegas.
Kata Kunci: Penguatan, Karakter, Perundungan
Downloads
References
Arifianto, Y. A., & Santo, J. C. (2020). Iman Kristen Dan Perundungan Di Era Disrupsi. Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 1(2), 149-163.
Aswat, H., Onde, M. K. L. O., & Ayda, B. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9105-9117.
Aulia, D., & Nababan, R. (2021). Dampak Bullying Terhadap Peserta Didik SMA.
Fajri, N., & Mirsal, M. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1-10.
Hasanah, A. F. N. (2023). Penegakan Hukum Terhadap Pelaku Tindak Pidana Perundungan (Bullying) Anak Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Hukum, 20(1), 233-239.
Hatta, M. (2018). Tindakan perundungan (bullying) dalam dunia pendidikan ditinjau berdasarkan hukum pidana Islam. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 41(2).
Munandar, H., & Rina, S. J. (2023). Upaya Pencegahan Tindakan Perundungan Melalui Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sd Negeri 19 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 10(1), 34-47.
Monica, Putri Kusuma. (2014). Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Degelan 2, Dinginanm Sumberharjo, Prambanan, Slemman, Yogyakarta. Fakultas ilmu pendidikan. Skripsi. Uny
Rujiani. (2018). Pendidikan Karakter Untuk Meminimalisir Bullying Verbal Pada Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 01(01), 33–42.
Ryan, Kevin dan Karen E. Bohlin. 1999. Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: JOSSEY-BASS A Wiley Imprint.
Sari, H. N., Pebriyani, P., Nurfarida, S., Suryanto, M. F., Suri, P. A. A., & Nugraha, R. G. (2022). Perilaku bullying yang menyimpang dari nilai pancasila pada siswa sekolah. Jurnal kewarganegaraan, 6(1), 2095.
Sugiyono. (2016) metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&d: Alfabeta.
Sukatin, S. P. I., & Al-Faruq, M. S. S. (2021). Pendidikan Karakter. Deepublish.
Sulisrudatin, Nunuk. “Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi).“Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara 5.2 (2018).
Wiyani, Novan Ardy. (2013). Save Our Childern From School Bullying yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wulandari, H., & Ningsih, S. A. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Sejak Dini Untuk Melawan Aksi Bullying Era Revolusi 5.0. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2) earch, 3(2), 14773-14787.