Penguatan Pendidikan Karakter untuk Mencegah Perundungan di SMK Ma’arif NU 01 Bantarkawung

  • Risma Nur Padilah P universitas ivet
  • Agustinus Sutriyanto Hadi universitas ivet
  • Sri Muryati Universitas Ivet

Abstract

Risma Nur Padilah Pebriyanti (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Mencegah Perundungan di SMK Ma’arif NU 01 Bantarkawung. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet Semarang. 64 halaman.


Pemicu terjadinya bullying adalah lingkungan sekolah yang diskriminatif atau tidak harmonis, sekolah dapat diartikan sebagai suasana dan kualitas sekolah yang memberikan kontribusi pada setiap individu merasa dihargai dan berperan penting dalam menciptakan rasa memiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Penguatan  pendidikan karakter untuk mencegah perundungan di SMK Ma’arif NU 01 Bantarkawung. (2) Upaya penguatan pendidikan karakter di SMK Ma’arif Nu 01 Bantarkawung. (3) Kendala dalam penguatan penerapan pendidikan karakter di SMK Ma’arif NU 01 Bantarkawung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik untuk pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah (1)  Pendidikan karakter dan bulliying memiliki hubungan yang saling  berkaitan erat. Pendidikan karakter yang kuat dapat membantu mencegah terjadinya bullying, dan sebaliknya, bullying dapat melemahkan nilai-nilai karakter yang telah ditanamkan. (2) Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya tenaga pendidik yang profesional, banyak siswa yang belum menyadarai pentingnya nilai-nilai karakter, siswa masih menganggap tindakan bullying yang sebagai canda gurauan, dan pengaruh dari luar lingkungan yang sulit untuk menerapkan pendidikan karakter. (3) Upaya pencegahan yaitu dengan pembiasaan  melalui contoh, mengadakan kegiatan religius, mengadakan sosialiasi dan edukassi dampak dari perilaku bulliying, . menciptakan budaya pelaporan yang aman dan memberikan sanksi yang tegas.


Kata Kunci: Penguatan, Karakter, Perundungan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Risma Nur Padilah P, universitas ivet

mahasiswa ppkn universitas ivet semarang

Agustinus Sutriyanto Hadi, universitas ivet

dosen ppkn universitas ivet 

Sri Muryati, Universitas Ivet

dosen PPKn uiversitas IVET

References

Anita, H. M. (2021). Perlindungan Hukum Terhadap Korban dan Pelaku Tindak Pidana Praktik Bullying di Lingkungan Sekolah.Jurnal Jendela Hukum, 88-94.

Arifianto, Y. A., & Santo, J. C. (2020). Iman Kristen Dan Perundungan Di Era Disrupsi. Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 1(2), 149-163.

Aswat, H., Onde, M. K. L. O., & Ayda, B. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9105-9117.

Aulia, D., & Nababan, R. (2021). Dampak Bullying Terhadap Peserta Didik SMA.

Fajri, N., & Mirsal, M. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1-10.

Hasanah, A. F. N. (2023). Penegakan Hukum Terhadap Pelaku Tindak Pidana Perundungan (Bullying) Anak Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Hukum, 20(1), 233-239.

Hatta, M. (2018). Tindakan perundungan (bullying) dalam dunia pendidikan ditinjau berdasarkan hukum pidana Islam. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 41(2).

Munandar, H., & Rina, S. J. (2023). Upaya Pencegahan Tindakan Perundungan Melalui Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sd Negeri 19 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 10(1), 34-47.

Monica, Putri Kusuma. (2014). Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Degelan 2, Dinginanm Sumberharjo, Prambanan, Slemman, Yogyakarta. Fakultas ilmu pendidikan. Skripsi. Uny

Rujiani. (2018). Pendidikan Karakter Untuk Meminimalisir Bullying Verbal Pada Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 01(01), 33–42.

Ryan, Kevin dan Karen E. Bohlin. 1999. Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: JOSSEY-BASS A Wiley Imprint.

Sari, H. N., Pebriyani, P., Nurfarida, S., Suryanto, M. F., Suri, P. A. A., & Nugraha, R. G. (2022). Perilaku bullying yang menyimpang dari nilai pancasila pada siswa sekolah. Jurnal kewarganegaraan, 6(1), 2095.

Sugiyono. (2016) metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&d: Alfabeta.
Sukatin, S. P. I., & Al-Faruq, M. S. S. (2021). Pendidikan Karakter. Deepublish.
Sulisrudatin, Nunuk. “Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi).“Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara 5.2 (2018).

Wiyani, Novan Ardy. (2013). Save Our Childern From School Bullying yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wulandari, H., & Ningsih, S. A. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Sejak Dini Untuk Melawan Aksi Bullying Era Revolusi 5.0. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2) earch, 3(2), 14773-14787.
Published
2024-12-26
How to Cite
PADILAH P, Risma Nur; HADI, Agustinus Sutriyanto; MURYATI, Sri. Penguatan Pendidikan Karakter untuk Mencegah Perundungan di SMK Ma’arif NU 01 Bantarkawung. Journal of Democratia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 40-49, dec. 2024. ISSN 2721-4710. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jade/article/view/3426>. Date accessed: 05 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2