PERANAN BAHASA INDONESIA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Dua peranan bahasa Indonesia dalam pendidikan yaitu sebagai bahasa pengantar pendidikan nasional dan sebagai sarana pembentukan kepribadian. Era industri 4.0 membawa dampak negatif berupa krisis karakter pada anak-anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran bahasa Indonesia dalam membentuk karakter anak-anak usia dini. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menganalisis data melalui empat tahapan. Hasil penelitian berupa pembelajaran aspek berbahasa dapat dijadikan wadah sebagai pembentukan tiga belas karakter pada anak usia dini.
Downloads
References
Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Selamat Hari Sumpah Pemuda. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/selamat-hari-sumpah-pemuda.
Efendi, Rinja dan Asih Ria Ningsih. (2019). Pendidikan Karakter Di Sekolah. Pasuruan: Qiara Media.
Inswide. (2021). Wawasan Pendidikan Karakter. Pekalongan: Nasya Expanding Management.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2010). Buku Induk Pembangunan Karakter. Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Khairani dkk. (2018). Peran, Fungsi, dan Kedudukan Bahasa Indonesia dalam Kehidupan Sehari-hari. Repository.unja.ac.id.
Lodewijk, Dewi Putriani Yogosara. (2022). Mengembangkan Potensi Kecerdasan Linguistik pada Anak Sebagai Optimalisasi Kecerdasan Majemuk. Bandung: Guepedia.
Nugrahani, Farida. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Materi Membaca Novel Sastra. Jurnal Edudikara 2 (2), 113-124.
Omeri, Nopan. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan 9 (3), 464-468. https://doi.org/10.33369/mapen.v9i3.1145.
Primayana, Kadek Hengki. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 5 (1), 50-54. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i1.1542.
Purwanto, Ary. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Religus Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Ibtida’iy: Jurnal Prodi PGMI 6 (1), 32-38. https://journal.ummat.ac.id/index.php/ibtidaiy/article/view/5203/3075.
Setiowati, Susy. (2020). Golden Age Parenting Periode Emas Tumbuh Kembang Anak. Malang: Media Nusa Creative.
Shofa, M. N. (2017). Penanaman Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 64–80. Https://Journal.Iainkudus.Ac.Id/Index.Php/Thufula/Article/View/2408/Pdf
Solikhan, Umar. (2022). Penguatan Peran Bahasa Indonesia sebagai Modal Menuju Bahasa Internasional. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/3491/penguatan-peran-bahasa-indonesia--sebagai-modal-menuju-bahasa-internasional.
Sukatin, M. S. Saifillah A. Faruq. (2021). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://pusdiklat.perpusnas.go.id.
Undang-Undang Dasar 1945. https://www.dpr.go.id/jdih/uu1945.
Zakaria, Mia dan Dewi Arumsari. (2018). Jeli Membangun Karakter Anak. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.