K Keselamatan Pengelasan di Kapal Kalimantan Jaya Karya pada PT. Samudra Fishing Industri Cilacap

  • Andi Hendrawan Akademi Maritim Nusantara

Abstract

Pekerjaan las merupakan pekerjaan yang penih dengan resiko, karen berhdapan dengan potensi Bahasa antara lain panas, sinar , api dan setiap saat bisa mengancam jiwa. Karean potensi bahaya yang begitu besar maka fasilitas dan prosedur kesalamatan harus tersedia dan dilksanakan secara optimal. Pnelitian bertuuan untuk menilai fasilitas dan pesepsi pekerja las terhadap fasilitas perusahaan yang terssedia. Metode penelitian menggunkan metode kuantitatif dengan pendekatan crosectional dan observasional. Hasil menunjukan bahwa fasilitas untuk melaksanakan pekerjaan pengelasan, baik peralatan maupun sistem kesehatan dan keselamatan kerja tersedia dengan baik. Persepsi pekerja las juga baik sehingga fasilitas las yang tersedia sesuai dengan fasilitas yang ada. Perusah

References

[1] Sahlul, “Pengaruh Pemahaman Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Hasil
Praktik Pengelasan Siswa Kelas X Smk Negeri 10 Makassar,” no. 1322040005.
[2] M. K. S. Budhi, P. Y. Wijaya, I. P. F. Karyada, and K. O. Sanjaya, “UPAYA
PENINGKATAN BUDAYA K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA) PADA
UKM BENGKEL LAS PINTU HARMONIKA ‘JAYA MANDIRI’ DENGAN
PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI,” J. Abdi Insa., vol. 9, no. 2, pp. 448–459,
2022, [Online]. Available:
http://abdiinsani.unram.ac.id/index.php/jurnal/article/view/554/327.
[3] B. J. Tarigan, N. Helmi, P. Purwantono, and A. Kurniawan, “Penerapan K3 Pada Mata
Pelajaran Las Shield Metal Arc Welding (Smaw) Terhadap Hasil Belajar Kelas Xi Teknik
Pengelasan Di Bengkel Las Smk Negeri 1 Lembah Melintang,” J. Vokasi Mek., vol. 4, no. 2,
pp. 81–87, 2022, doi: 10.24036/vomek.v4i2.363.
[4] L. Riswansyah, “Pengaruh Kuat Arus dan Jenis Elektroda Terhadap Laju Korosi Baja
Karbon Rendah pada Pengelasan SMAW [PhD Thesis]. Universitas,” Univ. 17 Agustus 1945
Surabaya, p. 2021, 2021.
[5] H. Arsyad, M., Razak, A, H., “Penerapan K3 Dalam Proses Pengelasan,” Pros. Semin. Nas.
Penelit. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2019, pp. 31–34, 2019, [Online]. Available:
http://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/snp2m/article/viewFile/1617/1477.
[6] A. Hendrawan, A. Sasongko, and S. Pramono, “Pengaruh Berbagi Pengetahuan ( Knowledge
Sharing ) dalam Peningkatan Perilaku Keselamatan Pelayaran,” Mar. Sci. Technol. J., vol. 2,
no. 2, pp. 43–46, 2022.
[7] A. S. Dwiono, A. Hendrawan, and S. Pramono, “Perbaikan Lambung Kapal KM. Harima
PT. CSFI-Cilacap,” Din. Bahari, vol. 2, no. 1, pp. 56–61, 2021, doi: 10.46484/db.v2i1.261.
[8] A. K. Hendrawan and A. Hendrawan, “Gambaran Tingkat Pengetahuan Nelayan tentang
Kesehatan dan Keselamatan Kerja,” J. Saintara, vol. 5, no. 1, 2020.
[9] A. Hendrawan, “Kebisingan di Kapal KN Parajapati,” Maj. Ilm. Bahari Jogja, vol. 18, no. 2,
pp. 19–25, 2020.
[10] F. Frimananda and B. Syahri, “PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS WORKSHOP
FABRIKASI DAN PENERAPAN K3 TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH
TEKNOLOGI PENGELASAN LOGAM DI JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS
NEGERI PADANG THE,” J. Vomek, vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2021.
[11] A. Hendrawan, “Gambaran Tingkat Pengetahuan Tenaga Kerja Pt’X’ Tentang UndangUndang Dan Peraturan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja,” J. Delima Harapan, vol. 6, no. 2,
pp. 69–81, 2019, doi: 10.31935/delima.v6i2.76.
[12] A. Y. Pratiwi, D. Suryani, Sunarji, and A. Hendrawan, “KELELAHAN DAN
KESEHATAN KERJA NELAYAN,” J. Saintara, vol. 2, no. 2, 2018.
[13] A. Hendrawan and A. Yulianeu, “THE IMPACT OF PHYSICAL ENVIRONMENT OF
WORK STRESS IN ABK ( CREW ) FISHING BOAT IN CILACAP,” Proceeding ICSTIEM,
pp. 1–21, 2017.
[14] A. Hendrawan, L. Lusiani, and R. Aprilian, “Sandblasting pada kapal mv. berlian indah,” J.
Saintara, vol. 4, no. 2, pp. 26–33, 2020.
[15] D. Suryani and A. Hendrawan, “STUDI TENTANG SANITASI KAPAL,” J. Saintara, vol.
4, no. 2, 2020.
Marine Science and Technology Journal 3 (2) (2023)
38
[16] A. Hendrawan, “PROGRAM KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI ATAS
KAPAL,” J. Sains Teknol. Transp. Marit., vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2020.
[17] A. Hendrawan, “ANALISA INDIKATOR KESELAMATAN PELAYARAN PADA
KAPAL NIAGA,” J. Saintara, vol. 3, no. 2, 2019.
[18] A. Hendrawan, “ANALISA PENGEBAB KEAUSAN POROS BALING BALING
KAPAL,” J. Saintara, vol. 4, no. 1, 2019.
[19] A. Hendrawan, H. Sucahyowati, and A. K. Hendrawan, “Pembangunan Kompetensi Tim di
Atas Kapal,” J. Ilm. Kemaritiman Nusant., vol. 2, no. 2, pp. 92–101, 2022.
[20] Y. Yusmita, H. Hasanah, R. Guspita, D. Armanda, and M. F. Azzikri, “PENERAPAN
ERGONOMI K3 DALAM PROSES PENGELASAN,” J. Tek. Ind. Terintegrasi, vol. 3, no. 2,
pp. 147–154, 2020, [Online]. Available:
https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%
0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.1
97505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0
Ahtt
Published
2023-02-20
How to Cite
HENDRAWAN, Andi. K Keselamatan Pengelasan di Kapal Kalimantan Jaya Karya pada PT. Samudra Fishing Industri Cilacap. Marine Science and Technology Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 32-38, feb. 2023. ISSN 2746-1580. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/maristec/article/view/2472>. Date accessed: 06 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/maristec.v3i2.2472.