Keefektivan Model Pembelajaran Cooperative Learning berbasis PPT Interaktif (Canva) terhadap Hasil Kognitif dan Kreatifitas Siswa pada Materi Komputer Grafis
References
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Sari, N., & Rahman, N. (2018). Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Kognitif IPA melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(1), 34.
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual dalam Meningkatkan Minat, Motivasi, dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13.
Kurniawan, T., Rokhmat, J., & Ardhuha, J. (2017). Perbedaan Hasil Belajar melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Komik Fisika dengan Pembelajaran Konvensional pada Siswa Kelas Viii SMPN 1 Labuapi Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika DanTeknologi, 1(2), 123–128.
Wulandari. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Alfariza. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Berbantuan Media Canva Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Kelas Xi Mipa Di Sma Negeri 1 Tenggarang Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2.
Untari. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Canva Tema 1 Kelas II SDN Sarirejo Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2779–2794.
Istiyani. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ipa Pada Peserta Didik Kelas Iv Min 2 Bandar Lampung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Rizki. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif secara online pada peserta didik kelas x multimedia pada smkn 1 mesjid raya aceh besar.
Haines. (2019). Pengertian Pembelajaran Matematika di SD/MI. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Daryanto dan Muljo Rahardjo. 2014. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media. Nurhalin. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan
Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 180–192. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1957
Yundayani, A., Susilawati, & Chairunnisa. (2019). Investigating the Effect of Canva on Student’s Writing Skills. English Review: Journal of English Education, 7(2), https://doi.org/10.25134/erjee.v7i2.1800.Received
Sari, N., & Rahman, N. (2018). Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Kognitif IPA melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(1), 34.
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual dalam Meningkatkan Minat, Motivasi, dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13.
Kurniawan, T., Rokhmat, J., & Ardhuha, J. (2017). Perbedaan Hasil Belajar melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Komik Fisika dengan Pembelajaran Konvensional pada Siswa Kelas Viii SMPN 1 Labuapi Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika DanTeknologi, 1(2), 123–128.
Wulandari. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Alfariza. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Berbantuan Media Canva Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Kelas Xi Mipa Di Sma Negeri 1 Tenggarang Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2.
Untari. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Canva Tema 1 Kelas II SDN Sarirejo Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2779–2794.
Istiyani. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ipa Pada Peserta Didik Kelas Iv Min 2 Bandar Lampung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Rizki. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif secara online pada peserta didik kelas x multimedia pada smkn 1 mesjid raya aceh besar.
Haines. (2019). Pengertian Pembelajaran Matematika di SD/MI. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Daryanto dan Muljo Rahardjo. 2014. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media. Nurhalin. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan
Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 180–192. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1957
Yundayani, A., Susilawati, & Chairunnisa. (2019). Investigating the Effect of Canva on Student’s Writing Skills. English Review: Journal of English Education, 7(2), https://doi.org/10.25134/erjee.v7i2.1800.Received
Published
2024-06-20
How to Cite
VINA, Dita Oliv; PRATAMA, Afis.
Keefektivan Model Pembelajaran Cooperative Learning berbasis PPT Interaktif (Canva) terhadap Hasil Kognitif dan Kreatifitas Siswa pada Materi Komputer Grafis.
Journal of Systems, Information Technology, and Electronics Engineering, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 32-37, june 2024.
ISSN 2963-4660.
Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jsite/article/view/4207>. Date accessed: 08 oct. 2025.
Section
Articles