Pelatihan Penyusunan LKPD Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru SMA PKN Se-Kota Surabaya
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan Penyusunan LKPD berbasis kurikulum Merdeka Belajar bagi guru SMA PKN se-Kota Surabaya. Metode pengabdian yang digunakan berupa ceramah, diskusi dan praktik, sedangkan langkah-langkah pelaknasanaan pengabdian meliputi; 1) tahap penyusunan dan pengembangan materi pelaithan; 2) tahap pelatihan; dan 3) tahap pendampingan pembuatan perangkat pembelajaran. Hasil dari pengabdian ini menunjukan bahwa pelatihan yang dilaksanakan dapat meningkatkan kemampuan guru PKn dalam pembuatan perangkat pembelajaran yaitu RPP, Media, Bahan Ajar, LKPD dan Evaluasi.
Downloads
References
Lestari. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Bebasis Kompetensi. Jakarta: Akademi
Permata. Mailili, W. &. (2022). Pelatihan Desain Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Powerpoint Interaktif bagi Guru di SDN Inpres 3 Talise Kota Palu. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 50-58.
Mulyasa. (2007). Kurikulum tingkat satuan pendidikan sebuah panduan praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 16-35.
Rachmadtullah, R., Azmy, B., & Susiloningsih, W. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru SDN Margorejo I Melalui Workshop Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 351-357.
Simanjuntak, M. (2020). Kegiatan Belajar. Retrieved 7 12, 2021, from www.scholae.co:
https://www.scholae.co/web/read/2831/kegiatan.belajar.1.karakteristik.guru.dan.s swa.ab
Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susilo, A. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 Dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia, 43-50.
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD Pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar nasional Matematika IX (pp. 217-225). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Wijoyo, A. (2018). Pengaruh Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Multi Media. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 46.
Wildan. (2017). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru. SOCIETY, 41-63.
Susilo, A. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 Dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia, 43-50.
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD Pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar nasional Matematika IX (pp. 217-225). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Wijoyo, A. (2018). Pengaruh Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Multi Media. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 46.
Wildan. (2017). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru. SOCIETY, 41-63.