Pelatihan Penyusunan LKPD Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru SMA PKN Se-Kota Surabaya

  • Suyono Suyono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • A Qomaru Zaman Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dwi Retnani Srinarwati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Suhari Suhari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nakhisa Abelia Fayza Putri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Kasita Alawiyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan Penyusunan LKPD berbasis kurikulum Merdeka Belajar bagi guru SMA PKN se-Kota Surabaya. Metode pengabdian yang digunakan berupa ceramah, diskusi dan praktik, sedangkan langkah-langkah pelaknasanaan pengabdian meliputi; 1) tahap penyusunan dan pengembangan materi pelaithan; 2) tahap pelatihan; dan 3) tahap pendampingan pembuatan perangkat pembelajaran. Hasil dari pengabdian ini menunjukan bahwa pelatihan yang dilaksanakan dapat meningkatkan kemampuan  guru PKn dalam  pembuatan  perangkat  pembelajaran  yaitu RPP, Media, Bahan  Ajar, LKPD dan Evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmal Ahmal, S. P. (2020). Peningkatan kompetensi pedagogik guru melalui pelatihan perangkat pembelajaran abad-21 berbasis merdeka belajar di Kabupaten Pelalawan Riau. Unri Conference Series: Community Engagement (p. 1). Pekanbaru: Unri Conference Series, Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau (lantai 2). Kampus Binawidya, Jl. H.R. Soebrantas Km. 12.5 Panam. Pekanbaru, Indonesia - 28293.
Lestari. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Bebasis Kompetensi. Jakarta: Akademi
Permata. Mailili, W. &. (2022). Pelatihan Desain Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Powerpoint Interaktif bagi Guru di SDN Inpres 3 Talise Kota Palu. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 50-58.
Mulyasa. (2007). Kurikulum tingkat satuan pendidikan sebuah panduan praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 16-35.
Rachmadtullah, R., Azmy, B., & Susiloningsih, W. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru SDN Margorejo I Melalui Workshop Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 351-357.
Simanjuntak, M. (2020). Kegiatan Belajar. Retrieved 7 12, 2021, from www.scholae.co:
https://www.scholae.co/web/read/2831/kegiatan.belajar.1.karakteristik.guru.dan.s swa.ab
Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susilo, A. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 Dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia, 43-50.
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD Pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar nasional Matematika IX (pp. 217-225). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Wijoyo, A. (2018). Pengaruh Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Multi Media. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 46.
Wildan. (2017). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru. SOCIETY, 41-63.
Susilo, A. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 Dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia, 43-50.
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD Pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar nasional Matematika IX (pp. 217-225). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Wijoyo, A. (2018). Pengaruh Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Multi Media. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 46.
Wildan. (2017). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru. SOCIETY, 41-63.
Published
2023-01-17
How to Cite
SUYONO, Suyono et al. Pelatihan Penyusunan LKPD Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru SMA PKN Se-Kota Surabaya. Manggali, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 65-73, jan. 2023. ISSN 2798-4435. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/2393>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v3i1.2393.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)