Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VIII.B

  • Eko Maulana Ikhwan Nudin Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis flipbook pada mata pelajaran Informatika  kelas VIII.B di SMP Hasanuddin 5 Semarang; (2) Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa berbasis flipbook pada mata pelajaran Informatika  kelas VIII.B di SMP Hasanuddin 5 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian terdiri dari 33 siswa kelas VIII.B dan 1 guru Informatika di SMP Hasanuddin 5 Kota Semarang. Penelitian ini mencakup kegiatan pra siklus, siklus I, dan siklus II. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis flipbook pada mata pelajaran Informatika di kelas VIII.B SMP Hasanuddin 5 Semarang dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Flipbook interaktif yang digunakan oleh guru efektif dalam membantu siswa memahami konsep Algoritma, menjadikannya sebagai alat bantu yang sangat berguna dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran berbasis flipbook ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini bisa di lihat dari meningkatnya  hasil belajar siswa dari 57,57% pada tahap pra siklus menjadi 72,72% pada siklus I, dan mencapai 84,84% pada siklus II, melampaui indikator ketuntasan yang ditetapkan sebesar 75%. Ini menunjukkan bahwa penggunaan flipbook secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.

References

Abbas. (2022). The Influence Of Use Of Flipbook-Based Teaching Materials By Considering Learning Motivation On The Science Learning Outcomes Of Class Vii Students At Smp N 13 Bandar Lampung. Doctoral dissertation, UNIVERSITY OF LAMPUNG, 30-40.
Alperi. (2019). Peran bahan ajar digital sigil dalam mempersiapkan kemandirian belajar peserta didik. Jurnal teknodik, 99-110.
Anshori. (2018). Pemanfaatan Informatika sebagai media pembelajaran. Journal of Civics and Socio-Cultural Education, 2(1), 88-100.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan PrakInformatika . Jakarta: Rineka Cipta.hlm. 191.
Arikunto. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.hal. 70.
Atmaja, A. T. (2018). Penerapan Sistem Otomatisasi Admnistrasi Untuk Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Kerja Di Bidang Pendapatandinas Perdagangan Kota Surakarta. IKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 2(2), 1-5.
Ayub. (2023). Perbandingan Akurasi Model Pembelajaran Mesin untuk Prediksi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jurnal Teknik InformaInformatika a dan Sistem Informasi, 9(1), 141-153.
Banat, A. F. (2022). Pendampingan Penggunaan Teknologi Media dan Internet Bagi Pengurus Bumdes Teratai Indah Desa Nanti Agung Ilir Talo Kabupaten Seluma. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 1(1), 33-36.
Budiana. (2022). Menjadi guru profesional di era digita. Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2(2), 144-161.
Chaparro, S. S. (2006). "Usability Evaluation Of Digital Flipviewer Online Flipbooks". Proceeding of the Human Factors And Ergonomics Society 50 Th Annual Meeting, h. 1839.
Dendik, S. W. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal pembelajaran fisika, 4(4), 296-301.
Ekasari, R. R. (2016). Pengaruh Model pembelajaran langsung berbantuan media laboratorium terhadap kreatifitas fisika siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 106-110.
Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. hlm.130-133.
Fathoni. (2006). Metodelogi penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Hakim. (2021). Transformasi pendidikan agama islam: strategi dan adaptasi pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(4), 760-766.
Hamalik, O. ( 2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara hlm. 27.
Hardiah. (2024). Pengembangan E-Flip Book MatemaInformatika a Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Bachelor's thesis, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 15-30.
Kulsum, U. &. (2011). Penerapan model learning cycle pada sub pokok bahasan kalor untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2), 15-30.
Mahagiyani, M. &. (2024). Research Methodology Textbook. Yogyakarta: Poltek LPP Press.
Muhammad, H. M. (2020). Development of moodle-based e-learning learning media in research methodology subjects. Pencil Journal: Civil Engineering Education , 9 (1), 54-60.
Nababan, D. H. (2023). THE BENEFITS OF EDUCATIONAL MEDIA IN THE TEACHING AND LEARNING PROCESS OF CHRISTIAN RELIGIOUS EDUCATION. Journal of Social Education and Humanities, 2(4), 12108-12120.
Nengsih, Y. G. (2022). Konsep Algoritma dan Pemrograman: Mengenal Konsep Dasar dan Praktis dalam Bahasa Pascal dan C. Bandung: Indie Press.
Nurhaliza. (2024). Pengembangan Buku Pengayaan Fisika Berkonteks Etnofisika Pada Alat Musik Tradisional Gong Buleuh Menggunakan Heyzine Flipbook. Doctoral dissertation, Universitas Jambi, 83-90.
Purwanto. (2011). Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada Kompetensi sistem koordinasi melalui metode Pembelajaran teaching game team terhadap siswa kelas XI IPA SMA Smart Ekselensia Indonesia Tahun Ajaran 2010-2011. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 1(1), 1-14.
Rahmati, Y. d. (2020). Tes Hasil Belajar. Banda Aceh: Bandar Publishing hlm. 154-160.
Rendi. (2024). Development Of Scratch-Based Learning Media On Computer Systems Material In Class Vii Smp Negeri 2 Pontianak. Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK, 30-35.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta, hal. 4.
Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas edisi Pertama. Jakarta: Kencana. hlm. 63.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. hal 54-71.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. hlm. 95.
Sujarweni. (2014). Metodelogi penelitian. Metodelogi penelitian: Pustaka Baru Perss.
Suprijo. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar hal 6.
Utamayasa. (2021). Model-model pembelajaran pendidikan jasman. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Wurjanti, E. (2022). Study Group Solusi Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Lombok Tengah: : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia hal 52-53.
Yunawati. (2023). Buku Belajar dan Pembelajaran. Pekalngan: NEM hal 26-29.
Yusrizal. (2015). Tanya Jawab Seputar Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Banda Aceh: Syah Kuala University.hal.36-40.
Zakariya, K. a. (2022). Information and communication technology (ICT) in improving the quality of educational administration in Temanggung. Al-fahim. Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73-85.
Published
2024-12-25
How to Cite
NUDIN, Eko Maulana Ikhwan. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VIII.B. Journal of System Information Technology and Electronics Engineering (J-SITEE), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 11-19, dec. 2024. ISSN 2963-4660. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jsite/article/view/4211>. Date accessed: 08 oct. 2025.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.