PENINGKATAN KOMPETENSI KEAHLIAN MEMELIHARA SISTEM REM DAN KOMPONENNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA
Abstract
Ketuntasan belajar kompetensi memelihara sistem rem dan komponenya pada siswa kelas XI TKRO 2 SMK N 1 Blado pada ujian ahir sekolah tahun 2018/2019 semester ganjil dengan KBM 70 masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk meningkatkan kompetensi memelihara sistem rem dan komponennya pada kelas XI TKRO SMK Negeri 1 Blado Kab. Batang dengan menerapkan kegiatan pembelajaran model Discovery learning; 2). Untuk mengkaji keaktifan siswa dalam kompetensi sistem rem dan komponennya; 3). Untuk mengkaji kegiatan pembelajaran model Discovery Learning serta meningkatkan kompetensi siswa pada kompetensi memelihara sistem rem dan komponennya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, obesrvasi dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO SMK Negeri 1 Blado Kab. Batang yang berjumlah 34 siswa. Penerapkan model Discovery Learning pada kompentensi memeilhara sistem rem, pada siswa kelas XI TKRO SMK Negeri 1 Blado Kab.Batang hasil menunjukkan prosentase tes pengetahuan (post test) dan psikomotor (ketrampilan praktek) siswa yang mencapai batas Kriteria Belajar Minimal (KBM), pada siklus I yaitu penilaian post test sebesar 55,87% menjadi 88,23% pada siklus II, nilai praktik dari 58,81% menjadi 88,23% pada siklus II. 2). Hasil pembelajaran menggunakan model Discovery Learning mampu meningkatkan aktivitas siswa dari siklus I sebesar 62,50% menjadi 87,50% pada siklus II. Dengan indikator keberhasilan sebesar 80%, maka dikatakan berhasil. 3). Pelaksanaan pembelajaran model Discovery Learning pada siswa kelas XI TKRO SMK Negeri 1 Blado Kab. Batang efektif meningkatkan keaktifan, pengetahuan dan ketrampilan siswa dengan melihat hasil pengetahuan, ketrampilan praktik yaitu sebesar 88,23%.
Kata kunci : Sistem Rem, Discovery Learning, Keaktifan
References
--------------------------. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. & Supardi (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
PT. Toyota Astra Motor, 1994. Manual Step. Manual Training. Jakarta : PT. Toyota Astra Motor.
------------------------------ 1994. Gasoline Engine. Manual Training Jakarta : PT. Toyota Astra Motor.
PT. Toyota Astra Motor. 1995. New Step 1 Training Manual. Jakarta: PT.Toyota Astra Motor.
Sardiman, 2005. Interaksi dan Motivasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Siswanto. 2007. Materi IHT sistem Rem pada Kendaran.
Sudjana, Nana. 1996. Metode Statistik. Bandung : Tarsito.
Sudjana Nana, 1989. Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung : Sinar Baru Algesindo. Semarang press.
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kualitatif ,Kuantitatif dan R&D, Bandung : Alfabet.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2001, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2013 Cooperative Learning dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Syah, 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.