Meningkatkan motivasi mahasiswa calon guru IPA melalui cooperative learning tipe take and give berbantuan mind mapping

  • Astuti Wijayanti Pendidikan IPA, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Laily Rochmawati Listiyani Pendidikan IPA, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Mahasiswa seringkali mengalami kendala dalam pemrosesan informasi terkait materi perkuliahan teori karena kurangnya motivasi belajar dan kesulitan dalam pemahaman teks. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa IPA kelas A yang terdiri dari 30 mahasiswa pada mata kuliah IPA Terpadu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk melihat keterlaksanaan penerapan take and give berbantuan mind mapping. Angket digunakan untuk mengukur motivasi mahasiswa setelah dilaksanakan proses take and give. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan foto, dan dokumen selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar calon guru IPA. Rata-rata motivasi belajar mahasiswa pada siklus I sebesar 57,5% meningkat menjadi 66,5% pada siklus II. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe take and give berbantuan mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah IPA Terpadu.

References

Abramovich, S., Grinshpan, A. Z., & Milligan, D. L. (2019). Teaching mathematics through concept motivation and action learning. Education Research International, 2019. https://doi.org/10.1155/2019/3745406

Afinda, B. N., Aisyah, R. S. S., & Wijayanti, I. E. (2019). Cooperative- STAD dengan word square?: Dampaknya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 17–27. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.773

Ambarwati, E., Yusrin, Y., & Winaryati, E. (2017). Pengaruh model pembelajaran tipe take and give berbasis pendidikan karakter terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sains, Dan Teknologi, 92–101.

Asvio, N., Arpinus, & Suharmon. (2017). The influence of learning motivation and learning environment on undergraduate students’ learning achievement of management of islamic education, study program of IAIN Batusangkar in 2016. Noble International Journal of Sciences Research, 2(2), 16–31.

Budiati, N., Purnami, A. ., & Agustito, D. (2018). Penerapan konsep 3N (niteni, nirokke, nambahi) dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 486–490.

Buntu, A., Ramadhan, A., & Tangge, L. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif mind mapping dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa tentang biologi di kelas IX SMP Negeri 6 Palu. E-Jurnal Mitra Sains, 5(2), 19–28.

Davie, M. (2011). Concept mapping, mind mapping and argument mapping: what are the differences and do they matter? Higher Education, 62(3), 279–301.

Dimyati, D., & Mudjiono, M. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Febriana, B. W. (2017). Analysis of student’s achievement motivation in learning chemistry. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(2), 117. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i2.5132

Fitriyaningsih. (2014). Keefektifan model take and give terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA. Journal of Elementary Education, 3(2), 42–49.

Gillies, R. M. (2008). The effects of cooperative learning on junior high school students’ behaviours, discourse and learning during a science-based learning activity. School Psychology International, 29(3), 328–347. https://doi.org/10.1177/0143034308093673

Hopkin, D. (2014). A teacher’s guide to classroom research. UK: McGraw-Hill Education.

Irawati, S., & Slamet, I. (2015). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe pairs check (PC), think pair share (TPS), dan problem based learning (PBL) pada materi kubus dan balok ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Surakarta. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(7).

Limbong, C., Rohadi, N., & Hamdani, D. (2019). Meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep dengan model pembelajaran siklus belajar tipe 5E di kelas X IPA 3 SMAN 9 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 33–40.

Lin, M. H., Chen, H. ., & Liu, K. . (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a

Listiyani, L. . (2018). Implementasi model pembelajaran inkuiri berbasis refleksi kelompok pada materi redoks. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 58–65.

Magthwi, A. A. A. (2015). The effectiveness Of probing questions strategy in the development of thinking skills in the islamic education courses using a sample of intermediate school students in Riyadh. European Scientific Journal, 2(June), 136–151.

Man, H. U., Baker, D. P., Salas, E., & Training, N. (1992). Principles for Measuring Teamwork Skills. Human Factors, 34(4), 469–475.

Miswar, D., Suwarni, N., & Septiana, S. (2013). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe take and give. Jurnal Pendidikan Progresif, 3(2), 125–138.

Nurkhatimah, Zainuddin, & Hartini, S. (2014). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 110–122.

Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501

Septina, R. K. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Take and Give Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas 2 Sd N Demangan Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, VII(3), 311–323.

Souhuwat, V. M., Parubak, A. S., & Larasati, C. N. (2018). Penerapan model pembelajaran take and give untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas xi ipa sma advent manokwari pada materi stoikiometri reaksi. Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 1(2), 48–54.

Subekti, H., Taufiq, M., Susilo, H., Ibrohim, I., & Suwono, H. (2018). Mengembangkan literasi informasi melalui belajar berbasis kehidupan terintegrasi STEM untuk menyiapkan calon guru sains dalam menghadapi era revolusi industri 4.0: Revieu literatur. Education and Human Development Journal, 3(1), 81–90. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.90

Syofyan, H. (2018). Analisis gaya belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Eduscience, 3(2), 76–85.

Udayanti, I. A. G. S., & Riastini, P. . (2017). Penerapan metode take and give untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 51–58.

Wati, M. L., & Siswati, S. (2015). Pengaruh metode mind map terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam terpadu pada siswa kelas VII. Empati, 4(4), 131–138.

Widjaja, W., & Fauzan, A. (2010). The Role of Contexts and Teacher ’ s Questioning to Enhance Students ’ Thinking. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 168–186.

Wildman, J. L., Salas, E., & Scott, C. P. R. (2014). Measuring cognition in teams: A cross-domain review. Human Factors, Vol. 56, pp. 911–941. https://doi.org/10.1177/0018720813515907

Wiryanti, I., Arnyana, I. B. P., & Ristiati, N. P. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis nature of science (NOS) untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa SMA kelas X. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Wulandari, N. P. Y., Ganing, N. N., & Meter, I. G. (2015). Pengaruh pendekatan kooperatif tipe picture and picture berbantuan media komputer terhadap ketrampilan menulis bahasa indonesia siswa kelas I SDN 02 Dalung. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
Published
2019-11-29
How to Cite
WIJAYANTI, Astuti; LISTIYANI, Laily Rochmawati. Meningkatkan motivasi mahasiswa calon guru IPA melalui cooperative learning tipe take and give berbantuan mind mapping. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 165-179, nov. 2019. ISSN 2598-0904. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/969>. Date accessed: 07 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v3i2.969.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.