Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak SD Negeri 2 Pogung Kabupaten Klaten

  • Diah Nugraheni Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Ivet, Semarang, Indonesia
  • Hani Siswanti Sekolah Dasar Negeri 2 Pogung, Klaten, Indonesia

Abstract

Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SD Negeri 2 Pogung yang mulai dilaksanakan di tahun ajaran 2021-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan instrumen melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri 2 Pogung telah dilaksanakan di kelas 1 dan 4 dengan baik dan optimal walaupun guru terlebih dahulu harus menyiapkan modul ajar sebagai pegangan bagi siswa. Melalui implementasi kurikulum merdeka, pemerintah mengajak guru untuk menciptakan berbagai kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran sehingga mampu melaksanakan konsep merdeka belajar untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9.
Amran, Muhammad, Sudarto, Abd. Hafid. (2021). Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/Tema IPA. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19” 406 – 417.
Anisimov, A. V., Mikhailova, M. A., & Uvarova, E. A. (2019). Modern Approaches to the Development of Marine Antifouling Coatings. Inorganic Materials: Applied Research, 10(6), 1384–1389. https://doi.org/10.1134/S20751133190600 29.
Arumsari, N. F. D., & Koesdyantho, A. R. (2021). Peran Guru BK Dalam Mempersiapkan Siswa-Siswi Menghadapi Kurikulum Merdeka Belajar (Penelitian pada Siswa Kelas XI Program Studi Pariwisata di SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2020/2021). Medikons: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta, 7(2).
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://www.ejournal.my.id/jsgp/article/view/591.
Kepmendikbudristek RI Nomor Nomor 56/M/2022 tertanggal 10 Februari 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1177/M/2020 tertanggal 23 Desember 2020 tentang Program Sekolah Penggerak.
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 162/M/2021 tertanggal 5 Juli 2021 tentang Program Sekolah Penggerak.
Laba, J., Nyoman, I., Agustika, S., & Ngurah, G. (2020). Pemahaman guru sekolah dasar terhadap kebijakan rencana pelaksanaan pembelajaran merdeka belajar. LPPM Universitas Pendidikan Ganesha, Seminar Nasional Riset Inovatif. Singaraja, 20.
Mariati. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 749–761. https://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.p hp/sintesa/article/view/405.
Megandarisari, M. (2021). Adaptasi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Inovasi Kurikulum, 18(1), 1-9.
Mudrikah A., Khori A., dan Hamdani H. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Islam Nusantara. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1).
Nurlaeli, N., Fitriana, F., & Arifin, B. (2021). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Islam Dan Implementasinya Di SMK Islam Insan Mulia. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 3(2).
Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0.
Purnomo, S., Djufri, E., & Khaharsyah, A. (2020). Pendidikan jarak jauh (PJJ) berbasis e-learning edmodo mahasiswa pendidikan vokasional teknik mesin. Jurnal Taman Vokasi, 8(2), 73–80. https://doi.org/10.30738/jtv.v8i2.9053.
Resya Fakhrunnisa, Siti Raudotul Hasanah, Sri Yuliyani, Ana Ratnasari, Meita Lesmiati Khasyar, Yulia Adiningsih, Nurdini Feriyanti, Musaljon, & Tya Fajartriyani. (2021). Penerapan Kurikulum Operasional Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Golden. Journal Fascho in Education Conference-Proceedings, 2(1). https://doi.org/10.54626/proceedings.v2i1.114.
Sumarsih, Ineu, et al. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semi ba/article/view/13357.
Widiastuti, I. A. M. S., Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2013). A Study on the Implementation of English School Based Curriculum in SMA Negeri 5 Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia (JPBII), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp bi.v1i0.577
Zamjani, et.al. (2020). Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak. Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Published
2022-04-22
How to Cite
NUGRAHENI, Diah; SISWANTI, Hani. Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak SD Negeri 2 Pogung Kabupaten Klaten. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 53-61, apr. 2022. ISSN 2598-0904. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/2575>. Date accessed: 07 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v6i1.2575.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.