Profil keterampilan kerjasama mahasiswa menggunakan teknologi informasi di masa pandemi covid-19
Abstract
Kegiatan pembelajaran secara daring menuntut mahasiswa untuk tetap bekerjasama dalam melaksanakan kewajibannya sehingga dapat mencapai capaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan kerjasama mahasiswa menggunakan teknologi informasi di masa pandemi covid 19. Melalui penelitian ini, dosen dapat memanfaatkan kelebihan pembelajaran menggunakan teknologi informasi untuk mengaktifkan serta memupuk kerjasama mahasiswa. Kegiatan dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021 dengan objek penelitian mahasiswa Prodi Pendidikan IPA. Adapun metode penelitian yang dilaksanakan menggunakan metode eksperimen one shot case study. Teknik pengumpulan data menggunakan angket self assessment dan wawancara untuk mengumpulkan data tentang keterampilan kerjasama mahasiswa. Analisis data yang digunakan berupa kuantitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa telah mampu bekerjasama dalam teamwork menggunakan teknologi. Implikasi penelitian ini adalah perkuliahan IPA dapat menggunakan teknologi terutama learning management system yaitu sipedar untuk meningkatkan kualitas keterampilan kerjasama mahasiswa dalam pembelajaran.
References
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.
Balqist, A., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(2), 35–45. Http://Jurnal.Fkip.Unila.Ac.I255d/Index.Php/Jbt/Article/View/17
Daryanto, K., & Karim, S. (2017). Pemuse The "Insert Citation" Button To Add Citations To This Document.
Use The "Insert Citation" Button To Add Citations To This Document.
Belajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Fauziyah, S., & Hendriani, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Kerjasama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 196–210.
Hapsari, N. S. (2014). Keterampilan Kerjasama Saat Diskusi Kelompok Siswa Kelas Xi Ipa Pada Materi Asam Basa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Di Sma Kemala Bhayangkari 1 Surabaya (Group Discussion’s Cooperation Skill Of The Student Xi Science Class On Acid Base Materials With The Implementation Of Cooperative Learning Model In Sma Kemala Bhayangkari 1 Surabaya). Unesa Journal Of Chemical Education, 3(2).
Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi Covid-19.
Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. Refleksi Edukatika?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). Https://Doi.Org/10.24176/Re.V8i1.1792
Juniardi, Y., Herlina, L., Lubis, A. H., Irmawanty, & Pahamzah, J. (2020). Computer-Vs. Mobile-Assisted Learning To Promote Efl Students’ Speaking Skills: A Preliminary Classroom-Based Research. International Journal Of Instruction, 13(3), 417–432. Https://Doi.Org/10.29333/Iji.2020.13329a
Katon, I. C., & Riyadi, D. (2016). Peningkatan Sikap Kerjasama Melalui Penerapan Numbered Heads Together. Pgsd Uns, 4(2), 1–8.
Khasanah, M. M., Pangestu, A. B., Intantiasari, I., Hp, N. S., Susanti, F., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Keterampilan Kerjasama Siswa Kelas Vii Di Salah Satu Smp Swasta Di Magelang. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 132. Https://Doi.Org/10.24114/Jpb.V7i2.10050
Kurniasih, P. D., Nugroho, A., & Harmianto, S. (2020). Peningkatkan Higher Order Thinking Skills (Hots) Dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Kokami Di Kelas Iv Sd Negeri 2 Dukuhwaluh. Attadib Journal Of Elementary Education, 4(1), 23–35.
Mahanal, S. (2014). Peran Guru Dalam Melahirkan Generasi Emas Dengan Keterampilan Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Hmps Pendidikan Biologi Fkip Universitas Halu Oleo, 1, 1–16.
Munawar, Z., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Putri, N. I. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Tematik?: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (E-Journal), 8(2), 160–175.
Narsan, V. O. (2021). Penerapan Metode Field Trip Berbasis Cooperative Learning Terhadap Keterampilan Kerjasama Siswa. Al Jahiz: Journal Of Biology Education Research, 2(2), 172–183.
Ningrum, M. F. C. P., Slameto, M. P., & Widyanti, E. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Pada Bidang Studi Ipa Melalui Penerapan Model Group Investigation Bagi Siswa Kelas 5 Sdn Kumpulrejo 2. Wahana Kreatifitas Pendidik (Wkp), 1(3), 7–13.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Jisamar (Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Researh), 4(2), 30–36.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37–50.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Reflianto, & Syamsuar. (2018). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13. Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/E-Tech/Article/View/101343
Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 3(1).
Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2).
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. Https://Doi.Org/10.46781/Al-Mutharahah.V17i2.138
Saraswati, N. L. P. A., & Mertayasa, I. N. E. (2020). Pembelajaran Praktikum Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19: Qualitative Content Analysis Kecenderungan Pemanfaatan Teknologi Daring. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 14, 144–161.
Wijayanti, A. (2016). Penerapan Collaborative Writing Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Dan Motivasi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1).
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.