Perpaduan model PBL dan artikulasi dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah

  • Siti Nur Haniah Universitas Sains Al Qur’an
  • Siti Sarah UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh dari pembelajaran IPA menggunakan perpaduan model PBL dan artikulasi terhadap kemampuan pemecahan peserta didik. Tujuan penelitian lainnya yaitu mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang melakukan pembelajaran IPA dengan perpaduan model PBL dan artikulasi. Penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pre-tes pos-tes. Penelitian menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing terdiri dari 32 peserta didik kelas VII SMP N 1 Wonosobo. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji beda, dan uji gain. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran IPA menggunakan perpaduan model PBL dan artikulasi terhadap kemampuan memecahkan masalah oleh peserta didik. Selain itu, kemampuan pemecahan masalah peserta didik meningkat sebesar 0,46 dengan kriteria sedang.

References

Arafani, E. L., Herlina, E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematik Siswa SMP Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.112
Arestu, O. O., Karyadi, B., & Ansori, I. (2019). Peningkatan kemampuan memecahkan masalah melalui lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis masalah. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.58-66
Asrati, S., Karyadi, B., & Ansori, I. (2018). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.44-50
Fadilah, N. (2020). Meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan implementasi model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran PAI di kelas XI-IPA-3 SMA Negeri 1 Randangan. Journal of Agritech Science (JASc), 4(2). https://doi.org/10.30869/jasc.v4i2.587
Ferdian, F., & Arifin, Z. (2019). Penerapan Metode Artikulasi Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa: EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education. https://doi.org/10.33367/jiee.v1i1.678
Gök, T., & Sýlay, I. (2010). The Effects of Problem Solving Strategies on Students’ Achievement, Attitude and Motivation. Latin-American Journal of Physics Education.
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st century skills: A guide to evaluating mastery and authentic learning. Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning.
Hadiryanto, S., & Thaib, D. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah pada konsep respirasi. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5122
Handayani, D., & Sopandi, W. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning untukMeningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2702
Haryanto, U. (2016). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah melalui Media Komputer dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMKN 1 Ngawen. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7841
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Jl, K., & Parman, M. S. (2013). Mathematical communication skills of junior secondary school students in coastal area. Jurnal Teknologi (Sciences and Engineering). https://doi.org/10.11113/jt.v63.2014
Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh model pbl terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7713
Komariah, K. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bagi Siswa Kelas IX J Di SMPN 3 Cimahi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.
Krismayanti, R., Sumarmo, U., & Maya, R. (2019). Peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematika dan self efficacy melalui pembelajaran berbasis masalah. Edusentris. https://doi.org/10.17509/edusentris.v5i1.293
Liayunika, T., Irawati, S., & Yennita, Y. (2019). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah kelas VIIE SMPN 6 Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.41-48
Mahalingam, M., Schaefer, F., & Morlino, E. (2008). Promoting student learning through group problem solving in general chemistry recitations. Journal of Chemical Education. https://doi.org/10.1021/ed085p1577
Nulfita, I. M. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik dan Karakter dalam Pembelajaran Sains Menyongsong Generasi Emas Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS).
Nurhayati, L., Ernawati, E., Afrilianto, M., & Zanthy, L. S. (2020). Pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sigma. https://doi.org/10.36513/sigma.v5i2.713
Pese, H., Lamba, H. A., & Ali, M. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada kelas VIIIB SMP Negeri 2 Marawola. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 1(1). https://doi.org/10.22487/j25805924.2013.v1.i1.2472
Prasetyo, D. H. (2020). Analisis model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar IPA. TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan), 9(2). https://doi.org/10.54438/tulip.v9i2.145
Prasetyo, Z. K. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas Serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik Smp. In Universitas Negeri Yogyakarta.
Satriani, M., & Ramli, M. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Visual pada Peserta Didik Kelas IV SDN 5 Panarung Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017/2018. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.33084/tunas.v4i1.494
Sihaloho, R. R., Sahyar, S., & Ginting, E. M. (2017). The Effect of Problem Based Learning (PBL) Model toward Student’s Creative Thinking and Problem Solving Ability in Senior High School. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME). https://doi.org/10.9790/7388-0704011118
Siswono, T. Y. E. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Pendidikan Matematika.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sujana, A. (2005). Peta Konsep dalam Pembelajaran Sains: Studi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.
Supiandi, M., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. JPS (Jurnal Pendidikan Sains).
Wajo, E., & Dewi Kartika, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Artikulasi dan Team Games Tournament Terhadap Kemampuan Representasi Matematis. Laplace?: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.308
Wepe, S., Suratno, S., & Wahono, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi dengan Peta Konsep terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA-Biologi Siswa (Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMPN 11 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016). Jurnal Edukasi, 3(2). https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3523
Yanti, I. W., Wakidi, W., & Basri, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah).
Yasin, R. M., Halim, L., & Ishar, A. (2012). Effects of problem-solving strategies in the teaching and learning of engineering drawing subject. Asian Social Science. https://doi.org/10.5539/ass.v8n16p65
Yastiari, I. D. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi dengan Media Gambar Guna Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(4). https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21748
Yulia Fitri, R. (2017). The Effect of Problem-Based Learning Model (PBL) and Adversity Quotient (AQ) on Problem-Solving Ability. American Journal of Educational Research.
Published
2022-04-30
How to Cite
HANIAH, Siti Nur; SARAH, Siti. Perpaduan model PBL dan artikulasi dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 34-43, apr. 2022. ISSN 2598-0904. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/1693>. Date accessed: 07 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v6i1.1693.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.