Penggunaan Media Videoscribe Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Hasil Belajar Siswa SMP

  • Siti Durrotun Nafizah Program studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jember, Indonesia
  • I Ketut Mahardika Program studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jember, Indonesia
  • Iwan Wicaksono Program studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jember, Indonesia

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dapat disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media videoscribe pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa SMP. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Jember. Sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh peneliti yaitu kelas eksperimen (VII F) dan kelas kontrol (VII E). Data akan dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,018 ? 0,05. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media videoscribe pada materi pencemaran lingkungan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP.

References

Afifah, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe Pada Materi Sejarah Kerajaan Islam Di Sumatra Dan Akulturasinya Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Metro. Jurnal Swarnadwipa, 2(3), 189–200.
Ariyati, Y., & Nadiar, F. (2021). Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan Jembatan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 7(1), 1–8.
Awal, S., Yani, A., & Amin, B. D. (2017). Peranan Metode Pictorial Riddle Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa SMAN 1 Bontonompo. Jurnal Pendidikan Fisika-Journal of Physics Education, 4(2), 249–266.
Dedyerianto. (2019). Pengaruh Internet dan Media Sosial terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 208–225.
Dewi, Ratih P., Retno Sri I., R. Susanti., dan Supriyanto. (2012). Penerapan Model Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Materi Bahan Kimia di SMP. Journal of Biology Education. 1(3), 279-286.
Handayanti, A., Indrawati, & Wicaksono, I. (2020). Penggunaan Media PHET (Physics Education Technology) Pada Pembelajaran Getaran dan Gelombang Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 63–72.
Huwaida, H. (2019). Statistika Deskriptif. Poliban Press.
Ismail, E. E., & Ira, L. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(10), 1–10.
Komariah, N. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal I-Afkar, 5(1), 80–104.
Maulana., D. D., Hanifah., N., Sujana., A., Gusrayani., D., Aeni., A. N., Julia., Jayadinata., A. K., Irawati., R., & Lichteria, R. (2015). Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. UPI Sumedang Press.
Nurdyansyah, N., & Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran Ipa Materi Komponen Ekosistem. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Oka, G. P. A. (2017). Media dan Multimedia Pembelajaran. Deepublish.
Osma, I., Kemala, I. F. E., & Radid, M. (2015). Analysis Of Determinants And Factors Motivating Students In Higher Education: Case Of The Students Of Chemistry At The Ben M’sik Faculty Of Sciences. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197, 286–291.
Pulungan, S. (2017). Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran PAI. Jurnal Sistem Informasi, 1(1), 19–24.
Praheto, Biya E., Andayani, M. Rohmadi & Nugraheni Eko W. 2017. Peran Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia di PGSD. Proceedings Education and Language International Conference. 1(1), 173-177.
Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20–31.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group.
Sutrisno, T. (2016). Pengembangan Media Videoscribe Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data Dan Interface Di Smk Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3), 1068–1074.
Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa. Garudhawaca.
Wicaksono, I., & Indrawati. (2019). Videoscribe-Sparkol Sebagai Media Pembelajaran TPACK. Jember,: CV. Pustaka Abadi.
Yubekti. (2013). Dinamika Perkembangan Definisi Teknologi Pendidikan Dan Implikasinya. Al-Biruni: Jurnal Ilmiah, Pendidikan Fisika. 2(1), 17-31.
Zulafwan, & Willyansah. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Videoscribe dan 3D Based Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru Pada SMKN 2 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 10–20.
Published
2021-04-30
How to Cite
NAFIZAH, Siti Durrotun; MAHARDIKA, I Ketut; WICAKSONO, Iwan. Penggunaan Media Videoscribe Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 1-10, apr. 2021. ISSN 2598-0904. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/1680>. Date accessed: 07 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v5i1.1680.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.