Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pengembangan Usaha Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet
Abstract
Keberadaan media sosial memberi peluang bagi mahasiswa untuk berwirausaha, untuk dimanfaatkan dalam komunikasi pemasaran , promosi dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial oleh mahasiswa dalam pengembangan usaha, promosi dan kendala serta solusi dalam menjalankan usaha. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan tahapan: pengumpulan dan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian: 1) Pemanfaatan media sosial untuk: berkomunikasi, promosi dan penjualan, dari membuka dan memperkenalkan usaha, mempromosikan dan menawarkan produk/jasa, melakukan penjualan dengan menerima dan mengirimkan pesan dan pesanan konsumen, serta menerima komplain dan melakukan penyelesaian atas komplain tersebut, 2) Strategi ppromosi yang digunakan dengan menampilkan pamflet, flyer berisi gambar yang menarik, deskripsi produk/jasa, diskon dan nomor kontak yang dapat dihubungi, testimoni dan harga paket promo. Promosi melalui media sosial dapat mengembangkan usaha mahasiswa dengan indikator: bertambah jumlah dan variasi produk, volume penjualan, pendapatan, laba dan produk/jasa semakin dikenal masyarakat luas; 3) Kendala yang dihadapi, diantaranya: naiknya harga bahan baku, pengiriman terlambat, barang yang disewakan hilang/rusak, dengan cara penyelesaian: menurunkan bagian reseller, pengiriman barang lebih awal dan membuat perjanjian dalam transaksi sewa menyewa.
Downloads
References
Anoraga, Panji, 2011, PengantarBisnis: PengelolaanBisnis Dalam Era-Globalisasi, Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin, 1997, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Budiarta, Kustoro. 2009. PengantarBisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Hendro, 2011, Dasar – Dasar Kewirausahaan, Jakarta; Erlangga
Indika Deru,R, Cindy Jovita, 2017, Media SosialInstragramSebagai Sarana PromosiUntukMeningkatkan Minat Beli Konsumen, JurnalBisnisTerapan, ISSN 2580 - 4928 25 Volume 01, Nomor 01, Juni 2017 https://journal,ubaya.ac.id
Pratiwi, Risda. 2018. Strategi Pengembangan Usaha RengginangPulutdengan Metode Analisis SWOT (Studi Kasus Usaha RengginangPulut Cv. Uul Jaya Di Desa Kebun Lada Kecamatan Hinai KabupatenLangkat). Skripsi. Medan: FakultasEkonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/7465/1/SKRIPSI%20RISDA%20PRATIWI_EKI.pdf, (diakses pada 6 Juni 2022)
Syafrial, Firdaus, 2022, Peran Media SosialTerhadapPersepsi dan Minat beliKonsumen pada ProdukKosmetik Halal Kota Jambi, JurnalManajemenTerapan dan Keuangan (Mankeu) Vol. 11 No. 04, Desember 2022 P-ISSN: 2252-8636, E-ISSN: 2685-9424, https://online-journal.unja.ac.id
Kotler and Keller. 2016. Marketing Management. Pearson: Prentice hall
MuchlisinRiadi, 2020, Pengembangan Usaha (Pengertian, Jenis, Strategi dan Tahapan), https://www.kajianpustaka.com/2020/03/pengembangan-usaha-pengertian-jenis-strategi-dan-tahapan.html
Moleong, Lexy J, 2005, MetodologiPenelitian Kualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya
Nailul Husna, 2017, ?Dampak Media SosialTerhadapKomunikasi Interpersonal Pustakawan Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta‘, JurnalLibria, Vol. 9, No. 2. 2017.
Nasrullah, R, 2015, Media Sosial, Bandung: SimbiosaRekatama Media.
Rifda, Arum, 2021, 10 Media Sosial Paling Populer di Indonesia, Gramedia Blog, https://www.gramedia.com/best-seller/sosial-media-paling-populer
Sugiyono, 2012. MemahamiPenelitianKualitatif. Bandung : CV. Alfabeta