Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pengembangan Usaha Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet

  • Echa Meidiana M Universitas Ivet
  • Marhaeni Dwi Satyarini Universitas Ivet
  • Lili Marliyah Universitas Ivet

Abstract

Keberadaan media sosial memberi peluang bagi mahasiswa untuk berwirausaha, untuk dimanfaatkan dalam komunikasi pemasaran ,  promosi dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial oleh mahasiswa dalam pengembangan usaha, promosi dan  kendala serta solusi dalam menjalankan usaha. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data:  wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan tahapan: pengumpulan dan reduksi data, penyajian data serta  penarikan kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian: 1) Pemanfaatan media sosial untuk:  berkomunikasi, promosi dan penjualan, dari membuka dan memperkenalkan usaha, mempromosikan dan menawarkan produk/jasa, melakukan penjualan dengan menerima dan mengirimkan pesan dan pesanan konsumen, serta menerima komplain dan melakukan penyelesaian atas komplain tersebut, 2) Strategi ppromosi yang digunakan dengan menampilkan pamflet, flyer berisi gambar yang menarik, deskripsi produk/jasa, diskon dan nomor kontak yang dapat dihubungi, testimoni dan harga paket promo. Promosi melalui media sosial dapat mengembangkan usaha mahasiswa dengan indikator:  bertambah jumlah dan variasi produk, volume penjualan, pendapatan, laba dan produk/jasa semakin dikenal masyarakat luas; 3) Kendala yang dihadapi, diantaranya: naiknya harga bahan baku, pengiriman terlambat, barang yang disewakan hilang/rusak, dengan  cara penyelesaian: menurunkan bagian reseller, pengiriman barang lebih awal  dan membuat perjanjian dalam transaksi sewa menyewa. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Augustinah, F., dan Widayati. 2019. Pemanfaatan Media SosialSebagai Sarana PromosiMakananRinganKripikSingkong Di Kabupaten Sampang. JurnalDialektika. Vol.4, No.2. https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/dialektika/article/view/345, (diakses 8 Juni 2022).

Anoraga, Panji, 2011, PengantarBisnis: PengelolaanBisnis Dalam Era-Globalisasi, Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin, 1997, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Budiarta, Kustoro. 2009. PengantarBisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Hendro, 2011, Dasar – Dasar Kewirausahaan, Jakarta; Erlangga
Indika Deru,R, Cindy Jovita, 2017, Media SosialInstragramSebagai Sarana PromosiUntukMeningkatkan Minat Beli Konsumen, JurnalBisnisTerapan, ISSN 2580 - 4928 25 Volume 01, Nomor 01, Juni 2017 https://journal,ubaya.ac.id
Pratiwi, Risda. 2018. Strategi Pengembangan Usaha RengginangPulutdengan Metode Analisis SWOT (Studi Kasus Usaha RengginangPulut Cv. Uul Jaya Di Desa Kebun Lada Kecamatan Hinai KabupatenLangkat). Skripsi. Medan: FakultasEkonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/7465/1/SKRIPSI%20RISDA%20PRATIWI_EKI.pdf, (diakses pada 6 Juni 2022)
Syafrial, Firdaus, 2022, Peran Media SosialTerhadapPersepsi dan Minat beliKonsumen pada ProdukKosmetik Halal Kota Jambi, JurnalManajemenTerapan dan Keuangan (Mankeu) Vol. 11 No. 04, Desember 2022 P-ISSN: 2252-8636, E-ISSN: 2685-9424, https://online-journal.unja.ac.id

Kotler and Keller. 2016. Marketing Management. Pearson: Prentice hall

MuchlisinRiadi, 2020, Pengembangan Usaha (Pengertian, Jenis, Strategi dan Tahapan), https://www.kajianpustaka.com/2020/03/pengembangan-usaha-pengertian-jenis-strategi-dan-tahapan.html

Moleong, Lexy J, 2005, MetodologiPenelitian Kualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya

Nailul Husna, 2017, ?Dampak Media SosialTerhadapKomunikasi Interpersonal Pustakawan Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta‘, JurnalLibria, Vol. 9, No. 2. 2017.

Nasrullah, R, 2015, Media Sosial, Bandung: SimbiosaRekatama Media.

Rifda, Arum, 2021, 10 Media Sosial Paling Populer di Indonesia, Gramedia Blog, https://www.gramedia.com/best-seller/sosial-media-paling-populer

Sugiyono, 2012. MemahamiPenelitianKualitatif. Bandung : CV. Alfabeta
Published
2023-12-20
How to Cite
M, Echa Meidiana; SATYARINI, Marhaeni Dwi; MARLIYAH, Lili. Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pengembangan Usaha Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 31-39, dec. 2023. ISSN 2721-835X. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee/article/view/3026>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jeee.v4i2.3026.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>