PEMBUDAYAAN BUDI PEKERTI WARGA SEKOLAH SMP IT AL – QUR’AN DAN DAKWAH ALAM SECANG KABUPATEN MAGELANG
Abstract
M Yusuf Fauzan. NPM. 1119110020 (2023). “Pembudayaan Budi Pekerti Warga Sekolah SMP IT Al-Qur'an dan Dakwah Alam Secang Kabupaten Magelang”.
Skripsi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 2023. 52 halaman
Kata Kunci : Pembudayaan, Budi Pekerti, Warga Sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran Pembudayaan Budi Pekerti Warga Sekolah SMP IT ADA Secang. (2) kendala yang di hadapi dalam pelaksanaan Pembudayaan Budi Pekerti Warga Sekolah SMP IT ADA Secang. (3) Upaya sekolah dalam mewujudkan Pembudayaan Budi Pekerti Warga Sekolah SMP IT ADA Secang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dari 6 informan tediri dari Kepala Sekolah SMP IT ADA Secang, guru, tenaga tata usaha, peserta didik dan orang tua wali. Pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung, wawancara, dokumenatasi. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) SMP IT ADA Secang telah melakukan berbagai program rencana dalam pembudayaan budi pekerti warga sekolah baik itu masuk dalam kurikulum maupun diluar kurikulum dalam sebagai berikut : (a) pembelajaran budi pekerti oleh guru diruang kelas, (b) keteladanan pibadi yang baik di mulai dari keluarga, (c) program pembinaan budi pekerti misal : peringatan hari besar islam dengan mengadakan pengajian, kultum dengan bergiliran penceramah dari pesrta didik, pagi di sekolah yang di isi oleh guru agama dan mengadakan shalat berjamaah pada saat dzuhur bagi guru-guru dan peserta didik berjalan bersama, (2) Kendala yang di hadapi SMP IT ADA Secang dalam proses pembudayaan budi pekerti di sekolah adalah sebagai berikut : metode guru dalam pembelajaran budi pekerti masih bersifat monoton klasik, pengawasan tingkah laku guru terhadap peserta didik masih kurang, peserta didik yang bandel dan tidak mengikuti program kegiatan pembinaan budi pekerti yang diadakan sekolah, (3) Upaya yang dilakukan SMP IT ADA Secang Kabupaten Magelang untuk mewudujudkan pembudayaan budi pekerti di sekolah adalah dengan menciptakan suasana sekolah kondusif bagi warga sekolah yaitu dengan : membuat kurikulum yang didalamnya terddapat bahasan budi pekerti, merencanakan program pembinaan budi pekerti, membuat tata tertib sekolah, melakukan pengawasan setiap tingkah laku warga sekolah setiap dalam kesehariannya, keteladanan Bersama dimulai dari kepala sekolah, guru hingga pada peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar dijurusan PPKn IKIP Veteran Semarang terutama dalam memberikan dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.
Downloads
References
Imam Barnadib, 1986, Pilsafar Pendidikan suatu tinjauan, Andi Offset, Yogyakarta.
Moh Ali, Drs, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Sinar baru, Bandung, 1983.
Nasution. S, Prof, Dr, Sosiologi Pendidikan, Jemmars, Bandung, 1983.
Penyalahgunaan Narkoba Tahun Anggaran 2014. Laporan Survey. Jakarta: Puslitkes.
Poedjawiyatna I.R. Prof, Etika Filsafat Tingkah Laku, Rineka Cipta, Jakarta, 1990.
Rahayu, T. (2016). Penumbuhan budi pekerti melalui gerakan litarasi sekolah The Progressive and Fun Education Seminar, 179–183.
Sedyawati, Edi dkk, Pedoman Penanaman Budi Pekerti Luhur, Jakarta; Balai Pustaka 1999.
Soedjatmoko, Masalah Sosial Budaya tahun 2000, Tiara Wacana, Yogyakarta, 1986.
Suharyat, Y. (2009). Hubungan Antara Sikap, Minat Dan Perilaku Manusia. Jurnal Region, 1(3), 1–19.
Widowati, N. (2015). Upaya meningkatkan ketekunan belajar melalui pendidikan budi pekerti pada siswa kelas VII-E UPTD SMP Negri 1 Panggul. Jurnal Pendidikan Profesional, 4(2), 154–167.