Upaya Peran Guru BK Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMP Kesatrian 2 Semarang

peran guru BK dalam pembentukan karakter religius

  • Ahmad Sugiarto Universitas Ivet
  • Sri Sayekti Universitas Ivet
  • M Hafidz Ahdiansyah Universitas Ivet

Abstract

Tujuan dari penelitian ini: 1) mengetahui konsep pelaksanaan peran guru bimbingan dan konseling dalam pembentukan karakter religius siswa. 2) mendeskripsikan dan menganalilisis peran guru bimbingan dan konseling dalam pembentukan karakter religius siswa, relevansinya dengan nilai-nilai dakwah. Penelitian dengan pendekatan kulitatif. Metode pengumpulan data: wawancara/interview, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis: reduksi data, triangulasi, penyajian data. Subjek penelitian: guru bimbingan dan konseling, siswa, wali kelas, guru agama dan Kepala Sekolah. Hasil penelitian: 1) peran guru bimbingan dan konseling dalam pembentukan karakter siswa melalui layanan klasikal, layanan bimbingan konseling dengan diskusi baik individu maupun kelompok, home visit  bimbingan perenting terhadap orang tua wali, keteladanan yang ditampilkan guru melalui sikap dalam proses pembelajaran, metode dan materi yang sesuai dan kerjasama dari semua pihak, yaitu adanya pengawasan, pengarahan dan motivasi dari proses layanan yang dilakukan, 2) peran guru bimbingan konseling terhadap pembentukan karakter yaitu melalui fungsi preventif, fungsi kuratif, fungsi preservatif dan fungsi developmental diimplementasikan dalam bentuk layanan bimbingan dan konseling, pengarahan, pengawasan dan penanganan, membiasakan membaca Asma’ul Husna dan menerapkan buku catatan sholat kepada siswa, dengan tujuannya yaitu merubah  sikap atau tingkah laku seseorang menuju perbaikan, kesehatan, dan kebersihan jiwa dan mental yang tangguh, dan menghasilkan kecerdasan dalam meningkatkan iman, Islam, dan ikhsan.

References

Baidowi, Achmad and Moh. Salehudin. 2021. “Strategi Dakwah Di Era New Normal.” Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies 2(01).
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” HUMANIKA 21(1).
Fuentes, Emilio Azúa, Pedro Rojas Carvallo, and Sergio Ruiz Poblete. 2020. “Bullying as a Risk Factor for Depression and Suicide.” Revista Chilena de Pediatria 91(3).
Gozali, Achmad. 2020. “Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Teknologi Informasi Pada Masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).” Coution?: Journal of Counseling and Education 1(2).
Kadir, Abdul and Anik Handayaningsih. 2020. “Kekerasan Anak Dalam Keluarga.” WACANA 12(2).
Keles, Kubra Ozdemir and Abdallah A. Al-Zyout. 2020. “The Components of Muslim Society in the Makki Suwar: Al-Isr?’ Surah as a Model.” Dirasat: Human and Social Sciences 47(3).
Khotimah, Indah Husnul. 2019. “Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Diklat.” Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Diklat (November).
Meitha, Aza and Cahyo Sasmito. 2016. “Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan Dan Komunikasi Terhadap Pelayanan Publik Di Puskesmas Kabupaten Sambas.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
Moleong, Lexy J. 2017. “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).” in PT. Remaja Rosda Karya.
Mulyadi, Mulyadi. 2020. “Manajemen Akhlak Muslim Dalam Surah Al Isra` Ayat 23-39.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 17(1).
Nasution, Annisa Fitri. 2021. “Analisis Asessmen Kebutuhan Siswa Dalam Penyusunan Program Bk Di Sekolah.” Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling 8(2).
Noviana, Risna and Rini Rahman. 2021. “Strategi Sekolah Dalam Membentuk Sikap Disiplin Peserta Didik Di SD Negeri 01 Kinali.” An-Nuha 1(3).
Putra, Mas Adi and Nurida Shofaria. 2020. “Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Masa Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19.” Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik) 4(2).
Rahmawati, Erlina, Sayekti, E. Rimayat. 2020. “Peningkatan KemampuanKomunikasi VerbalMelalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik SosiodramadiSMK Negeri 1 Demak.” Emphaty Cons 2.
Ronald Tambunan, James. 2021. “Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal.” JURNAL WIDYA 1(2).
Sayekti. 2020. “Studi Deskriptif Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar.” Pawiyatan 27 (2).
Sugiyono. 2016. “Memahami Penelitian Kualitatif.” Bandung: Alfabeta.
Sutarmanto. 2015. “Kompetensi Dan Profesionalisme Guru.” Jurnal Tabularasa.
Published
2022-08-17
How to Cite
SUGIARTO, Ahmad; SAYEKTI, Sri; AHDIANSYAH, M Hafidz. Upaya Peran Guru BK Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMP Kesatrian 2 Semarang. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 27-37, aug. 2022. ISSN 2656-9655. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/2230>. Date accessed: 05 july 2025.
Section
Articles