Model Layanan Informasi Berbasis Papan Bimbingan Untuk Meningkatkan Kesadaran Berkonsultasi Pengisian KRS

  • hendra sulis IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan empirik yang menunjukkan bahwa permasalahan tentang rendahnya kesadaran mahasiswa untuk berkonsultasi kepada dosen pembimbing akademik sebelum melakukan pengisian KRS. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya atau strategi dalam menyikapi situasi tersebut, sehingga perkembangan akademik mahasiswa dan segala problem akademik yang dialami dapat diatasi dengan baik. Tingkat kesadaran berkonsultasi pengisian KRS mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP-PGRI Pontianak  berada pada kategori rendah. Penelitian ini bertujuan menghasilkan model layanan informasi berbasis papan bimbingan yang dapat meningkatkan kesadaran berkonsultasi pengisian KRS kepada Dosen Pembimbing Akademik pada mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model layanan informasi berbasis papan bimbingan efektif untuk meningkatkan kesadaran berkonsultasi pengisian KRS kepada Dosen Pembimbing Akademik pada mahasiswa IKIP-PGRI Pontianak. Faktanya pada uji hipotesis menunjukkan bahwa semua indikator kesadaran mengalami peningkatan yang signifikan setelah mendapatkan intervensi layanan informasi berbasis papan bimbingan.

References

Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Dede Rahmat H dan Aip Badrujaman (2012). Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling. PT. Indeks : Jakarta

Subana dan Sudrajat (2001) Statistik Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia

Suharsimi Arikunto (2007) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Bina Aksara

Sumadi Suryabrata (2010) Metodologi Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Prayitno & Erman Amti (2004) Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta

Zainal Aqib (2015) Ikhtisar Bimbingan dan Konseling. Bandung : Pustaka Setia
Published
2019-07-26
How to Cite
SULIS, hendra. Model Layanan Informasi Berbasis Papan Bimbingan Untuk Meningkatkan Kesadaran Berkonsultasi Pengisian KRS. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 44-54, july 2019. ISSN 2656-9655. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/880>. Date accessed: 05 july 2025.
Section
Articles