Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kacanduan Gadget Pada Siswa SMP Islam Yasna Karangrayung Grobogan

  • Romadhoni - - Universitas Ivet

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi kecanduan gadget pada siswa SMP Islam Yasna Karangrayung Grobogan melalui layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen mandiri . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK), dengan mengunakan 2 Siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecanduan gadget siswa dari kondisi awal sebelum mendapatkan layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen sendiri , sebesar 79,97% kategori tinggi. Setelah diberi layanan konseling kelompok dengan teknik self management pada sikus I, menjadi kategori rendah sebesar 44,23%. Sedangkan pada siklus II kegiatan layanan konseling kelompok dengan teknik self managementmeningkat menjadi kategori tinggi dengan perolehan sebesar 86,53%. Hal ini menunjukkan siswa sangat antusias mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen mandiri . Setelah siswa mendapatkan layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen diri pada siklus I dan siklus II, kemudian siswa yang mengisi skala kecanduan gadget untuk melihat hasil kondisi akhir, yaitu 30,11% kategori rendah. Sehingga dapat disangkal bahwa kecanduan gadget siswa dari kondisi awal sebelum mendapatkan konseling kelompok dengan teknik manajemen sendiri , sebesar 79,97% kategori tinggi dan kondisi akhir sesudah mendapatkan layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen mandiri, sebesar 30,11% kategori rendah, yang menunjukkan mengalami penurunan sebesar 49,86%.

References

Gantina, K. dan Karish E. W. 2011. Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.
Garg, Palak. 2016. Meet Youreself De-Addict from Gadget Yog Will Change Youre Life. India: Partidge Publishing.
Gunarsa, Singgih, D. 2011. “Konseling Dan Psikoterapi.” Psikologi.
Knowles, Malcolm Shepherd. 1975. “Self-Directed Learning: A Guide for Learners and Teachers.” Selfdirected Learning A Guide for Learners and Teachers.
Kurnanto, Edy. 2013. Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Lumongga, Namora. 2016. Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.
Sa’diyah, Halimatus, Muh Chotim, and Diana Ariswanti Triningtyas. 2017. “PENERAPAN TEKNIK Self Management Untuk Mereduksi Agresifitas Remaja.” Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling.
Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Suwanto, Insan. 2016. “Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK.” JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia).
Published
2020-12-20
How to Cite
-, Romadhoni -. Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kacanduan Gadget Pada Siswa SMP Islam Yasna Karangrayung Grobogan. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 30-41, dec. 2020. ISSN 2656-9655. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/1485>. Date accessed: 05 july 2025.
Section
Articles