Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kacanduan Gadget Pada Siswa SMP Islam Yasna Karangrayung Grobogan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi kecanduan gadget pada siswa SMP Islam Yasna Karangrayung Grobogan melalui layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen mandiri . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK), dengan mengunakan 2 Siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecanduan gadget siswa dari kondisi awal sebelum mendapatkan layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen sendiri , sebesar 79,97% kategori tinggi. Setelah diberi layanan konseling kelompok dengan teknik self management pada sikus I, menjadi kategori rendah sebesar 44,23%. Sedangkan pada siklus II kegiatan layanan konseling kelompok dengan teknik self managementmeningkat menjadi kategori tinggi dengan perolehan sebesar 86,53%. Hal ini menunjukkan siswa sangat antusias mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen mandiri . Setelah siswa mendapatkan layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen diri pada siklus I dan siklus II, kemudian siswa yang mengisi skala kecanduan gadget untuk melihat hasil kondisi akhir, yaitu 30,11% kategori rendah. Sehingga dapat disangkal bahwa kecanduan gadget siswa dari kondisi awal sebelum mendapatkan konseling kelompok dengan teknik manajemen sendiri , sebesar 79,97% kategori tinggi dan kondisi akhir sesudah mendapatkan layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen mandiri, sebesar 30,11% kategori rendah, yang menunjukkan mengalami penurunan sebesar 49,86%.
References
Garg, Palak. 2016. Meet Youreself De-Addict from Gadget Yog Will Change Youre Life. India: Partidge Publishing.
Gunarsa, Singgih, D. 2011. “Konseling Dan Psikoterapi.” Psikologi.
Knowles, Malcolm Shepherd. 1975. “Self-Directed Learning: A Guide for Learners and Teachers.” Selfdirected Learning A Guide for Learners and Teachers.
Kurnanto, Edy. 2013. Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Lumongga, Namora. 2016. Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.
Sa’diyah, Halimatus, Muh Chotim, and Diana Ariswanti Triningtyas. 2017. “PENERAPAN TEKNIK Self Management Untuk Mereduksi Agresifitas Remaja.” Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling.
Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Suwanto, Insan. 2016. “Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK.” JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia).