Peningkatan Kemampuan Komunikasi Verbal Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama di SMK Negeri 1 Demak

  • erlina rachmawati - SMK Negeri 1 Demak

Abstract

Hasil kemampuan  komunikasi verbal pada siswa sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada kriteria rendah yaitu dengan presetase  34.8% dengan keterbukaan 33.3% rendah, empat 34,4% rendah,  dukungan 33,8% rendah, perasaan positif 32.5% rendah, dan kesamaan 39,2% rendah.   Setelah mendapat layanan bimbingan belajar dengan teknik sosiodrama pada kriteria baik dengan presentase 71.9%. Sehingga terjadi peningkatan kemampuan komunikasi verbal siswa secara keterbukaan 70,8% sedang, empati 71,3% sedang, dukungan 69,4% sedang, perasaan positif 74,0% sedang dan kesamaan 73,3% sedang yang dirasakan siswa setelah mendapat layanan  bimbingan kelomok dengan teknik sosiodrama dengan teknik sosiodrama yaitu dari 34.8 % dengan kriteria rendah menjadi 71.9% sedang dengan kriteria sedang itu artinya secara keseluruhan komunikasi verbal siswa mengalami kenaikan sebesar 37.1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dinilai  efektif dalam meningkatkan komunikasi verbal siswa.

References

Azeharie, Suzy. 2016. “Pola Komunikasi Antara Pedagang Dan Pembeli Di Desa Pare, Kampung Inggris Kediri.” Jurnal Komunikasi.
hairil Syahputra*, M. Edwar Romli, Nurlela Nurlela. 2019. “Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mencegah Kenakalan Remaja.” Bulletin of Counseling and Psychotherapy 2(Bimbingan dan Konseling):5.
Lusikooy, Andretha Mariana. 2017. “Penerapan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan.
Manalulaili. 2012. “Komunikasi Efektif Bagi Seorang Pemimpin.” Wardah 25(Komunikasi):171.
Raden, Manalullaili. 2015. “Applying Communicative Language Teaching in Teaching English for Foreign Language Learners. -Manalullaili Applying Communicative Language Teaching in Teaching English for Foreign Language Learners.” Ahmad Dahlan Journal of English Studies (ADJES).
Rafael Lisinus Ginting. 2016. “Teknik Sosiodrama Untuk Mengurangi Konformitas Yang Berlebihan Pada Siswa (Penelitian Pra- Eksperimen Terhadap Siswa Kelas Ix Sekolah Menengah Pertama).” Diversita 2(Teknik Sosiodrama):25.
Wawan Widhiyanto, Sugiyo. 2015. “Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Terhadap Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya.” IJGC UNNES 4(Bimbingan dan Konseling):54.
Published
2020-12-20
How to Cite
-, erlina rachmawati. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Verbal Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama di SMK Negeri 1 Demak. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 12-18, dec. 2020. ISSN 2656-9655. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/1474>. Date accessed: 05 july 2025.
Section
Articles