Upaya Mengurangi Dampak Prokrastinasi Melalui Pembinaan Berkelanjutan Pada Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Kadiri)

  • Titin Widya Risni Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri
  • Pamadya Vitasmoro Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri
  • Sukiram Sukiram Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Ivet

Abstract

Upaya mengurangi prokrastinasi akademik dapat dilakukan dengan pra tes dan pasca tes. Kegiatan ini dilakukan untuk merencanakan upaya tersebut. Tahapan yang dilakukan dengan meninjua lokasi kegiatan, alur kegiatan selama 3 hari, menyiapkan materi soal dan materi yang disampaikan saat kegiatan. Kegiatan ini menghasilkan diskusi intens kepada 40 peserta pada notifikasi tugas, pengajar menyiapkan waktu diskusi 10 – 20 menit tentang tugas dan memantau untuk mengulangi kegiatan ini dalam rangka meningkatkan dampak positif pasca tes. Dari ketiga target kegiatan telah terpenuhi sesuai hasil dan menciptakan upaya yang tepat.

References

Anwar, A. 2010. AL-QUR’AN DAN MODERNITAS (Pergeseran Paradigma Pemahaman Al-Qur’an). Al-Fikra:Jurnal Ilmiah Keislaman, 9(2), 1–7.
Batubara, J. 2017. The Contribution of Locus of Control to Academic Procrastination in Islamic Education Management Students in Indonesia. Al-Ta Lim Journal, 24(1), 29–36. https://doi.org/10.15548/jt.v24i1.260
Damri, D., Engkizar, E., & Anwar, F. 2017. Hubungan Self-Efficacy Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 74. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1415
Dong, M., & Liu, X. 2022. Impact of learners’ perceptions of a high-stakes test on their learning motivation and learning time allotment: A study on the washback mechanism. Heliyon, 8(12), e11910. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e11910
Elyana, L. 2019. Pengelolaan PAUD Berbasis Good School Governance. Journal of Curriculum Indonesia.
Fajhriani, D., Afnibar, & Zuwida. 2021. Tingkat Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam FDIK UIN Imam Bonjol Padang. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 12, 1.
Fitriyanti, E., Marisa, C., & Utami, S. 2022. Pembinaan Prokrastinasi Akademik Siswa di SMK Kharismawita 2 Jakarta melalui Pembelajaran BK Format Klasikal. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(2), 66–75. https://doi.org/10.37640/japd.v2i2.1519
Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. 2022. The Role of Epistemological Belief and Self Regulation in Academic Procrastination of Muslim College Students. Islamic Guidance and Counseling Journal, 5(2), 104–118. https://doi.org/10.25217/igcj.v5i2.2700
Halleyda, N., Fitriah, S. S., Motik, G. A., & Satria, Y. 2022. Upaya Penurunan Prokrastinasi Akademik Siswa Melalui Pelatihan Time Management. Warta LPM, 25(4), 536–545. https://doi.org/10.23917/warta.v25i4.913
Jeremy, D., Natalia, S., & Lumbantoruan, J. H. 2021. Faktor Procrastination Penyebab Mahasiswa Terlambat Menyelesaikan Tugas Akhir Di Program Studi Pendidikan Matematika. Brilio Journal, 1(1), 1–10.
Kahar. 2019. Paradigma Al-Quran Kuntowijoyo. Mimbar?: Jurnal Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 5(2), 1–15.
Lutfi, A. 2018. Inspirasi Qur ’ Ani: Paradigma Hubungan Antar Agama. Diya Al- Afkar, 6(2), 1–14.
Mahfud, C., Khairunisa, A., Prasetyo, A., Bayu, E., & Alfreda, M. 2021. Urgensi Membangun Paradigma Qur’ani Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember di Era Digital. Al- Tadzkiyyah?: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 157–170.
Mulyani, N., & Anwar, A. S. 2020. Membangun Paradigma Dunia Modern Dan Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 1. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v7i1.2623
Panah, M. M., & Ghaderi, M. A. 2018. Undesirable Effects Of Procrastination From The Perspective Of Islamic Narrations. UCT Journal of Social Science and Humanities Research, 6(1), 10–13.
Rochmat, S.-. 2015. Paradigma Historis Pendidikan Agama Agar Doktrin Agama Fungsional Di Era Modern. MOZAIK: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1–21. https://doi.org/10.21831/moz.v4i1.4391
Rusmaini, Gunartin, Surasni, & Lubis, M. 2021. Mengatasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik. Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 30–39. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Pekomas/article/view/9256
Solichah, N. 2022. Reality Therapy Training Program to Reduce Academic Procrastination Behavior. Proceeding International Conference on Islamic Education, June, 120–127.
Suparman, H. 2018. Konsep Pendidikan Modern dalam Perspektif Al-Qur’an. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 61–83. https://doi.org/10.37542/iq.v1i01.6
Suryadi, S., & Khoiri, A. 2019. Tipologi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Program Studi BKI Fakultas Dakwah IAIN Jember Angkatan 2016. Jurnal Al Isyraq, 2(1), 1–14.
Torbergsen, H., Utvær, B. K., & Haugan, G. 2023. Nursing students’ perceived autonomy-support by teachers affects their intrinsic motivation, study effort, and perceived learning outcomes. Learning and Motivation, 81(November 2022). https://doi.org/10.1016/j.lmot.2022.101856
Published
2023-06-29
How to Cite
RISNI, Titin Widya; VITASMORO, Pamadya; SUKIRAM, Sukiram. Upaya Mengurangi Dampak Prokrastinasi Melalui Pembinaan Berkelanjutan Pada Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Kadiri). Sentra Cendekia, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 72-80, june 2023. ISSN 2722-3094. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/2654>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v4i2.2654.
Section
Articles