PENINGKATAN HASIL BELAJAR DASAR OTOMOTIF MELALUI SETRATEGI PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN MEDIA ENGINE STAND PADA KELAS X TKR 3 SMK MUHAMMADIYAH GUBUG KABUPATEN GROBOGAN
Abstract
Pada SMK Muhammadiyah ini, perlu adanya penerapan model pembelajaran yang tepat dalam proses mengajar, yaitu dengan menggunakan pembelajaran Jigsaw dalam implementasinya, terdapat pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru. Banyaknya metode pembelajaran yang variatif ini disebabkan oleh begitu beragamnya materi pembelajaran yang ada dimasa sekarang, hal ini juga harus adanya metode pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi dengan begitu siswa akan lebih memahami materi yang akan disampaikan oleh oleh guru. SMK Muhammadiyah Gubug menggunakan system metode ceramah. Maka dari judul skripsi ini mengambil permasalahan yang ada di SMK Muhammadiyah Gubug. SMK Muhammadiyah Gubug ini memiliki jurusan TKR, didalam jurusan TKR ini terdapat permasalahan tentang mapel Dasar-Dasar Otomotif yang lebih tepatnya di kelas X TKR3. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui menganalis pengunaan metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dasar otomotif kelas X TKR 3 SMK Muhammadiyah Gubug Penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) merupakan suatu rumusan masalah yang memadu penelitian, untuk peneltian ini termasuk dalam jenis penelitian PTK dengan langkah melakukan penelitian dengan (1) Pengumpulan Data (2) Metode Obsevasi (3) Metode Tes.
References
[2] Isnaini, A. (2021). Published By: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Palangka Raya METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS. 1(1), 576–581.
[3] Juwahir, J., & Subagyo, S. (2018). Penerapan Metode Jigsaw Guna Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Taman Vokasi, 6(1), 46. https://Doi.Org/10.30738/Jtvok.V6i1.2832.
[4] Nurhaliza, Lestari, E. T., & Irawani, F. (2021). Analisis Metode Ceramah dalam Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial, 1(2), 11–19.
[5] Sukaryo, Agus S. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Otomotif. 19(2), 57–66.
[6] Santoso, M. H. (2021). Analisis Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Analisis Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa , 11(01), 0– 10.
[7] Saputro, D. W. D., & Susanto, A. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran PDTO dengan Metode Jigsaw Siswa Kelas X TBSM B SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik …, 15(01), 21–27. https://Jurnal.Umpwr.Ac.Id/Ind ex.Php/Autotech/Article/View/4 96%0A https://Jurnal.Umpwr.Ac.Id/Index.Php/Autotech/Article/Download/496/354
[8] Sariyan. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kabupaten Tebo. 1–23.
[9] Saryanto, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaraan Kooperatif Jigsaw Menggunakan Media Engine Stand Pada Siswa SMK Muhammadiyah Cangkringan. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 10(1),1. Https://Doi.Org/10.47736/Tajdi dukasi.V10i1.37.