PENGARUH IMPLMENTASI KURIKULUM SMK PUSAT UNGGULAN DANKEMMPUAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KOMPETENSI PEMELIHARAAN CASIS KELAS XI TKRO SMK DIPONEGORO JUWANA

  • Ulin Nuha Fahmi Universitas Ivet, Jl. Pawiyatan Luhur IV/17 Semarang 50233, Indonesia
  • Nuraedhi Aprianto Universitas Ivet, Jl. Pawiyatan Luhur IV/17 Semarang 50233, Indonesia
  • Bayu Ariwibowo Universitas Ivet, Jl. Pawiyatan Luhur IV/17 Semarang 50233, Indonesia

Abstract

Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran PCSPT dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Agar siswa mampu menguasai kompetensi PCSPT maka perlu adanya proses pembelajaran yang baik, tetapi pada kenyataannya dalam pelaksanaan pembelajaran PCSPT di SMK Diponegoro Juwana masih belum maksimal. Hal ini dikarenakan adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan pelaksanaannya. Beberapa siswa belum memenuhi KKM. Disini terlihat pada mata pelajaran praktik PPSPT banyak siswa yang belum tuntas nilai KKM, walaupun rata-rata nilai ketuntasan untuk nilai praktik sudah memenuhi nilai KKM. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menganalisis pengaruh antara Implementasi Kurikulum SMK Pusat Unggulan Terhadap Kompetensi Pemeliharaan Casis Kelas XI TKRO SMK Diponegoro Juwana., menganalisis pengaruh Kemampuan Literasi Digital Terhadap Kompetensi Pemeliharaan Casis Kelas XI TKRO SMK Diponegoro Juwana, menganalisis pengaruh Implementasi Kurikulum SMK Pusat Unggulan Dan Kemampuan Literasi Digital Terhadap Kompetensi Pemeliharaan Casis Kelas XI TKRO SMK Diponegoro Juwana

References

[1] Abdul Majid. (2007). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
[2] Admin. (2012). Data Statistik Akhir untuk SMK Reguler. Diakses dari http://arsip.siap-ppdb.com/2012/yogya/rekap/reguler/smk/, pada tanggal 21 Januari 2015, pada jam 13.50
[3] Admin. (2013). PPDB SMK Jalur Reguler periode 2013/2014. Diakses dari http://arsip.siap-ppdb.com/2013/yogya/#!/040001/statistik, pada tanggal 21 Januari 2015, pada jam 14.00 Admin. (2013). Produksi Kendaraan Bermotor Dalam Negeri (unit) 2008-2013. Diakses dari http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?kat=2&tabel=1&daftar=1&id_suby ek=09¬ab=16), pada tanggal 21 Januari 2015, pada jam 13.24 WIB
[4] Admin. (2014). Statistik PPDB SMK Jalur Reguler periode 2014/2015. Diakses dari http://arsip.siap-ppdb.com/2014/yogya/#!/040001/statistik, pada tanggal 21 Januari 2015, pada jam 14.15
[5] Anas Sudijono. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[6] Andun, dkk. (2005). Overhoul Komponen Sistem Kopling. Jakarta: Depdiknas
[7] Anonim. (2006). Toyota Trainning Manual Step 1. Jakarta: PT Toyota Astra Motor Arief S. Sadiman, dkk. (2006). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[8] B. Sandjaja dan Albertus Heriyanto. (2006). Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
[9] Bella Elpira, (2018). Pengaruh Penerapan Literasi Digital terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
[10] Depdiknas. (2009). Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas. Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kemdikbud.
[11] Departemen Pendidikan Nasional Dewi Salma Prawiradilaga. (2007). Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
[12] Erna Febru Aries. (2011). Asesmen dan Evaluasi. Malang: Aditya Media 129 Publishing
[13] Eveline Siregar dan Hartini Nara. (2010). Teori belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia Farida Yusuf Tayibnapis. (2000).Evaluasi Program. Jakart: PT Rineka Cipta
[14] Feri sulianta, literasi digital, riset dan perkembangannya dalam persfektif sosial studies, (Bandung: published, 2020) Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Mater.
[15] Firdaus, H., Syarifudin, E., & Atikah, C. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Kompetensi Gambar Teknik Otomotif di SMK Negeri 4 Kota Serang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 546-553.
[16] Harjanto. (2011). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
[17] Jamil Suprihatiningrum. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
[18] Made Pidarta. (2000). Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta
[19] Media Lexy J. Moleong. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
[20] Nana Sudjana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
[21] ________. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
[22] Nana Syaodih Sukmadinata dan Erliany Syaodih. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT. Refika Aditama
[23] Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Published
2024-01-08
How to Cite
FAHMI, Ulin Nuha; APRIANTO, Nuraedhi; ARIWIBOWO, Bayu. PENGARUH IMPLMENTASI KURIKULUM SMK PUSAT UNGGULAN DANKEMMPUAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KOMPETENSI PEMELIHARAAN CASIS KELAS XI TKRO SMK DIPONEGORO JUWANA. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 327-336, jan. 2024. ISSN 3032-3010. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/2908>. Date accessed: 05 july 2025.