Pengaruh Nilai Prakerin, Prestasi Belajar, dan Ekspektasi Masuk Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII TKRO SMK NU Lasem Kabupaten Rembang
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis seberapa besar pengaruh nilai prakerin, prestasi belajar, dan ekspektasi masuk dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK NU Lasem Kabupaten Rembang. Penelitian menggunakan metode kuantiantatif dan menggunakan pendekatan deskriptif expost de facto.
Hasil dari perhitingan uji F pada didapatkan nilai F hitung sebesar 122,140 dan nilai signifikasi F sebesar 0.00 < 0. 05 sedangkan F tabel sebesar 1,97838. Dari hasil tersebut nilai Ftabel > nilai Ftabel (122,140 > 1,97838) dengan demikian Hipotesis yang menyatakan “ Terdapat pengaruh nilai prakerin (X1), prestasi belajar (X2), dan eksepktasi masuk dunia kerja (X3) tehadap kesiapan kerja siswa (Y) kelas 12 TKRO SMK NU Lasem” diterima. Dari hasil uji koefisien determinan mendapatkan nilai R square sebesar 0,737 Hal tersebut mengindikasikan besarnya pengaruh nilai prakerin, prestasi belajar, dan ekspektasi masuk dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 73,7% dan sisanya 26,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
References
[2] Artha, F. A., Mesin, J. T., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2022). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Kerja XII TKR SMK Krian 2 Sidoarjo Rachmad Syarifudin Hidayatullah Abstrak. 87–90.
[3] Baiti, A. A., & Munadi, S. (2014). Pengaruh pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 164–180. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i2.2543
[4] Fuad, M. L., Abdillah, F., Mahendra, S., & Suwignyo, J. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Teknik Otomotif Terhadap Kesiapan Praktik Kerja Industri Pada Siswa Kelas Xi Tkr Smk Kesuma Margoyoso Pati. Journal of Automotive Technology Vocational Education, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.31316/jatve.v1i1.673
[5] K.M. Krisnawan, Made Candiasa, G. K. A. S. (2013). Kontribusi Ekspektasi Karir, Motivasi Belajar Siswa, Dan Kualitas Sarana Laboratorium Terhadap Kualitas Pelaksanaan Pembelajaran Praktikum (Studi Persepsi Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan (Tkj) Smk Negeri 1 Sukawati) I. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesah, 4, 1–13.
[6] Syarif, S. M., Suherman, A., & Yayat, Y. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa Teknik Perbaikan Bodi Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 261. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15197
[7] Wardani, E. S. (2018). The Influence of Career Expectations Toward Work Readiness in SMK Students. Environmental Science & Technology, 15(12), 1408–1412.
[8] Wicaksono, P. T., Paryono, Partono, & Irdianto, W. (2020). Pengaruh Prestasi Prakerin, Prestasi Belajar Siswa Dan Bakat Mekanik Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. JURNAL TEKNIK OTOMOTIF Kajian Keilmuan Dan Pengajaran, 4(2), 63–72.