A PENGARUH KEMITRAAN PROGRAM PINTAR BERSAMA DAIHATSU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI PEMELIHARAAN SISTEM KOPLING DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA TERSTANDAR SKKNI DI SMK NUSANTARA 1 COMAL
Pengaruh program Pintar Bersama Daihatsu dan Minat belajar terhadap kompetensi sistem kopling terstandar SKKNI di SMK Nusantara 1 Comal
Abstract
Tantangan Pendidikan dalam menghadapi persaingan global yaitu pada masalah kualitas Pendidikan dan relevansi pembelajaran yang masih jauh dari kebutuhan yang ada. Banyak lembaga pendidikan yang berlomba-lomba membuka program studi tanpa mengaitkan prospek di masa depan. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang responsip terhadap kebutuhan dunia industri, yaitu seperti programPintar Bersama Daihatsu dengan menyelaraskan kurikulum dan menyetarakan kompetensi sesuai standarisasi. Sehingga SMK Nusantara 1 Comal melakukan kemitraan dengan PT. Astra Daihatsu Motor melalui program Pintar Bersama Daihatsu (PBD) sebagai sekolah binaan. Selai itu Minat belajar siswa juga sangat penting dalam mengali ata memperoleh pegakuan kompetensi, minat belajar siswa yag kuat diyakini akan menyemangati siswa untuk berupaya keras dan pantang menyerah dalam menghadapi segala tantangan dan rintangan dalam belajar terkhusus pelajaran tentang pemeliharaan sistem kopling dan komponen-komponennya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program Pintar Bersama Daihatsu berpengaruh terhadap kompetensi pemeliharaan sistem kopling dan komponen-komponennya terstandar SKKNI, berdasarkan interpretasi koefisien korelasi (r hitung), nilai r hitung sebesar 0,353. Hasil interpetasi koefisien korelasi antara dua aspek yang tinggi atau berpengaruh. (2) Minat belajar tidak berpengaruh terhadap kompetensi pemeliharaan sistem kopling dan komponen-komponennya terstandar SKKNI, berdasarkan interpretasi koefisien korelasi (r hitung), nilai r hitung sebesar 0,116. Hasil interpetasi koefisien korelasi antara dua aspek yang berbeda sangat rendah atau tidak berpengaruh (3) Minat belajar tidak berpengaruh terhadap kompetensi pemeliharaan sistem kopling dan komponen-komponennya terstandar SKKNI sehingga tidak dapat dilakukan pengujian korelasi ganda.
References
[2] Edriani, Devi, and Dessyta Gumanti. 2021. “EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Minat Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi Di SMK Negeri 1 Painan.” 3(6): 4506–17. Padang: Jurnal Ilmu Pendidikan
[3] Ixtiarto, Bambang, Guru Smk, and Negeri Pracimantoro. 2016. “DENGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI ( Kajian Aspek Penhgelolaan Pada SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri ).” 26(1). Wonogiri: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
[4] Munthe, Feronika, and Yulius Mataputun. 2021. “Analisis Kerjasama Sekolah Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan.” 7(2): 312–19. Papua: Jurnal IICET
[5] Nugroho Aditya (2013). PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN K3 DI SMK N 1 SEDAYU. Yogyakarta: Jurnal Eprints
[6] Putra, Alan et al. 2023. “KORELASI MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH CORRELATION OF INTEREST IN LEARNING WITH STUDENT LEARNING OUTCOMES IN.” 5(1): 44–52. Padang: Jurnal Vokasi Mekanik
[7] Simbolon Naeklan. (2014). Fakto-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Medan : Elementary School Jurnal Pgsd Fip Unimed
[9] Sugiyono (2016). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[10] Tanjung, Rapita, Tamin Ritonga, and Eva Yanti Siregar. 2021. “ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA UJUNG BATU BARUS.” 4(1): 88–96. Tapanuli: Jurnal MathEdu
[11] Tatik Samsul Hidayat. 2018. “Upaya Menjalin Kemitraan Dengan Dunia Industri di SMK Mumahmmadiyah 1 Bantul dan SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro”. 1–11. Yogyakarta: Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta
[12] Triwahyudi, J. (2020). Manajemen Kemitraan Sekolah dan Dunia Industri Dalam Penyerapan Lulusan SMK. 3(1), 88–99.Yogyakarta: Media Manajemen Pendidikan