PENGARUH TURBO CYCLONE 6 SUDU SUDUT 45 ? DAN VARIASI BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR MATIC 110 CC
Abstract
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Torsi paling tinggi adalah pada penggunaan turbo cyclone 6 sudu dengan sudut 45? dengan variasi bahan bakar pertamax torsi naik 8,90 % di 5000 rpm dan 5,96 % di 8.000 rpm; (2) Daya paling tinggi adalah pada penggunaan turbo cyclone 6 sudu dengan sudut 45? dengan variasi bahan bakar pertamax torsi naik 13,78 % di 6000 rpm dan 8,33 % di 8.000 rpm; (3) Specific fuel consumption (SFC) terbaik pada saat penggunaan turbo cyclone dengan bahan bakar pertamax mencapai penurunan sebesar 13% pada 5000 rpm dan 12% di 8.000 rpm. Hasil SFC tersebut merupakan hasil paling baik daripada saat mapping yang lainnya; (4) Pada emisi gas buang variasi bahan bakaryang pertama pertalite CO meningkat15,00 %, HC menurun 7,64 % , CO2 naik 1,33 % dan O2 tidak mengalami peningkatan atau penurunan. Lalu menggunakan bahanbakar pertamax CO2 meningkat 17,14 %, HC meningkat 19,00 % , CO naik 0,13% dan O2 tidak mengalami peningkatan atau penurunan. Dan terakhir menggunakan bahanbakar pertamax turbo CO meningkat 6,00 %, HC meningkat 9,73% , CO2 naik0,69 % dan O2 tidak mengalami peningkatan atau penurunan.
References
[2] Khoir, Miftakhul, and Marsudi Marsudi,‘Pengaruh Penggunaan Turbo Cyclone Dan Busi Iridium Terhadap Performa Sepeda Motor Honda Supra X 125 Cc Tahun Perakitan 2017’, Jurnal Teknik Mesin UNESA, 2011, 79–88
[3] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methode) . Bandung: Alfabeta.Satudju, D. (1991). Studi perencanaan udara kendaraan bermotordi DKI Jakarta.