PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA PEAK VOLTAGE ADAPTER PADA PELAJARAN SISTEM KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR

  • Sugiharto Sugiharto Prodi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Saintek, Universitas Ivet
  • Toni Setiawan Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Jalan Pawiyatan Luhur IV, Nomor 17, Kota Semarang, Indonesia
  • Fahmy Fatra Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Jalan Pawiyatan Luhur IV, Nomor 17, Kota Semarang, Indonesia

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Media Peak Voltage Adapter Pada Pelajaran Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Di Kelas XI TBSM 1 SMK Negeri 3 Bojonegoro. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengkaji hasil peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan media peak voltage adapter sistem kelistrikan kelas XI TBSM SMK Negeri 3 Bojonegoro; (2) Mengkaji peningkatan keaktifan siswa melalui penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan media peak voltage adapter sistem kelistrikan kelas XI TBSM SMK Negeri 3 Bojonegoro; (3) Mengkaji penerapan metode pembelajaran Poject based learning dengan media peak voltage adapter sistem kelistrikan kelas XI TBSM SMK Negeri 3 Bojonegoro. Kesimpulan :  (1) adanya penerapan metode pembelajaran Project based learning berhasil meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa; (2) hasil peningkatan kompetensi dan keaktifan siswa dapat terlihat dari hasil belajar teori dimana pada tahap pra siklus diperoleh prosentase ketuntasan klasikal 36,4% dengan rata-rata 69,8, meningkat pada siklus I sebesar 51,5% dengan rata-rata 76,1, dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 81,8% dengan rata-rata 80,6. Hasil belajar praktik dimana pada pra siklus diperoleh prosentase kompeten sebesar 30,3% dengan rata-rata 67,9, meningkat pada siklus I sebesar 66,7% dengan rata-rata 75,9 dan meningkat pada siklus II sebesar 81,8% dengan rata-rata 79,3. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan pelajaran Sistem Kelistrikan pada siswa kelas XI TBSM 1 di SMK Negeri 3 Bojonegoro.

References

[1] Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
[2] Abdullah Sani, R (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
[3] Abdullah, Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
[4] Afriana, Jaka. (2015). Project Based Learning, Makalah Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Bandung: endidikan IPA Sekolah Pascasarjana UPI Bandung.
[5] Arief S Sadiman, dkk. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[6] Aries Burdasari (2020) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI TKR Di SMKN 2 Kota Bima Tahun Ajaran 2019/2023 yang dipublikasikan pada jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi STKIP Bima.
[7] Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
[8] Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
[9] Arikunto. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Sagung Seto.
[10] Azhar Rasyad, (2011:3). Media Pembelajaran, cet. 14. Jakarta: PT Grafindo Persada.
[11] Azizah, Aninda Nurul dan Naniek Sulistya Wardani. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. 2 (1): halaman 194-204.
[12] Buck Institute for Education. 1999. Project Based Learning.diakses pada tanggal 11 Mei 2017 Pukul 15.51 WIB (http: //www. bgsu. edu/ organization/ elt. proj. html).
[13] Cheppy Permana Darmala, dkk2015) Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Diklat Kelistrikan Pada Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 9 Medan. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, Universitas Negeri Medan
[14] Diakses pada tanggal 15 juni 2016 jam 18:48 The George Lucas Educational Foundation (2005:52) tersedia online. http://www.eurekapendidikan.com/2014/12/model-project-based-learning landasan.html
[15] Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
[16] Djamarah, Syaiful bahri dan Zain, Aswan. strategi belajar mengajar. (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2014).
[17] Eko Mulyadi. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta, UNY.
[18] Farhan Arima1, Aunu Rofiq Djaelani2, Toni Setiawan3 (2019). Peningkatan Kompetensi Memahami Rangkaian Listrik Sederhana Melalui Model Project Based Learning Dengan Membuat Media Seri Paralel. 1Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Pekalongan Email: farhanarima086@gmail.com; 2Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Universitas Ivet Email: onrevi@gmail.com; 3Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Universitas Ivet Email: toniisetiawann@gmail.com.
[19] Fathurrohman, P dan Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umun & Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama
[20] Fatmawati Dwi W.A.2011. Hubungan biofilm Streptococcus mutans terhadap resiko terjadinya karies gigi. Stomatognatic (J.K.G Unej). Vol 8(3) : 127- 130
[21] Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
[22] I Nyoman Haris Fiktoyana, dkk, (2018) Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik Kelas X-TIPTL 3, SMK N 3 Singaraja, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Pendidikan Ganesha
[23] Made, Wena. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
[24] Mulianto, S (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Sistem Kelistrikan Siswa Kelas XI Teknik Pealatan SMK Muhammadiyah 1 Bantul Tahun Ajaran 2018/2019. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta.
[25] Mulyasa. (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosdakarya.
a. Mulyasa. 2006. Kurikulum yang di sempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[26] Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
[27] Primadana S, Teguh (2021) Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Diklat Pemeliharaaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Program Studi Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
[28] Ramadhan, Aziz (2016) Penguasaan Pelajaran Teknik Sistem kelistrikan SMAW Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Sistem kelistrikan SMK N 2 Wonosari. Skripsi, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta
[29] Sam’s, Rosma Hartini. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas: Teknik Bermain Konstruktif untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika, Yogyakarta: Teras.
[30] Sarah Fitria (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termokimia Di Smkn Darul Kamal Aceh Besar ”. Jurnal pendidikan , UIN Ar-Raniry
[31] Satoto Endar Nayono, dan Nuryadin ER. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Lerning pada Mata Kuliah Computer Aided Design. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta, UNY.
[32] Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cetakan Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta.
[33] Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
[34] Sugiyono.2006.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.
[35] Suratman, M., Drs, 2003, Servis dab Teknik Reperasi Sepeda Motor, Penerbit Pustaka Grafika, Bandung.
[36] Susanto, E (2016) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Teknik Sistem Kelistrikan Dengan Menggunakan Metode Project Based Learning Di SMK TKM Teknik Taman Siswa Purworejo. Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
[37] Taufik, Fuad Abdillah2, Fahmy Fatra3 (2021). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Media Trainer Terhadap Tingkat Kompetensi Belajar Kelistrikan Bodi Xi Tbsm Smk Muhammadiyah Bawang. 1Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Otomotif Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet E-mail : ndantaufik1996@gmail.com; 2Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Otomotif Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet E-mail : fuadabdillah88@gmail.com; 3Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Otomotif Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet E-mail: fathrafahmi@gmail.com.
[38] Tirtarahardja, Umar dan S. L. La Sulo. 2015. Pengantar pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
[39] Toyota. 1995, new step 2 Chasis group. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor
[40] Tresna Dermawan, dkk (2008). Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Pelajaran Perguruan Tinggi. Jakarta: Ditjen Dikti.
[41] Wagiran. (2013). Metodologi penelitian : Teori dan Implementasi. Yogyakarta : Deepublish.
[42] Wiriaatmadja Rochiati, 2006, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Rosdakarya
Published
2023-12-16
How to Cite
SUGIHARTO, Sugiharto; SETIAWAN, Toni; FATRA, Fahmy. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA PEAK VOLTAGE ADAPTER PADA PELAJARAN SISTEM KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 190-201, dec. 2023. ISSN 3032-3010. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/2868>. Date accessed: 05 july 2025.