PENINGKATAN KOMPETENSI PENGGUNAAN JANGKA SORONG DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING KELAS X TKR I SMK MUHAMMADIYAH 1 RANDUBLATUNG

  • Susanto Susanto Universitas Ivet
  • Bayu Ariwibowo Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Jalan Pawiyatan Luhur IV, Nomor 17, Kota Semarang, Indonesia
  • Fahmy Zuhda Bahtiar Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Jalan Pawiyatan Luhur IV, Nomor 17, Kota Semarang, Indonesia

Abstract

Latar belakang masalah keberhasilan proses belajar mengajar dipengaruhi oleh model dan strategi pembelajaran yang dirancang oleh seorang guru. Salah satunya adalah model CTL karena suatu proses pendidikan yang holistik dan bertujuan memotivasi siswa untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan materi tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui: (1) Peningkatan kompetensi pengoperasian jangka sorong melalui model contextual teaching and learning pada siswa kelas X TKR1 SMK Muhammadiyah Randublatung; dan (2) Mengetahui apakah melalui model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kompotensi pengoperasian jangka sorong. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat komponen, yaitu 1) perencanaan (planning), 2) tindakan (acting), 3) pengamatan (observing), 4) refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR 1 SMK Muhammadiyah Randublatung. Hasil analisis. Penerapan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi dasar alat ukur pokok bahasan menggunakan alat ukur mekanik pada siswa kelas X TKR 1 SMK Muhammadiyah Randublatung. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar dari siklus ke siklus, pada pra siklus tingkat ketuntasan secara klasikal sangat rendah hanya 66,67%. Kondisi tersebut meningkat pada siklus I, ketuntasan klasikal sebesar 83,33%. Kemudian pada siklus II ketuntasan klasikal mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 93,33% lebih tinggi dari standar yang ditetapkan yaitu 90%, sehingga hipotesis yang menyatakan “penerapan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi dasar alat ukur pokok bahasan menggunakan alat ukur mekanik pada siswa kelas X TKR 1 SMK Muhammadiyah Randublatung” dapat terbukti. Keaktifan guru saat pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning dari siklus ke siklus mengalami peningkatan. Dari delapan komponen penilaian, mayoritas guru yaitu 25% mempunyai kategori baik, pada siklus I 37,5% dalam kategori baik., pada siklus II yaitu 75%. Hal ini mengindikasikan bahwa persiapan dan kemampuan guru dalam pembelajaran dengan model Contextual Teaching and Learning sudah sesuai dengan harapan.

References

[1] Ahmadi, S Dan Supriyono, S, 2008, Psikologi Belajar, Edisi Revisi, Jakarta Penerbit Rinekacipta.
[2] Algifari, 2000, Analisis Regresi Teori, Kasus Dan Regres,. Yogyakarta : Bpfe
[3] Arikunto, S, 1997, Prosedur Penelitian” Suatu Pendekatan Praktek”, Jakarta: Rineka Cipta.
[4] Amani, N & Arief, D.S. (2015). Kalibrasi Jangka Sorong Nonius (Vernier Callifer)
[5] Berdasarkan Standar Jis B 7507 Di Laboratorium Pengukuran Teknik Mesin Universitas
[6] Riau. Riau: Jurusan Teknik Mesin, Universitas Riau.
[7] Bawanto, A. (2011). Mengukur Dengan Alat Ukur Presisi. Yogyakarta : Pt. Cipta Adi
[8] Pratama.
[9] Ellyawati. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan
[10] Kelembagaan Islam Dan Universitas Terbuka.
[11] Departemen Pendidikan Nasional, 2003, Dokumen 2 Kurikulum Sekolah Menengah
[12] Kejuruan Edisi 2004 (Versi Elektronik), Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
[13] Gagne, Robert M .(1977). The Conditions Of Learning. 3rd. New York : Holt, Rinehart
[14] And Winston
[15] Hadi, Sutrisno. 1987 Statistik Ii. Yogyakarta: Andi Ofset Http://Www.Depdiknas.Go.Id
[16] (Metode Pengajaran).
[17] Heinrich, H.W, 1980, Industrial Accident Prevention, New York: Mc. Graw Hill Book
[18] Company.
[19] Henic Dkk, S, 2000, Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
[20] Poerwodarminto, W. J. 1993. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
[21] Rusyan, Tabrani. 1992. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
[22] Sardiman, 2006, Disain Penelitian Pendidikan, Semarang : Unnes Press.
[23] Sugiono, 2005, Manajemen Penelitian , Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo
[24] Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Bisnis, Edisi Kedua. Bandung: Cv.Alfabeta
Sutrisno, Joko, 1990, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Pustaka Setia.
Wanarno S, 2006, Manajemen Pengajaran Psikologi, Cetakan Ketiga, Jakarta: Erlangga
[25] Johnson. Eline. B (2011). Definisi Contextual Teaching Learning (Ctl)
[26] Winkel, W.S, 1996, Psikologi Pengajaran, Cetakan Kedua, Jakarta: Grasindo.
Uzer Usman , 2001, Pengajaran Berbasis Psikologi, Cetakan Keenam, Jakarta : Bhineka –
[27] Press.
[28] Hidayah , Nurul (2009) Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan
[29] Ctl (Contextual Teaching And Learning) Pada Kelas Iv Sdn Madyopuro I Malang.
[30] Kana , Sadono Hidayah ( 2003 ) “Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Dengan
[31] Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Statistik Dan Statistika Di Sma Muhammadiyah I Yogyakarta.
[32] Nurul , Ika , Fattakhul Janah (2005 ) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok
[33] Kalor Dengan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching And Learning) Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Tulis Tahun Pelajaran 2005/2006.
[34] Fatuchah (2016) “ Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Struktur
[35] Dan Fungsi 39 Bagian Tumbuhan Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Di Kelas Iv Di Mi Istiqomah Sambas Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017”.
[36] Habibi, Muhammad Dhaniel; Abdillah, Fuad; Mahendra, Sena. Peningkatan
[37] Hasil Belajar Pada Kompetensi Sistem Injeksi Sepeda Motor Melalui Model Pembelajaran Inkuiri. Journal Of Vocational Education And Automotive Technology, [S.L.], V. 1, N. 1, P. 8-13, Jan. 2020. Issn 2715-9922. Available At: . Date Accessed: 23 Aug.2023.
Published
2023-12-17
How to Cite
SUSANTO, Susanto; ARIWIBOWO, Bayu; BAHTIAR, Fahmy Zuhda. PENINGKATAN KOMPETENSI PENGGUNAAN JANGKA SORONG DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING KELAS X TKR I SMK MUHAMMADIYAH 1 RANDUBLATUNG. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 213-221, dec. 2023. ISSN 3032-3010. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/2852>. Date accessed: 05 july 2025.