PENGARUH 2 JENIS VISKOSITAS PELUMAS DAN PUTARAN MESIN TERHADAP TINGKAT PANAS ENGINE SEPEDA MOTOR EMPAT LANGKAH
Abstract
Pelumas berfungsi untuk memperkecil gesekan, pendingin, pembersih, mengurangi keausan dan membentuk lapisan minyak. Ada banyak pelumas yang dijual di pasaran dengan masing-masing spesifikasi yang berbeda-beda.Sedangkan di bengkel motor mas tris yang beralamat di desa pekalongan RT 01 RW 02 Kecamatan Winong. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh 2 jenis viskositas terhadap tingkat panas engine Vario 125 CC Tahun 2013, (2) Untuk mengetahui pengaruh Putaran mesin terhadap tingkat panas engine Vario 125 CC Tahun 2013.(3) Untuk mengetahui viskositas yang cocok untuk mesin Vario 125 CC Tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah sebuah sepeda motor Honda Vario 125 CC Tahun 2013 diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi yang mana data penelitian ini diambil langsung dari lapangan. Hasil penelitian ini adalah (1) adanya pengaruh 2 jenis viskositas terhadap tingkat panas engine, terbukti AHM OIL MPX 2 10W-30 JASO MB di peroleh suhu terendah 81oC dan suhu tertinggi 90oC, sedangkan dengan plumas TOP 1 20W-50 JASO MA 2 di peroleh suhu terendah 80oC dan suhu tertinggi 88oC.(2) Adanya pengaruh putaran mesin terhadap tingkat panas engine, terbukti AHM OIL MPX 2 10W-30 dengan RPM 1500 suhu mesinnya hanya 81oC, ketika putaran mesin di tambah ke 3500 RPM suhu akhir yang di tunjukkan 90oC.TOP 1 20 W-50 dengan RPM 1500 suhu mesinnya 800 C, ketika putaran mesin di tambah ke 3500 RPM suhu akhir yang ditunjukkan 880C.(3) pelumas yang cocok untuk mesin vario 125 CC Tahun 2013 yaitu menggunakan AHM OIL MPX 2 20W-30 JASO MB.
References
[2] A.B. Perlindungan and A. Mursadin.2017.Analisis Pengaruh Berbagai Macam Merk Oli Terhadap Temperatur Mesin Yamaha Vixion 150CC. SJMEkinematika, vol. 2, no. 1, pp. 11-25, Jun. 2017.
[3] Bugis, Husin.(2013).Dasar-dasar Motor Bensin Konvensional. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
[4] Daryanto.(2004)“ Teknik Sepeda Motor “.Bandung: Penerbit C.V YRAMA WIDYA.
[5] IrawanM. F., QiramI., & RubionoG.2016. Studi Pengaruh Pendinginan Oli Dengan Sistem Radiator Pada Sepeda Motor Suzuki Shogun 110 CC. V-MAC (Virtual of Mechanical Engineering Article). https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/vmac/article/view/24
[6] JASO Engine Oil Standarts, 2016. Implementation Manual. Japan : Motorcycles-Four Stroke Cycle Gasoline Engine Oils (JASO T 903:2016)
[7] M. Arisandi, dkk.2012. Analisa Pengaruh Bahan Dasar Pelumas TerhadapViskositas Pelumas dan Konsumsi Bahan Bakar. Jurnal Momentum, Vol. 8, No. 1,
April 2012: 56-61.
[8] Madliyani, M. S., Nugraheni, I. K., & Artika, K. D.2019. Pengaruh Variasi Pelumas Dan Kecepatan Mesin Terhadap Suhu Mesin Pada Sepeda Motor 150 Cc. Elemen : Jurnal Teknik Mesin, 6(2), 114–120. https://je.politala.ac.id/index.php/JE/article/view/104
[9] Nugroho, Raharjo, S., & Sunarno, H. 2012. Identifikasi Fisis Viskositas Oli Mesin Kendaraan Bermotor Terhadap Fungsi Suhu dengan Menggunakan Laser Helium Neon. Jurnal Sains dan Seni, 1-5.
[10] Nurcahyati.2007.Prediksi Temperatur Ruang Bakar Gas Engine Menggunakan Metode Newton Raphson.Volume 9 No. 2, Desember 2007.
[11] Permana, 2014. Prinsip Kerja Motor..Konsumsi Bahan Bakar.Kediri: Pustaka Pelajar. Http://digilib.its.ac.id/public/ITS-undergraduate-10747- presentation.pdf.
[12] Saputro, 2011. Cara Kerja Motor Bakar. Kediri: Pustaka Pelajar.
[13] Sugiyono.2009.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[14] Sugiyono.2011.Menjelaskan Tentang Variabel Bebas dan Variabel Terikat.Bandung :Alfabeta
[15] Syahdani, L., & Sutanta, I. 2018. Studi Eksperimen Pengaruh Temperatur dan Viskositas Pelumas Terhadap Kendaraan Transmisi Manual (Honda Sonic 150R). Jurnal Teknik ITS.