PENINGKATAN KOMPETENSI MEMPERBAIKI SISTEM REM DENGAN ANTI-LOCK BRAKE SYSTEM BERBASIS SKKNI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STRAY

  • Puji Hartono Universitas ivet

Abstract

Tujuan penelitian: (1) mengetahui penerapan model pembelajaran Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Pemindah Tenaga di kelas XII TKRO SMK AN NUR Banjarejo saat ini; (2) mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif TS-TSdengan Anti-lock Brake System berbasis SKKNI pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Pemindah Tenaga untuk meningkatkan kompetensi memperbaiki sistem rem pada siswa kelas XII TKRO di SMK AN NUR Banjarejo; (3) mengetahui seberapa efektif penerapan model pembelajaran kooperatif(TS-TS)dengan Anti-lock Brake System berbasis SKKNI untuk meningkatkan kompetensi memperbaiki sistem rem pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga siswa kelas XII TKRO di SMK AN NUR Banjarejo.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK AN NUR Banjarejo semester genap tahun 2022/2023. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII TKRO B SMK AN NUR Banjarejo berjumlah 32 peserta didik. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.Kesimpulannya, model pembelajaran TS-TS efektif meningkatkan kompetensi memperbaiki sistem dengan Anti-lock Brake System berbasis SKKNIpada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga peserta didik kelas XII TKRO di SMK AN NUR Banjarejo.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] Adiwangsa, Dharis. 2022. Meningkatkan kompetensi memperbaiki sistem rem pada siswa kelas XII TKRO SMK Muhammadiyah Gombong melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray berbasis Teaching Factory. Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworeja Vol 17 No 2. Tahun 2022.
[2] Hardiyanta, Rendra Ananta Prima. 2018. Peningkatan Hasil Uji Kompetensi Siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta Tahun 2017 Melalui SKKNI dengan Media Pembelajaran Engine Simlutor.
[3] Ramadhan, Febryan Edwin Nur. 2019. Implementasi Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKR SMKN 1 Sedayu.Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, Vol 1, Nomor 2, Mei 2019.
[4] Samsi, Aji Nur. 2019. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) Pada Kompetensi Dasar Memahami Dan Memelihara Sistem Rem. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNNES Vol. 19, No. 2 2019.
[5] Sukma, Muhammad Ardian Dwi. 2020. Kajian Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Teknik Otomotif. Tersedia: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/37126. Diakses pada 19 Oktober 2022.
[6] Wijaya, Miko. Et, all. 2020. Determinan Pengangguran Lulusan SMK di Indonesia Tahun 2020 Analisis Data Sakernas Februari 2020 (Determinants of Unemployment of Vocational High School Graduates in Indonesia in 2020).
[7] Yulianto. 2022. Peningkatan kompetensi sistem strater melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan media peraga elektronik starter simulator pada peserta didik kelas XII TKRO SMK Negeri 2 Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif UNY Vol. 4 No 2 2022.
[8] Zulkarnaen, Abdullah Iskandar. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Kompetensi
[9] Memperbaiki Sistem Injeksi Bahan Bakar Bensin Berbasis SKKNI Pada Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah Cangkringan Sleman. Jurnal Taman Vokasi UST Vol. 8 No. 1 (2020). Tersedia: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/7751. Diakses pada 22 Desember 2022
Published
2023-12-16
How to Cite
HARTONO, Puji. PENINGKATAN KOMPETENSI MEMPERBAIKI SISTEM REM DENGAN ANTI-LOCK BRAKE SYSTEM BERBASIS SKKNI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STRAY. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 176-180, dec. 2023. ISSN 3032-3010. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/2803>. Date accessed: 05 july 2025.