MUSEUM SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH
STUDI SITUS PADA MUSEUM JAWA TENGAH RANGGAWARSITO SEMARANG
Abstract
Museum sebagai sumber belajar dapat menjadi program pendidikan yang mendorong kompetensi, belajar menilai, berpikir kritis dan selanjutnya mendorong peserta didik berani/mahasiswa untuk memberikan sebuah tanggapan serta komentar terhadap sebuah peristiwa sejarah yang telah terjadi, sehingga proses pembelajaran terpusat pada peserta didik/mahasiswa.
Permasalahan penelitian adalah: 1) bagaimana dukungan penggunaan koleksi museum dalam penerapan media pembelajaran sejarah?; 2) bagaimana langkah penggunaan museum sebagai media pembelajaran sejarah?; dan 3) kendala apa yang ditemui penerapan museum sebagai media pembelajaran sejarah dan bagaimana solusi pemecahannya?
Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa penggunaan museum sebagai media pembelajaran sejarah masih kurang optimal, karena kurangnya publikasi dari pihak pengambil kebijakan serta berbagai kendala yang ditemukan. Hal ini berdampak pada tradisi lama guru/dosen dalam mengajar mengunakan metode konvensional, sehingga peserta didik/mahasiswa merasa bosan dan menganggap pelajaran sejarah sebagai pelajaran yang menghafal urutan peristiwa atau waktu.