MUSEUM SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH

STUDI SITUS PADA MUSEUM JAWA TENGAH RANGGAWARSITO SEMARANG

  • nuryanti nur nuryanti Pendidikan Sejarah IKIP Veteran
  • Slamet Slamet
  • Zusrotin Zusrotin

Abstract

Museum sebagai sumber belajar dapat menjadi program pendidikan yang  mendorong kompetensi, belajar menilai, berpikir kritis dan selanjutnya mendorong peserta didik berani/mahasiswa untuk memberikan sebuah  tanggapan serta komentar terhadap sebuah peristiwa sejarah yang telah terjadi, sehingga proses pembelajaran  terpusat pada peserta didik/mahasiswa.    


Permasalahan penelitian adalah: 1) bagaimana dukungan penggunaan koleksi museum  dalam penerapan media pembelajaran sejarah?; 2) bagaimana langkah penggunaan museum   sebagai media pembelajaran sejarah?; dan 3) kendala apa yang ditemui penerapan museum  sebagai media pembelajaran sejarah dan bagaimana solusi pemecahannya?


Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa  penggunaan  museum   sebagai media pembelajaran sejarah  masih  kurang  optimal,   karena kurangnya publikasi  dari pihak pengambil kebijakan serta berbagai  kendala yang ditemukan.  Hal  ini berdampak pada tradisi lama guru/dosen dalam mengajar mengunakan metode konvensional, sehingga peserta didik/mahasiswa merasa bosan dan menganggap pelajaran sejarah sebagai pelajaran yang menghafal urutan peristiwa atau waktu.

Published
2018-11-24
How to Cite
NURYANTI, nuryanti nur; SLAMET, Slamet; ZUSROTIN, Zusrotin. MUSEUM SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH. Pawiyatan, [S.l.], v. 25, n. 2, p. 91 - 99, nov. 2018. ISSN 2721-4702. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/737>. Date accessed: 04 july 2025.
Section
Articles