PENERAPAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM INSTITUSI PENDIDIKAN

Abstract

Pendidikan berbasis nilai-nilai multikultural merupakan suatu proses pendidikan ber-jenjang yang dapat pengikat dan menjadi jembatan dalam mengakomodasi perbedaan-perbedaan seperti: status sosial, budaya, etnis, ras, gender dan agama dalam masyarakat yang multikultur agar tercipta kepribadian yang cerdas, bijak dan santun dalam menghadapi masalah-masalah keberagaman. Paradigma pendidikan multikultural sangat bermanfaat untuk membangun harmoni sosial di antara keragaman etnik, ras, agama, budaya dan kebutuhan sebagai bangsa-negara.  Mengingat kompleksitas pluralitas dan multikultural di Indonesia dilihat dari kondisi sosio-kultural maupun geografis yang  beragam dan luas, maka diperlukan strategi khusus untuk memecahkan persoalan tersebut melalui berbagai bidang: sosial, ekonomi, budaya, dan pendidikan.  Berkaitan dengan hal itu,  pendidikan berbasis nilai-nilai multikultural menawarkan solusi melalui penerapan strategi dan konsep pendidikan yang bermuatan pada pemanfaatan keragaman yang ada di dalam masyarakat. Oleh karenanya, pendidik dituntut  tidak hanya menguasai dan mampu secara profesional mengajarkan mata pelajaran  yang diajarkan, tetapi  juga harus mampu menanamkan nilai-nilai inti dari pendidikan multikultural seperti demokrasi, humanisme, dan pluralisme atau menanamkan nilai-nilai keberagamaan yang inklusif pada siswa. Pada gilirannya, out-put yang dihasilkan  tidak hanya kompeten sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuninya, namun juga mampu menerapkan nilai-nilai keberagamaan dalam memahami dan menghargai keberadaan perbedaan yang ada.

 

Keyword:  Nilai-nilai multikultural, institusi pendidikan.

Published
2016-05-30
How to Cite
. PENERAPAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM INSTITUSI PENDIDIKAN. Pawiyatan, [S.l.], v. 23, n. 1, may 2016. ISSN 2721-4702. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/441>. Date accessed: 05 july 2025.
Section
Articles