Persepsi Guru-Guru Sma Semarang Terhadap Implementasi Kurikulum 2013

Abstract

Persepsi Guru-Guru SMA Terhadap Implementasi Kurikulum 2013. penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya usaha pemerintah untuk menyempurnakan kurikulum 2006 dengan kurikulum 2013 dengan persiapan waktu yang sangat pendek. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru-guru SMAN 1 dan SMAN 3 Semarang yang pada tahun pelajaran 2013/2014 mengajar di kelas X. Total guru yang dijadikan responden sebanyak 38 orang guru. Pengambilan data dilakukan dengan mendistribusikan angket kepada guru-guru yang dijadikan responden secara langsung. Analisa data dalam penelitian ini dilakukan dengan menghitung persentase jawaban responden untuk setiap alternatif jawaban kemudian dijabarkan ke dalam bentuk kalimat-kalimat yang bisa memperjelas maksut. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa kurikulum 2013 akan dapat dilaksanakan dengan baik jika didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten, sarana dan prasarana yang memadai dan akuntabilitas pengelolaan pembelajaran.

 

Key Word: Persepsi Guru, Kurikulum 2013.

Published
2015-10-20
How to Cite
. Persepsi Guru-Guru Sma Semarang Terhadap Implementasi Kurikulum 2013. Pawiyatan, [S.l.], v. 22, n. 3, oct. 2015. ISSN 2721-4702. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/426>. Date accessed: 05 july 2025.
Section
Articles