Pengembangan Metode Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Reflective Moral Inqury

Abstract

Pembangunan karakter yang merupakan upaya perwujudan amanat Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 dilatarbelakangi oleh realita permasalahan kebangsaan yang berkembang saat ini. Pendidikan karakter bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, lebih dari itu, pendidikan karakter menanamkan kebiasaan (habituation) tentang hal mana yang baik, sehingga peserta didik menjadi paham (kognitif) tentang mana yang benar dan salah, mampu merasakan (afektif) nilai yang baik dan biasa melakukannya (psikomotorik). Dengan kata lain, pendidikan karakter yang baik harus melibatkan bukan saja aspek “pengetahuan yang baik (moral knowing), akan tetapi juga “merasakan dengan baik atau loving good (moral feeling), dan perilaku yang baik (moral action). Pendidikan karakter menekankan pada habit atau kebiasaan yang terus-menerus dipraktikkan dan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui dan menganalisis respon siswa terhadap penerapan metode pendidikan karakter dengan menggunakan pendekatan inkuiri moral secara reflektif; 2) Mengetahui dampak penerapan metode inkuiri moral scara reflektif dalam membantu siswa mengambil keputusan untuk meyakini moral tertentu sebagai standar perilaku mereka; metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan partisipasif, jenis penelitian ekspermen. Metode  pengumpulan data dengan angket, observasi lapangan dan wawancara. Analisis yang digunakan yaitu analisis dekskirptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan reflective moral inquiry, siswa dapat lebih bersemangat untuk belajar. Dengan menggunakan pendekatan reflective moral inquiry, karakter siswa dalam hal ini kejujuran, kedisiplinan, kerjasama, saling menghargai dan tangung jawab dapat dikatkan meningkat, yang diketahui peningkatan tersebut sudah cukup baik.

 

Kata Kunci: pendidikan karakter, reflective moral inquiry

Published
2015-10-20
How to Cite
. Pengembangan Metode Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Reflective Moral Inqury. Pawiyatan, [S.l.], v. 22, n. 3, oct. 2015. ISSN 2721-4702. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/423>. Date accessed: 05 july 2025.
Section
Articles