Penerapan Pendekatan Kinestetik Berbantuan Media ”3r Activities” Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran IPS di SMPN 2 Gempol antara lain: kurang aktifnya peserta didik, kurang antusias kurang kreatifnya dalam mengikuti pembelajaran daring, Selama pembelajararn peserta didik kurang maksimal dalam aktivitas belajarnya. Adanya permasalahan tersebut menuntut guru untuk melakukan perbaikan dalam pembelajaran. Sebagai alternative guru dalam melakukan perbaikan proses pembelajaran adalah dengan menggunakan pendekatan kinestetik berbantuan Media 3 R. Perbaikan pembelajaran ini bertujuan untuk :. meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan kinestetik dilaksanakan di kelas 7.F SMPN 2 Gempol selama 3 (tiga) kali pertemuan pada materi kegiatan ekonomi produksi. Langkah Pelaksanaan best practice ini melalui literasi LKPD Online, pembuatan media 3 R dan menghasilkan produk dari pemanfataan sumber belajar di lingkunganya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis untuk mengukur peningkatan kreativitas dan prestasi belajar. Pembelajaran diikuti oleh 29 peserta didik 7.F secara daring melalui soal online yang terdiri dari 15 soal Pilihan Ganda dan 4 soal Uraian. Ketuntasan belajar pada kondisi awal sebesar 55%, dan kondisi akhir 83%. Hal ini menunjukkan ada peningkatan ketuntasan belajar sebesar 28%. Kemudian hasil kreativitas menunjukkan hasil yang baik sebesar 93% . Dari data tersebut menunjukkan pendekatan kinestetik berbantuan media 3R Activites dapat meningkatkan kreativtias dan prestasi belajar peserta didik, adanya ketuntasan belajar dan aktivitas tersebut menumbuhkan kesadaran peduli lingkungan melalui kegiatan 3 R (Reduce, Reuse, Recycle).
Kata kunci: Pendekatan Kinestetik; Media ”3R Activities”; Kreativitas; Prestasi Belajar