Kemandirian Merawat Diri
Studi Kasus pada Anak SLB/C YPAC Semarang
Abstract
Anak yang memiliki kebutuhan khusus merupakan anak yang tidak sama dengan anak yang normal lainnya, baik itu dalam memenuhi kebutuhan sendiri maupun kebutuhan lain, semuanya masih tergantung dan memerlukan pertolongan orang lain, sehingga diperlukan penanganan secara khusus dan serius agar anak memiliki tingkat kemandirian yang matang dalam memenuhi kebutuhannya sendiri, termasuk di dalamnya anak di SLB/C YPAC Semarang. Dengan demikian tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan ketidakmandirian dalam merawat diri pada anak SLB/C YPAC Semarang.
Jenis penelitian digunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan metode observasi, dokumentasi, dan instrumen angket, sedangkan uji keabsahan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Seluruh instrumen angket terdiri dari 6 (anam) dimensi dan setiap dimensi dikupas dengan 5 (lima) item pernyataan, sehingga keseluruhan angket terdiri dari 30 item pernyataan. Keenam dimensi dari kemandirian tersebut dilihat dari cara anak: 1) menjaga kebersihan badan; 2) makan dan minum; 3) berpakaian; 4) berhias; 5) menjaga keselamatan diri; dan 4) cara beradaptasi dengan lingkungan. Seluruh instrumen angket telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas, karena jika ada instrumen angket yang belum memenuhi persyaratan validitas diperbaiki atau dibuang untuk diganti dengan instrumen atau item pernyataan yang baru. Adapun teknik analisis data digunakan deskriptif persentase (DP).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa studi kasus tentang kemandirian anak SLB/C YPAC Semarang termasuk dalam kategori sangat baik, artinya anak telah memiliki tingkat kemandirian dengan sangat baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan skor yang diperoleh mulai dari rentangan 15-19 atau 71,43%,-90,48% dari 21 anak sebagai responden dengan kriteria sangat baik, dilihat dari kemandirian anak dalam: 1) menjaga kebersihan badan; 2) makan dan minum; 3) berpakaian; 4) berhias; 5) menjaga keselamatan diri; dan 4) cara beradaptasi dengan lingkungan.
Kata kunci: kemandirian anak, merawat diri.