Kepercayaan Diri Anak TK Yang Berasal Dari Kelompok Bermain dan Yang Tidak Berasal Dari Kelompok Bermain Di TK Belia Semarang
Abstract
Keberadaan kelompok bermain memiliki peranan yang cukup penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Kegiatan pada kelompok bermain seharusnya memiliki ciri-ciri kegiatan bermain, dengan demikian anak-anak akan bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain. Salah satu tujuan kelompok bermain adalah untuk menyiapkan anak memasuki lembaga formal Taman Kanak-Kanak, maupun di lembaga dasar. Di dalam kelompok bermain, anak-anak dilatih dan dimatangkan kondisi psikis, rohani, intelektual dan kepribadiannya serta tingkah laku dan stabilitasnya. Salah satu kepribadian yang terbentuk adalah kepercayaan diri anak. Dengan kepercayaan diri ini anak akan dapat melaksanakan tugas-tugas di TK dengan lancar dan tak tergantung pada orang lain. Bervariasinya kepercayaan diri pada anak TK Belia Semarang yang mempunyai jumlah siswa sebanyak 41 anak membuat peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut. Anak-anak yang masuk ke TK adalah anak-anak yang dahulunya pernah masuk di kelompok bermain. Namun juga banyak yang tidak berasal dari kelompok bermain, pastinya mereka langsung memasuki TK tanpa dengan pendidikan anak usia dini sebelumnya. Atas dasar hal tersebut di atas peneliti tertarik untuk mengetahui kepercayaan diri mereka baik yang berasal dari kelompok bermain maupun yang bukan berasal dari kelompok bermain. Dari hasil penelitian sebanyak 41 anak diperoleh data sebagai berikut: terdapat 27% anak kepercayaan dirinya tinggi, 63% anak kepercayaan diri anak cukup, 10% kepercayaan diri anak sedang dan tidak terdapat kepercayaan diri rendah (0%). Dari 27% anak yang kepercayaan dirinya tinggi, sebagian besar berasal dari kelompok bermain. Dengan uji T-Test diperoleh perbedaan yang signifikan kepercayaan diri anak antara yang berasal dari kelompok bermain dan yang bukan berasal dari kelompok bermain. Artinya anak-anak yang berasal dari kelompok bermain kepercayaan dirinya lebih tinggi dibandingkan dengan anak-anak yang bukan berasal dari kelompok bermain. Oleh karena itu digunakan angket untuk mengetahui kepercayaan diri anak, dimana guru-gurulah yang mengisi atau mengevaluasi anak-anak tersebut. Atas dasar hasil penelitian tersebut, disarankan bahwa pada orang tua untuk memasukkan pendidikan anak sejak usia dini lewat jalur-jalur pendidikan yang tersedia seperti TPA, kelompok bermain dan sebagainya, sebelum anak dimasukkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Sebab pemberian rangsangan belajar sejak dini memungkinkan anak untuk dapat tumbuh dan berkembang lebih baik. Di samping guru yang berperan untuk membantu anak mewujudkan rasa percaya diri mereka, orang tua anak juga harus bertanggung jawab untuk tercapainya kepercayaan diri anak. Mengingat hasil penelitian ini baru mengupas sedikit tentang kepercayaan diri anak, maka menjadi rujukan bagi peneliti lain untuk mengupas lebih dalam lagi tentang kepercayaan diri anak agar diperoleh masukan yang komprehensif.Kata Kunci : kepercayaan diri, kelompok bermain
Published
2014-04-22
How to Cite
.
Kepercayaan Diri Anak TK Yang Berasal Dari Kelompok Bermain dan Yang Tidak Berasal Dari Kelompok Bermain Di TK Belia Semarang.
Pawiyatan, [S.l.], v. 21, n. 1, apr. 2014.
ISSN 2721-4702.
Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/10>. Date accessed: 05 july 2025.
Issue
Section
Articles