Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika kebudayaan sunda yang sangat kental di Kabupaten Purwakarta. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 01 Kahuripan Kabupaten Purwakarta. Metode penelitian ini adalah survey eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika dapat membuat siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar serta menumbuhkan karakter cinta pada kebudayaan lokal sehingga dapat membuat siswa menjadi lebih mengenal, melestarikan serta dapat menghubungkan budaya Sunda dengan matematika sesuai dengan materi pembelajaran bangun datar.


Kata kunci: matematika realistik, etnomatematika, kebudayaan sunda.


 


ABSTRACT


This study aims to reveal the application of realistic mathematical learning based on ethnomathematics of sundanese culture from Purwakarta. The sample in this research were the 4th graders SDN 01 Kahuripan which is located in Purwakarta Regency. This research method was explorative survey with qualitative approach. The result shows that the implementation of realistic mathematics learning method based sundanese ethnomathematics encouraged students to be more active to learn and Purwakarta Regency. The application of realistic mathematics learning with the elements of etnomatematics can make students become more enthusiastic to learn as well as to care of the local culture so that it makes students become more familiar, preserve and relate Sundanese culture with mathematics in accordance with the learning materials.


Keywords: realistic mathematics, ethnomathematics, sundanese.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran Matematika Realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 31–41.

Irawan, A. (2017). Penerapan Sekolah Berbasis Budaya di Sekolah Satu Atap (SATAP). In Seminar Nasional Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (pp. 34–42).

Irawan, A., & Febriyanti, C. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 9–17.

Misdalina, Zulkardi, & Purwoko. (2009). Pengembangan Materi Integral Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61–74.

Rohaeti, Uis E. (2011). Transpormasi Budaya melalui Pembelajaran Matematika Bermakna di Sekolah. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 139–147.

Senjaya, A. J., Sudirman, & Erly, P. S. (2017). Analisis Gaya Belajar Siswa Tunagrahita Ringan Materi Perkalian di Sekolah dan di Rumah. Medives, 1(1), 1–8.

Subijanto. (2015). Kebijakan Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekalongan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(2), 115–134.

Sutjipto. (2013). Kurikulum Pendidikan Budaya Pada Satuan Pendidikan Rintisan Cultural Education Curriculum in the Pilot Education Units. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(4), 472–486.

Usdiyana, D., Purniati, T., Yulianti, K., & Harningsih, E. (2009). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1), 1–14.

Wahyudi, T., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). Pengembangan Soal Penalaran Tipe TIMSS Menggunakan Konteks Budaya Lampung. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 1–14.

Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matemtika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (pp. 402–413).
Published
2017-07-24
How to Cite
. Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 74-81, july 2017. ISSN 2549-5070. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/483>. Date accessed: 11 may 2024.