ANALISIS KUANTITATIF KONSUMSI BAHAN BAKAR MESIN UTAMA KAPAL UNTUK EFISIENSI OPERASIONAL TINGGI.

  • Panut Widodo Universitas Ivet
  • Rudy Setiawan Universitas Ivet

Abstract

Modifikasi kapal tongkang 345 kaki menjadi Accommodation Work Barge (AWB) 345 kaki memerlukan perencanaan material yang cermat untuk menunjang kebutuhan akomodasi lepas pantai. Kuantifikasi kebutuhan material struktural dan pelindung sangat fundamental dalam proyek modifikasi kapal ini, mempengaruhi kelayakan teknis dan ekonomisnya.


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah kebutuhan plat dan siku, serta estimasi kebutuhan material cat beserta biayanya, pada modifikasi kapal AWB 345 kaki.


Pendekatan kuantitatif digunakan dengan mengumpulkan data dari gambar General Arrangement (GA) kapal AWB 345 kaki. Perhitungan konstruksi bangunan atas dilakukan secara matematis berdasarkan aturan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dengan bantuan perangkat lunak AutoCAD. Kebutuhan material cat dihitung berdasarkan luasan area dan spesifikasi cat yang ditentukan.


Hasil penelitian menunjukkan total berat konstruksi dinding dan dek adalah 82,04 ton, dengan kebutuhan 451 lembar plat tebal 8 mm untuk dinding luar, dan profil siku bervariasi; sementara itu, luasan pengecatan mencapai 3.841,167 m² (3 lapis) dan 4.382,995 m² (1 lapis), dengan estimasi biaya cat Chugoku sebesar Rp 313.340.000.


Kuantifikasi material struktural dan cat ini sangat krusial untuk pengadaan material yang efisien, manajemen biaya, dan kepatuhan terhadap standar teknis dalam proyek modifikasi kapal.


Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang modifikasi struktural AWB dan rekomendasi teknis berharga bagi industri maritim, termasuk dasar perhitungan material sandblasting dan cat.

Author Biography

Rudy Setiawan, Universitas Ivet

 

Modifikasi kapal tongkang 345 kaki menjadi Accommodation Work Barge (AWB) 345 kaki memerlukan perencanaan material yang cermat untuk menunjang kebutuhan akomodasi lepas pantai. Kuantifikasi kebutuhan material struktural dan pelindung sangat fundamental dalam proyek modifikasi kapal ini, mempengaruhi kelayakan teknis dan ekonomisnya.

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah kebutuhan plat dan siku, serta estimasi kebutuhan material cat beserta biayanya, pada modifikasi kapal AWB 345 kaki.

Pendekatan kuantitatif digunakan dengan mengumpulkan data dari gambar General Arrangement (GA) kapal AWB 345 kaki. Perhitungan konstruksi bangunan atas dilakukan secara matematis berdasarkan aturan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dengan bantuan perangkat lunak AutoCAD. Kebutuhan material cat dihitung berdasarkan luasan area dan spesifikasi cat yang ditentukan.

Hasil penelitian menunjukkan total berat konstruksi dinding dan dek adalah 82,04 ton, dengan kebutuhan 451 lembar plat tebal 8 mm untuk dinding luar, dan profil siku bervariasi; sementara itu, luasan pengecatan mencapai 3.841,167 m² (3 lapis) dan 4.382,995 m² (1 lapis), dengan estimasi biaya cat Chugoku sebesar Rp 313.340.000.

Kuantifikasi material struktural dan cat ini sangat krusial untuk pengadaan material yang efisien, manajemen biaya, dan kepatuhan terhadap standar teknis dalam proyek modifikasi kapal.

Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang modifikasi struktural AWB dan rekomendasi teknis berharga bagi industri maritim, termasuk dasar perhitungan material sandblasting dan cat.

References

Akbar, Z. (2019). Analisa Kebutuhan Juru Cat, Peralatan Cat dan Material Cat Pada Bangunan Atas Kapal Ferry 300 GT. (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Alamsyah, Arwan, M. D., & Wulandari, A. I. (2021). Analisa Fatigue Life Konstruksi Geladak Pada Kapal Landing Craft Tank Menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Program Studi Teknik Mesin UM Metro, 10(1), 77–83.

Amalia, Y., Prasetyo, N. A., Kamsyah, D., Saputra, H., Wowo Rossbandrio, dan, Teknik Mesin, J., Negeri Batam Jl Ahmad Yani, P., & Riau, K. (2021). Estimasi Kebutuhan Material, Jam Orang Dan Biaya Penggantian Plat Pada Barge Marine Power 3042. 442–454.23

Angelin, Hayu Prasasti. (2024). Perhitungan Kebutuhan Material Cat Pada Modifikasi Kapal Tongkang 345 Feet Menjadi Accomodation Work Barge (AWB) 345 Feet. Tugas Akhir. Fakultas Kemaritiman, Universitas Ivet, Semarang.

Aryaningsih. (2019). Estimasi Kebutuhan Material dan Elektroda Pada Reparasi Pergantian Sideboard Kapal Tongkang.

Azura, N., Afriantoni, Teknik Perkapalan, J., & Negeri Bengkalis, P. (2021). Design Cutting Plan Untuk Menghitung Efisiensi Material Kapal Multiguna Seri 1. Seminar Nasional Industri Dan Teknologi (SNIT), 662–675.

Budiyanto, L. (2021). Pengaruh Salinitas Air Laut Terhadap Laju Korosi Pada Plat Lambung Kapal Bobot 1500 DWT. Dinamika Bahari, 2(1), 91-96.

Hakim, R. R., Yudo, H., & Zakki, A. F. (2019). Studi Perencanaan Konstruksi Dan Analisa Kekuatan Kapal Floating Fuel Station. Jurnal Teknik Perkapalan, 7(4), 403–411. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval

Hidayah, N., & Triwilaswandio. (2012). ResizingBangunan Atas Kapal Double Skin Bulk Carrier (DSBC) 50.000 DWT untuk Mengurangi Biaya Produksi. Jurnal Teknik ITS, 1, 378–382.

Ikhwan, A. L., & Misbah, M. N. (2019). 48071-100310-1-PB. Jurnal Teknik ITS, 8, 136–143.

Kennia, Mirahingtyas. (2024). Perhitungan Konstruksi dan Kebutuhan Plat Pada Modifikasi Kapal Accomodation Work Barge (AWB) 345 Feet. Tugas Akhir. Fakultas Kemaritiman, Universitas Ivet, Semarang.

Klasifikasi, P., Bagian, K., & Samudra, K. (2022). Peraturan Lambung Edisi Konsolidasi 2022 Biro Klasifikasi Indonesia. www.bki.co.id

Koostanto, H. K., Zakki, A. F., & Samuel. (2021). Studi Perencanaan Konstruksi Dan Analisa Kekuatan Kapal Patroli 165 DWT Pada Perairan Indonesia. Jurnal Teknik Perkapalan, 9(1), 91–104. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval

Kurniawan, W. D., & Periyanto, P. (2018). Proses Sandblasting dan Coating Pada Kapal di PT. Dok Perkapalan Surabaya. Otopro, 44-53.

Mairuhu, T. (2011). Kekuatan Struktur Konstruksi Kapal Akibat Penambahan Panjang. Jurnal Teknologi, 8(1), 835–843.

Maulana, A., & Novia Rizki, S. (2018). Sistem Pengambilan Keputusan Dalam Penerimaan Proyek Pembuatan Kapal Menggunakan Metode Fuzzy. Jurnal SIMETRIS, 9(2), 723–730.

Mulyatno, P., & Amanda, I. (2011). Analisa Kekuatan Konstruksi Transverse Bulkhead Ruang Muat No.I Pada 18500 Dwt Dry Cargo Vessel Berbasis Metode Elemen Hingga. 8(1), 16–22.

Mustikawati, D. L., & Kurniawan, R. D. (2023). Estimasi Kebutuhan Material Pembuatan Sideboard Kapal Tongkang/Barge 300 Feet. Inovtek Polbeng, 13(1), 22–28.

Mustikawati, D. L., & Mujiarto, I. (2023). Estimasi Kebutuhan Material Cat Pada Bottom dan Lambung Kapal Tongkang 300 Feet. Saintara: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, 7(2), 7-13.

Mustikawati, D. L. (2021). Perencanaan Konstruksi Profile Pada Kapal General Cargo Km. Meratus Palembang. Jurnal Teknologi Maritim, 4.9

Novianto, Y. D. (2018). Analisa Kebutuhan Luasan Coating Konstruksi Kapal Berdasarkan Luasan Coating Kulit Dalam Satu Kompartemen Pada Kapal Kontainer 100 Teus H-381. (Doctoral Dissertation, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya).510

Nur, I. (2016). Perhitungan Beban Rancangan (Design Load) Konstruksi Kapal Barang Umum 12.000 Dwt Berbahan Baja Menurut Regulasi Kelas. 12(1), 45–52.9
Priyawardhana, A., & Triwilaswandio, W. P. (2017). Studi Estimasi Berat Baja Kapal Pada Tahapan Desain Preliminari Dengan Metode Grafis Menggunakan Aplikasi Berbasis Rekayasa Perancangan. Jurnal Teknik ITS, 6(2), G272-G276.

Romani, A. A., Mulyatno, P., & Good, R. (2015). Analisa Kekuatan Modifikasi Konstruksi Geladak Utama Kapal Lct Vip Jaya 893 Gt Dengan Metode Elemen Hingga. Jurnal Teknik Perkapalan, 3(2), 300–308.

Santoso, B. (2020). Analisa Perhitungan Kebutuhan Painting Pada Reparasi Pengecatan Kapal Tongkang Dewi Iriana 01. (Doctoral dissertation, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya).

Setyawan, K., Basuki, M., Seojitno, Jurusan Teknik Perkapalan, M., Itats, F., & Jurusan Teknik Perkapalan, D. (2018). “Study Perencanaan Modifikasi Kapal Lct Km.”Trisna Dwitya" Menjadi Kapal Ferry Di Pt. Dok Perkapalan Surabaya (Persero) Ditinjau Dari Segi Teknis". 109–114.

Studi, P., Perkapalan, T., Teknik, F., Veteran, U., Fatmawati, J. J. R., Labu, P., & Selatan, J. (2015). Pendahuluan Sistem Gading-Gading Kapal Iswadi Nur. 11, 198–204.

Widodo, P., Studi TBangunan Kapal, P., Kemaritiman, F., & Ivet, U. (2020). Analisa Kuantitatif Pengaruh Penambahan Konstruksi Sekat Melintang Dan Double Bottom Kapal Spob 3500 Dwt Terhadap Lightship. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22, 104–111.

Widodo, P. (2021). Analisa Perhitungan Penambahan Konstruksi Sekat Dan Dasar Ganda SPOB 3500 DWT Berdasarkan Aturan BKI 2019. Marine Science and Technology Journal, 58(2), 58–66. https://doi.org/10.31331/maristec.v1i2
Published
2025-07-30
How to Cite
WIDODO, Panut; SETIAWAN, Rudy. ANALISIS KUANTITATIF KONSUMSI BAHAN BAKAR MESIN UTAMA KAPAL UNTUK EFISIENSI OPERASIONAL TINGGI.. Marine Science and Technology Journal, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 106-111, july 2025. ISSN 2746-1580. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/maristec/article/view/4156>. Date accessed: 08 oct. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/maristec.v2i2.4156.