Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan AI dalam Penyusunan Kurikulum Berbasis Pembelajaran Mendalam di SMK Ky Ageng Giri Demak

  • Lingga Kurnia Ramadhani Universitas Ivet
  • Sulchan Sulchan Universitas Ivet
  • Bajeng Nurul Widyaningrum Politeknik Bina Trada

Abstract

Tantangan revolusi industri 4.0 menuntut peningkatan kompetensi guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya dalam pemanfaatan teknologi mutakhir seperti kecerdasan buatan (AI) dan pendekatan pembelajaran mendalam. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi kesenjangan kompetensi melalui pelatihan AI dalam penyusunan kurikulum berbasis pembelajaran mendalam bagi 24 guru di SMK Ky Ageng Giri Demak pada 1 Juli 2025. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah workshop interaktif dengan pendekatan hands-on serta diskusi terstruktur untuk merancang kurikulum yang adaptif. Hasil evaluasi menggunakan pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman teoretis guru, dengan rata-rata skor meningkat dari 45,5 menjadi 85,2. Secara praktis, para guru mampu menyusun draft kurikulum pembelajaran mendalam yang mengintegrasikan konsep AI, sehingga menunjukkan peningkatan keterampilan pedagogis dan rasa percaya diri. Kegiatan ini terbukti efektif dalam mentransfer pengetahuan sekaligus keterampilan kurikulum yang relevan. Sebagai tindak lanjut, direkomendasikan pembentukan komunitas guru AI di sekolah serta kolaborasi jangka panjang untuk mendukung keberlanjutan program dan implementasi kurikulum berbasis pembelajaran mendalam.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Kemenperin, "Making Indonesia 4.0: Strategi Pembangunan Industri Berbasis Revolusi Industri 4.0." Jakarta: Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, 2018.
[2] M. Yusuf and H. Widayati, "Kesiapan Sekolah Menengah Kejuruan dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0," Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 27, no. 1, pp. 1-10, 2020.
[3] I. Goodfellow, Y. Bengio, and A. Courville, Deep Learning. MIT Press, 2016.
[4] J. M. Spector, Foundations of Educational Technology: Integrative Approaches and Interdisciplinary Perspectives. Routledge, 2019.
[5] UNESCO, "Artificial Intelligence in Education: A Policy Guide for Policymakers." Paris: UNESCO Publishing, 2019.
[6] M. Haryono and S. Wulandari, "Peran Guru SMK dalam Implementasi Industri 4.0: Tantangan dan Solusi," Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 25, no. 2, pp. 121-135, 2021.
[7] Y. Pranata and B. Santoso, "Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Deep Learning Siswa SMK," Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 12, no. 3, pp. 200-215, 2022.
[8] F. Chollet, Deep Learning with Python. Manning Publications, 2017.
[9] M. A. Nielsen, Neural Networks and Deep Learning. Determination Press, 2015.
[10] A. Guntoro and H. Purnomo, "Studi Kasus Implementasi Kurikulum AI di SMK XYZ," Jurnal Vokasi Teknologi, vol. 8, no. 1, pp. 45-58, 2023.
Published
2025-07-18
How to Cite
RAMADHANI, Lingga Kurnia; SULCHAN, Sulchan; WIDYANINGRUM, Bajeng Nurul. Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan AI dalam Penyusunan Kurikulum Berbasis Pembelajaran Mendalam di SMK Ky Ageng Giri Demak. Manggali, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 387-395, july 2025. ISSN 2798-4435. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/4157>. Date accessed: 08 oct. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v5i2.4157.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)