Pendampingan Penguasaan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pendapatan Usaha
Abstract
Pengabadian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan membuka wawasan anggota UNIQUE TAILOR agar dapat memperluas pemasaran tidak hanya secara konvensional tetapi juga secara online dengan harapan dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan usaha yang semakin sukses, disamping itu juga menumbuhkan kreativitas dan kemandirian serta solusi bagaimana memanage usaha dengan lebih baik dan benar, sesuai dengan kaidah ilmu manajemen yang ada. Adapun metode yang digunakan adalah penyuluhan/ceramah dan pelatihan/work shop serta pendampingan dalam memulai usaha digital marketing. Dari hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan di UNIQUE TAILOR. diperoleh gambaran bahwa sebagian peserta tersebut masih belum ada keberanian untuk melakukan pemasaran secara online (Digital Marketing), kurang motivasi untuk berkreasi dan masih kurang memahami pengelolaan (memanage) pemasaran secara benar sehingga sering mengakibatkan timbulnya ketakutan masalah pemasaran. Simpulan yang bisa diberikan adalah pentingnya pemberian pelatihan tentang tip menerapkan digital marketing secara benar sehingga akan menjadikan usaha semakin sukses,memberikan motivasi serta pengetahuan tentang memanage pemasaran bagi anggota, yang diharapkan akan dapat menumbuhkan minat dan keberanian memulai usaha digital marketing untuk mencapai keberhasilan dalam berwirausaha sesuai dengan yang diharapkan, serta sedapat mungkin menghindarkan mereka dari risiko kesulitan memasarkan prodak yang dihasilkan.
Downloads
References
Astutii, A.P., Nurmaliita, A., Donii, rohma F. (2017). Teiknologii Komuniikasii dan Peiriilaku Reimaja. Jurnal Analiisa Sosiiologii, 3(2), 16 – 23.
Aziiz,RA. (2020). Diigiital Markeitiing Conteint. Surakarta:STMIiK AMIiKOM
https://andii.liink/hootsuiitei-wei-arei-sociial-iindoneisiian-diigiital-reiport-2023/
https://coriiatei.com/keileibiihan-dan-keikurangan-diigiital-markeitiing-anda-wajiib-tahu/
https://pasla.jambiiprov.go.iid/diigiital-markeitiing-deifeiniisii-jeiniis-dan-strateigii/#:~:teixt=Kleiiindl%20dan%20Burrow%20(2005)%20meindeifiiniisiikan,meinguntungkan%20antara%20konsumein%20dan%20produsein.
https://www.amiikomsolo.ac.iid/wp-conteint/uploads/2020/09/Ei-BOOK-DM.pdf
Harsono. (2019), Meitodei Peineiliitiian Peindiidiikan , Sukoharjo:Jasmiinei.
Jakobson, J. (2020). Peimasaran Meidiia Sosiial: Siiapa yang meingawasii para peingamat? Journal of Reiteialiing, 53.
Kholiis,Aziizul.Sulaiiman L., dan Khafii P. (2020). Diigiital Markeitiing untuk Peilaku UMKM. Meidan:Eiconomiic & Busiineiss Publiishiing.
Marliina,Leinii dkk. (2020). Diigiital Markeitiing. Bandung:Wiidiina Bhaktii Peirsada.
Sarii,Komala,Deiwii. Alshaf P.,dan Mas Oeitarjo. (2021). Diigiital Markeitiing. Siidoarjo:Uniiveirsiitas Muhammadiiyah.