Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Soft Skill Digital Marketing di Desa Kemujan Kecamatan Karimunjawa

  • Fajar Sari Kurniawan Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  • Endra Winarni Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  • Septina Dwi Retnandari Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  • Christine Widilestari Politeknik Maritim Negeri Indonesia

Abstract

Dari sejumlah pewirausaha di Desa Kemujan, diketahui bahwa masih sangat sedikit yang melakukan pemasaran produk atau jasa melalui media online. Kebanyakan mereka melakukan aktivitas usaha secara manual (offline), sehingga selama pandemi praktis tidak ada penjualan atau pemasukan bagi para pewirausaha Desa Kemujan. Kemampuan pengelolaan pemasaran produk atau jasa setidaknya didukung oleh dua unsur utama yaitu (1) Keinginan/ motivasi yang kuat dari pewirausaha untuk memasarkan atau mempromosikan sebuah produk atau jasa yang ditekuni melalui media online; (2) Dikuasai pengetahuan dan keterampilan teknik promosi, dalam hal ini adalah soft skill digital marketing. Tujuan Kegiatan PPM di Desa Kemujan, Karimunjawa adalah memberikan penguatan keterampilan pada kelompok pelaku usaha dalam memasarkan atau mempromosikan sebuah produk atau jasa yang ditekuni melalui media online seperti website dan marketplace agar bisa menjangkau konsumen dan calon konsumen dengan lebih luas dan cepat. Metode diterapkan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pemasaran digital, yaitu pembuatan content sebagai media peningkatan akses promosi dan penggunaan media sosial untuk promosi online produk atau jasa yang dimiliki. Simpulan kegiatan ini adalah masyarakat dapat memanfaatkan digital sebagai sarana pemasaran produk atau jasanya secara online untuk jangkauan pemasaran yang lebih luas agar lebih dikenal oleh konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Irwan Benardi, Ashabul Kahfi, Khoirul Taufiqi; Kehidupan dan Penghidupan Masyarakat Jawa di Karimunjawa (Analisis Tingkat Pendidikan dan Pola Interaksi antar etnik), Journal of Social ScienceTeaching, Vol. 4 No. 1 Tahun 2020’ Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Institut Agama Islam Negeri Kudus. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Ijtimaia, p-issn: 2580-8990
Musnaini, Suherman, Wiyono, H., & Indrawan, I. (2020). Digital Marketing. Banyumas: CV. Pena Persada. Dipetik Juli 9, 2022, dari https://www.researchgate.net/publication/344163047_DIGITAL_MARKETING
Permana, Andrian. 2022. Pemasaran melalui Media Sosial: Solusi Marketing Digital Bisnis Anda. https://seoanaksholeh.com/pemasaran-melalui-media-sosial/ (diakses 31 Mei 2022)
Riyan Abdul Aziz. 2020. E-Book Digital Marketing Content. https://www.amikomsolo.ac.id/wp-content/uploads/2020/09/E-BOOK-DM.pdf (diakses 31 Mei 2022)
Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96.
Wikipedia, “Kabupaten Jepara.” p. 1, 2022, [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Jepara.
Published
2023-01-17
How to Cite
KURNIAWAN, Fajar Sari et al. Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Soft Skill Digital Marketing di Desa Kemujan Kecamatan Karimunjawa. Manggali, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-10, jan. 2023. ISSN 2798-4435. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/2353>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v3i1.2353.
Section
Articles