Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Soft Skill Digital Marketing di Desa Kemujan Kecamatan Karimunjawa
Abstract
Dari sejumlah pewirausaha di Desa Kemujan, diketahui bahwa masih sangat sedikit yang melakukan pemasaran produk atau jasa melalui media online. Kebanyakan mereka melakukan aktivitas usaha secara manual (offline), sehingga selama pandemi praktis tidak ada penjualan atau pemasukan bagi para pewirausaha Desa Kemujan. Kemampuan pengelolaan pemasaran produk atau jasa setidaknya didukung oleh dua unsur utama yaitu (1) Keinginan/ motivasi yang kuat dari pewirausaha untuk memasarkan atau mempromosikan sebuah produk atau jasa yang ditekuni melalui media online; (2) Dikuasai pengetahuan dan keterampilan teknik promosi, dalam hal ini adalah soft skill digital marketing. Tujuan Kegiatan PPM di Desa Kemujan, Karimunjawa adalah memberikan penguatan keterampilan pada kelompok pelaku usaha dalam memasarkan atau mempromosikan sebuah produk atau jasa yang ditekuni melalui media online seperti website dan marketplace agar bisa menjangkau konsumen dan calon konsumen dengan lebih luas dan cepat. Metode diterapkan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pemasaran digital, yaitu pembuatan content sebagai media peningkatan akses promosi dan penggunaan media sosial untuk promosi online produk atau jasa yang dimiliki. Simpulan kegiatan ini adalah masyarakat dapat memanfaatkan digital sebagai sarana pemasaran produk atau jasanya secara online untuk jangkauan pemasaran yang lebih luas agar lebih dikenal oleh konsumen.
Downloads
References
Musnaini, Suherman, Wiyono, H., & Indrawan, I. (2020). Digital Marketing. Banyumas: CV. Pena Persada. Dipetik Juli 9, 2022, dari https://www.researchgate.net/publication/344163047_DIGITAL_MARKETING
Permana, Andrian. 2022. Pemasaran melalui Media Sosial: Solusi Marketing Digital Bisnis Anda. https://seoanaksholeh.com/pemasaran-melalui-media-sosial/ (diakses 31 Mei 2022)
Riyan Abdul Aziz. 2020. E-Book Digital Marketing Content. https://www.amikomsolo.ac.id/wp-content/uploads/2020/09/E-BOOK-DM.pdf (diakses 31 Mei 2022)
Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96.
Wikipedia, “Kabupaten Jepara.” p. 1, 2022, [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Jepara.