Peningkatan Kemampuan Tanggung Jawab, Berpikir Kritis, Pengelolaan dan Pemahaman Skema Keuangan Siswa Semanggi Digital Marketing Semarang

  • Tiara Nove Ria Universitas Pandanaran
  • Lenny Kurniati Universitas Ivet

Abstract

Kaum muda perlu memiliki kemampuan literasi keuangan yang baik karena hal ini menghindarkan masalah keuangan yang masih sangat sering terjadi. Banyak kaum muda karena kurangnya pengetahuan tentang literasi keuangan terjebak pada hutang yang tidak bisa diperhitungkan dengan baik sehingga menggaggu masalah pengelolaan keuangan mereka. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diperlukan untuk dilaksanakan untuk kaum muda, dalam pelaksanaannya metode yang digunakan adalah observasi, sosialisasi dan pendaftaran peserta, pelaksanaan pelatihan, dan capaian luaran. Berdasar penjelasan dari beberapa rujukan mengenai literasi keuangan, tanggung jawab, berpikir kritis, mengelola keuangan dan memahami skema keuangan adalah hal sangat penting untuk ditingkatkan utamanya bagi kaum muda yang masih dalam keadaan perlu untuk dibimbing dan dibina. Melalui pelatihan financial life skills ini, kaum muda mendapatkan kemampuan untuk menyiapkan diri menghadapi dunia kerja dan dapat mengelola keuangan pribadi yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hidup mereka dan menciptakan peluang ekonomi baru bagi mereka baik dalam bekerja atau menjadi wiraswasta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, N. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 92–101.
Damayanti, L. E. (2018). Pentingnya Literasi Keuangan Untuk Generasi Milenial Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi 2018. https://www.antaranews.com/berita/669449/pentingnya-literasi-keuangan-untuk-generasi-milenial
Hasrina, Y. (2015). Analisis Pengelolaan Keuangan Rural Infrastucture Support Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (Ris–Pnpm) Di Organisasi Masyarakat Setempat (Oms) Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 13(4), 475–486.
Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.111
Participation, Y. T. E. (2019). Modul 5, Berpikir Kritis dalam Membuat Keputusan. YEP.
Participation, Y. T. E. (2020). Modul 4: Menjadi Orang Yang Bertanggung Jawab.
Setiawan, P. J. (2020). Sistem Pemulihan Kerugian Integratif Bagi Korban Penipuan Skala Masif di Indonesia. Jurnal Kertha Patrika, 42(3), 2020. https://doi.org/10.24843/KP.2020.v42.i03.p02
Ulfatun, Udhma, Dewi, T. (2016). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun Angkatan 2012 -2014. Pelita, XI(2), 1–13.
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. JURNAL NOMINAL, VI(1), 11–26.
Published
2021-08-06
How to Cite
NOVE RIA, Tiara; KURNIATI, Lenny. Peningkatan Kemampuan Tanggung Jawab, Berpikir Kritis, Pengelolaan dan Pemahaman Skema Keuangan Siswa Semanggi Digital Marketing Semarang. Manggali, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 185-195, aug. 2021. ISSN 2798-4435. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/1753>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v1i2.1753.
Section
Articles